Strategi Ampuh Menjaring Konsumen

Strategi Ampuh Menjaring Konsumen


Memiliki banyak konsumen adalah harapan semua pemilik bisnis, karena dengan adanya konsumen bisnis bisa tetap bertahan ditengah padatnya persaingan. Namun, memang harus diakui untuk mendapatkan konsumen tidaklah mudah. Dibutuhkan strategi khusus supaya orang-orang yang awalnya tidak mengenal bisnis anda sama sekali dan akhirnya jadi mengenal dan mau membeli produk bisnis yang anda jual.


Mendapatkan konsumen merupakan tantangan besar semua pebisnis, karena ada banyak proses yang harus dilewati mulai dari memperkenalkan bisnis, membangun interaksi, mempengaruhui konsumen untuk membeli, hingga menjaga kesetiaan dan loyalitas konsumen. Semua hal tersebut merupakan elemen penting dalam menjaring konsumen. Untuk anda para pemilik bisnis sebaiknya simak ulasan mengenai strategi ampuh menjaring konsumen berikut ini :


Manfaatkan Media Digital


Sekarang ini internet bukan hanya sebatas pelengkap saja tapi sudah menjadi kebutuhan hidup sehari-hari. Bahkan, banyak orang yang mengaku tidak bisa hidup tanpa internet, miris juga ya. Keberadaan internet saat ini, juga digunakan oleh banyak pemasar dan pebisnis untuk mempromosikan bisnis mereka di dunia digital.


Hal ini dikarenakan jumlah pengguna yang selalu meningkat drastis setiap tahunnya. Ada 3 jenis alat yang sering digunakan untuk menarik konsumen yaitu website, email dan media sosial. Dengan menggunakan ketiga alat ini , anda  bisa menjaring konsumen sebanyak-banyaknya.


Buatlah website dengan tampilan yang sesuai dengan latar belakang bisnis anda dan tidak berat ketika dibuka (fast loading). Buatlah kotak newsletter untuk mengumpulkan data mereka. Setelah itu, gunakan email untuk mengirim perkenalan dan penawaran produk. Bangun interaksi dengan para pengguna internet menggunakan media sosial.


Berikan Sesuatu Secara Gratis


Supaya lebih banyak orang yang mengenal produk anda, cobalah untuk memberikan sesuatu yang menarik secara gratis, namun tetapkan batas waktu untuk penawaran gratis tersebut.


Cara ini sangat efektif untuk menjaring konsumen baru ke bisnis anda. Misalkan, anda memiliki bisnis ayam bakar maka buatlah penawaran seperti “Makan disini, dapat minuman dingin gratis yang bisa anda pilih sendiri.”


Pernah juga ada sebuah rumah makan bakso di daerah Bekasi memberikan penawaran “Makan bakso gratis khusus untuk ibu hamil”


Logikanya, jika si ibu hamil makan bakso berarti suami atau anak-anaknya juga ikut makan. Kalau ibu hamil makan gratis tapi suami dan anak-anaknya tetap harus bayar.


Kerja Sama dengan Bisnis yang Sejenis


Cara lain untuk menjaring konsumen yaitu dengan mencari partner binsis yang produknya masih berhubungan dengan produk bisnis anda. Mungkin anda sering melihat iklan dimana satu produk memberikan hadiah gratis berupa produk lain untuk pembelian tertentu, misalkan “Beli handphone merek A, dapat gratis casing cantik produk B”


Pada dasarnya tidak gratis, tapi harganya sudah di markup ke produk yang berbayar. Seperti contoh diatas, sebenarnya casing tersebut tidak diberikan secara gratis karena harga jualnya sudah dimasukan ke dalam harga jual handphone.


Jaga Hubungan Baik Anda dengan Pelanggan


Pelanggan bukan hanya raja tapi juga menjadi teman. Bangunlah hubungan yang baik dengan pelanggan anda sehingga mereka merasa nyaman membeli produk anda. Dengan begitu, mereka tidak akan segan-segan mereferensikan produk bisnis anda kepada kerabat atau keluarga mereka, sehingga anda memiliki konsumen baru yang terus bertambah.


Strategi ampuh menjaring konsumen yang sudah dijelaskan di atas bukan hanya dapat meningkatkan penjualan produk anda tapi juga bisa menjadi rekan bisnis anda suatu saat. Siapa tahu saja dari sekian banyak pelanggan ada yang tertarik untuk berinvestasi di bisnis yang anda jalankan, who knows…!!