Cara Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil Untuk Pemula

Cara Memulai Bisnis Dengan Modal Kecil Untuk Pemula


Berbisnis dengan modal kecil ternyata bukanlah hal yang mustahil ketika anda sebagai pemiliknya bisa memanajemen usaha anda dengan baik dan benar. Anda bisa memulainya dengan modal yang paling minimalis dengan menekan berbagai keperluan yang kurang dibutuhkan dan memilih strategi yang tepat untuk memulai bisnis dengan modal kecil untuk pemula. Berikut ini saya paparkan beberapa cara untuk memulai bisnis dengan modal kecil untuk pemula.




  1. Tentukan jenis usaha dan hitung modal


Untuk memulai bisnis dengan modal kecil, maka tentukan jenis usaha apa yang akan anda bangun. Lalu hitung berapa modal yang sudah anda siapkan. Usaha yang anda bangun jangan sampai membutuhkan biaya lebih banyak dari modal yang anda punya. Hitung berapa biaya pendirian (misal untuk membeli etalase/ gerobak), berapa biaya operasional untuk membeli bahan, alat apa saja yang sudah ada, dan sebagainya. Setelah semuanya terhitung, maka anda bisa memulai bisnis dengan modal kecil sesuai kemampuan dan keahlian anda.




  1. Pilih lokasi yang tidak perlu sewa


Untuk permulaan usaha, ada baiknya anda memilih lokasi usaha yang bisa meminimalisir pengeluaran anda untuk sewa lokasi. Anda bisa membuka usaha di rumah atau pinjam tempat tak terpakai pada teman atau saudara anda. Tapi tambahkan juga jasa delivery order untuk pelanggan anda. Dengan begitu pengeluaran anda bisa lebih hemat.




  1. Gunakan peralatan yang sudah ada


Selain 2 cara diatas, memulai bisnis dengan modal kecil juga bisa dilakukan dengan menggunakan peralatan yang sudah ada di rumah anda. Atau jika memang perlu beli, maka belilah peralatan second yang masih layak untuk digunakan. Dengan begitu anda bisa menekan pengeluaran dan menggunakan sisa modal untuk keperluan usaha yang lainnya. 




  1. Handle sendiri usaha anda


Memulai bisnis dengan modal kecil juga bisa dimaksimalkan dengan cara menghandle sendiri usaha yang anda buat. Contohnya jika anda membuka usaha warung makan, maka anda bisa memasak makanan sendiri, melayani pembeli sendiri, memanajemen keuangan warung sendiri, membersihkan warung sendiri, belanja sendiri, dan sebagainya. Ini adalah salah satu langkah penghematan ketika anda memulai usaha dengan modal kecil, sehingga anda tidak perlu memikirkan untuk gaji karyawan.




  1. Lakukan promosi melalui sosial media


Promosi juga menjadi hal yang sangat penting. Nah, daripada anda pusing dengan biaya pembuatan banner, pamflet, papan nama, logo, dan sebagainya, anda bisa melakukan promosi secara gratis. Yaitu melalui sosial media yang anda miliki. Anda juga bisa mempromosikannya di situs jualan online yang sudah terjamin kualitasnya.


Mau Memulai Usaha dengan Modal Kecil tapi bisa langsung laris, Kamu bisa coba Bisnis Kemitraan Obat anti Rayap


Kami ajarkan cara promosi dan Langsung siap jualan! Coba aja bila mau langsung sukses!!!