4 Contoh Usaha Kecil Sukses Buat di Desa Maupun di Kota

4 Contoh Usaha Kecil Sukses Buat di Desa Maupun di KotaMemulai usaha kecil-kecilan tidak berarti mempunyai peluang kecil untuk sukses. Banyak diantara pengusaha besar saat ini yang memulai usahanya dari rumah, gudang atau garasi hingga mencapai kesuksesan saat ini. Anda pun bisa menjadi pengusaha sukses yang memulai usaha dari usaha kecil atau rumahan. Berikut ini saya paparkan beberapa contoh usaha kecil sukses yang bisa anda coba dengan hanya bermodal keterampilan dan sedikit modal finansial yang bisa anda dirikan baik di kota maupun di desa.




  1. Usaha cuci motor/mobil


Contoh usaha kecil sukses yang bisa Anda coba adalah usaha cuci mobil/motor. Anda bisa memanfaatkan lahan atau halaman rumah anda yang cukup luas untuk membuka usaha ini. Dengan aliran air yang lancar, juga sabun khusus mobil dan motor anda sudah berpeluang untuk sukses dengan usaha kecil yang anda bangun. Anda tidak perlu karyawan sebagai awalan, anda bisa menghandlenya sendiri, sehingga akan memperkecil modal yang anda perlukan.




  1. Jasa pangkas rambut


Contoh usaha kecil berpeluang sukses yang kedua adalah jasa pangkas rambut. Seperti yang sudah kita tahu, pangkas rambut juga merupakan salah satu kebutuhan manusia agar bisa selalu terlihat rapi dan enak dipandang. Selain itu memangkas rambut sesuai dengan trend masa kini bisa membuat seseorang terlihat lebih fashionable. Nah, anda bisa memanfaatkan kebutuhan ini untuk membuka jasa pangkas rambut, baik wanita maupun pria.




  1. Usaha warung makan


Selain beberapa contoh usaha kecil sukses diatas, hal lain yang juga bisa menjadi peluang usaha adalah bidang kuliner. Hingga saat ini, penggiat usaha kuliner semakin banyak dan menjamur dimana-mana. Salah satunya adalah warung makan. Selain usaha ini berhubungan dengan kebutuhan pokok manusia yang tidak bisa diabaikan, usaha ini pun bisa dengan mudah divariasikan dan diinovasikan.


Karena itu, sekarang ini banyak warung makan yang menu-menunya menarik baik dari segi tampilan maupun rasa dan nama makanannya. Juga konsep yang diambil sebagai dekorasi warungnya. Nah, jika anda berminat untuk menggeluti usaha warung makan juga, maka anda bisa memulainya dengan membuat usaha kecil di rumah, setelah itu kelola dengan baik dan beranikan diri untuk berinovasi sehingga usaha anda akan didatangi banyak pembeli.




  1. Usaha gorengan


Contoh usaha kecil sukses yang keempat adalah usaha gorengan. Saya rasa, siapapun orang dan dari kalangan manapun akan suka dengan jenis makanan ini. Selain rasanya yang gurih, gorengan juga cocok sebagai teman minum kopi, makanan penutup setelah makan nasi, sebagai cemilan sore hari, sebagai suguhan ketika berkumpul bersama teman, maupun makanan pendamping nasi atau sebagai lauk pauk.


Usaha gorengan bisa menjadi contoh usaha kecil sukses baik di desa maupun di kota. Anda pun bisa memulainya dari rumah anda. Peluang suksesnya juga besar jika anda konsisten dan mampu memanajemen usaha anda dengan baik.


Itulah beberapa contoh usaha kecil sukses di desa maupun di kota yang bisa anda mulai dari rumah anda. Ingat, yang terpenting dari sebuah usaha adalah memulai tanpa rasa gengsi. Jika Anda masih memiliki rasa gengsi untuk memulai usaha maka akan sangat susah bagi Anda untuk mulai mengembangkan usaha jika sudah saatnya berkembang menjadi usaha besar.