Cara Buka Usaha Es Krim Rumahan

Cara Buka Usaha Es Krim RumahanUsaha es krim kini menjadi usaha yang tak kalah banyak peminatnya dengan usaha kuliner yang lain. Usha ini dinilai mampu mendatangkan pelanggan yang tidak sedikit. Penikmat es krim datang dari berbagai kalangan usia dan kalangan sosial. Oleh karena itu, tak heran jika outlet es krim berbagai brand kini semakin menjamur. Baik di tempat-tempat umum maupun di pusat perbelanjaan.


Tertarik untuk membuka usaha es krim, anda bisa memulainya dari rumah anda. Berikut ini cara untuk membuka usaha es krim rumahan yang mungkin bisa menjadi inspirasi usaha anda.




  1. Pastikan anda memiliki kemampuan untuk membuat es krim


Hal pertama yang harus anda lakukan sebagai cara buka usaha es krim rumahan adalah memastikan diri anda memiliki kemampuan untuk membuat es krim yang akan disukai oleh banyak orang. Sehingga anda akan mendapatkan keuntungan yang banyak dari penjualan es krim yang anda buat.


Pembeli biasanya menyukai es krim yang lembut ketika dimakan, teksturnya tidak terlalu padat tetapi juga tidak terlalu encer, memiliki variasi rasa dan toping, dan rasa manisnya tidak membuat eneg. Atau bisa dibilang manisnya pas. Tapi, jika anda belum bisa membuat es krim, anda bisa belajar membuatnya melalui situs video online youtube atau belajar langsung pada penjual es krim yang membuat barang dagangannya sendiri.




  1. Perhitungkan modal yang anda miliki


Hal kedua adalah perhitungan modal yang harus juga anda lakukan. Dengan memperhitungkan modal yang telah anda persiapkan untuk buka usaha es krim maka anda bisa menentukan apakah anda ingin membuat es krim jualan anda menggunakan mesin es krim atau secara manual, membeli kulkas khusus es krim atau bagaimana. Juga alat dan bahan yang akan anda gunakan untuk buka usaha es krim. Jangan sampai konsep dan rencana yang sudah anda tentukan membuat modal menjadi bengkak. Sehingga anda harus melakukan pinjaman untuk modal tambahan.




  1. Tentukan konsep usaha anda


Perhatikan juga konsep usaha yang ingin anda terapkan untuk buka usaha es krim di rumah. Apakah akan berbentuk seperti cafe, atau anda ingin menjualnya keliling? Atau anda menyediakan es krim yang siap jual untuk didistribusikan ke berbagai tempat yang mau menjual es krim anda, dan sebagainya. Lalu bagaimana tujuan jangka pendek, menengah, dan panjang untuk usaha anda? Dengan mengetahui konsep usaha yang digunakan, anda pun bisa lebih mudah dalam mengembangkan usaha es krim rumahan yang anda jalankan.




  1. Terus belajar dan kembangkan usaha es krim anda


Hal ini juga sangat perlu untuk anda lakukan. Sebagaimana kita tahu, saat ini banyak sekali gerai es krim yang bermunculan. Oleh karena itu, agar usaha anda bisa bertahan dalam dunia usaha es krim, anda harus terus mengembangkan kemampuan dalam membuat sajian es krim. Terus memperbarui info tentang es krim yang banyak diburu orang saat ini, dan bagaimana cara membuatnya. Jika gagal, anda harus mencoba lagi. Dengan begitu, usaha es krim anda bisa semakin berkembang dan dikenal oleh masyarakat.