Kiat Sukses Bisnis Laundry Banjir Pelanggan

Kiat Sukses Bisnis Laundry Banjir Pelanggan


Bisnis laundry adalah salah satu jenis bisnis jasa yang bisa menatangkan pemasukan cukup besar. Kebutuhan masyarakat modern terutama di daerah perkotaan akan laundry juga semakin banyak. Oleh karena itu, tak heran jika bisnis laundry kini menjadi salah satu pilihan bisnis banyak orang, apalagi bagi mereka yang tinggal di daerah yang rata-rata penduduknya adalah orang sibuk.


Bila Anda ingin menjadikan bisnis ini sebagai penghasilan utama maupun tambahan, ada kiat sukses bisnis laundry yang harus anda ketahui. Karena tidak sedikit juga bisnis laundry yang mati karena salah strategi. Berikut ini adalah kiat sukses bisnis laundry agar bisnis anda banjir pelanggan.




  1. Mengetahui teknik laundry yang baik dan benar


Hal pertama dan paling utama sebagai kiat sukses bisnis laundry adalah anda harus memiliki pengetahuan tentang teknik laundry yang baik dan benar. Anda harus tahu bagaimana cara mencuci pakaian dengan bersih, memilih deterjen dan parfum yang tidak merusak pakaian, anda harus tahu bagaimana caranya agar pakaian tidak apek saat tidak terlalu kering, anda harus tahu bagaimana agar pakaian tidak luntur saat dicuci, dan berbagai pengetahuan yang lain.




  1. Membuat harga yang tepat


Harga yang tepat juga menjadi kiat sukses bisnis laundry. Anda harus bisa menyesuaikan harga dengan kemampuan masyarakat di sekitar anda. Jika anda membuka jasa laundry di kompleks perumahan elit tentu tidak mengapa jika anda mematok harga tinggi, tapi jika anda membuka bisnis laundry di daerah yang mayoritasnya anak kos maka anda harus membuat harga yang sesuai. Jangan mengambil untung terlalu banyak, 1 pelanggan dengan keuntungan 10.000 rupiah tidak lebih baik dari 10 pelanggan dengan keuntungan 2000 rupiah untuk setiap pelanggan bukan?




  1. Pilih lokasi yang tepat


Kiat sukses bisnis laundry yang ketiga adalah memilih lokasi yang tepat untuk membuka usaha. Pastikan bahwa anda membuka bisnis laundry di daerah yang memang banyak membutuhkan jasa anda. Seperti di wilayah yang mayoritas anak kos, atau daerah dekat mess pekerja luar daerah, dan sebagainya.




  1. Pelayanan yang prima dan memuaskan


Salah satu hal yang dapat menarik pelanggan adalah pelayanan yang prima dan memuaskan. Meski dengan harga yang tidak terlalu tinggi, kepuasan pelanggan tetap harus anda utamakan. Anda harus ramah dan sopan dalam melayani pelanggan, selain itu perhatikan juga kualitas cucian anda. dengan begitu mereka mau kembali dan berlangganan pada bisnis laundry yang anda dirikan.




  1. Bisa menghargai waktu


Selain pelayanan yang akan membuat pelanggan puas, kiat sukses bisnis laundry selanjutnya adalah anda harus bisa menghargai waktu. Anda harus menepati sendiri jam buka dan tutup bisnis laundry yang anda tentukan. Dengan begitu pelanggan tidak akan sulit jika ingin datang untuk menitipkan atau mengambil cucian mereka. Selain itu, anda juga harus menepati berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk melaundry dan kapan pelanggan bisa mengambil pakaian mereka. Dengan begitu, pelanggan akan percaya kepada anda.




  1. Gunakan teknik promosi yang menarik


Teknik promosi yang menarik juga dibutuhkan untuk membuat jasa laundry anda. Misalnya dengan bonus dan diskon. Siapa yang tidak suka dengan bonus dan diskon? Nah, saya rasa cara ini akan efektif untuk menarik pelanggan. Anda bisa memberikan laundry gratis dengan ketentuan tertentu. Misalnya dengan menggratiskan 1 kali cuci kering setrika jika sudah cuci kering setrika 3 kali dan ditunjukkan dengan struk pembayaran. Atau anda bisa juga memberi diskon 50% untuk cuci kering setrika di hari Jum’at, dan sebagainya.




  1. Dengarkan suara konsumen


Hal ini juga tidak kalah penting dengan kiat sukses bisnis laundry yang lain. Anda harus mau mendengarkan suara konsumen. Jika ada complain dari pelanggan, maka segera lakukan perbaikan. Misalnya pelanggan complain bahwa parfum laundry anda terlalu menyengat, maka anda bisa menggantinya dengan parfum yang lain. Atau ketika pelanggan memberikan kritik dan saran, maka terimalah kritik dan saran tersebut. Lakukan jika memang memungkinkan. Toh hal ini juga demi kemajuan bisnis laundry anda.


Itulah beberapa poin dan penjelasan tentang kiat sukses bisnis laundry agar bisnis laundry anda bisa banjir pelanggan. Semoga sedikit pengetahuan yang saya tulis sendiri bisa menjadi manfaat bagi anda maupun saya sendiri. Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini.