Cara Meningkatkan Penjualan Lewat Email Marketing

Cara Meningkatkan Penjualan Lewat Email Marketing


Di era digital sekarang ini, banyak pebisnis dan marketer yang mulai memanfaatkan media digital sebagai sarana promosi, salah satunya menggunakan email. Media ini sering digunakan untuk promosi karena mudah digunakan dalam mengirim penawaran, mengirim data dan juga memberikan informasi yang menarik.


Secara defines, email marketing adalah metode pemasaran secara digital yang memanfaatkan jaringan email sebagai media promosi.


Dengan email marketing, anda bisa mengirim berbagai promosi atau penawaran produk sesuai dengan target pasar anda. Selain itu, pemasaran produk menggunakan email marketing terbilang sangat efektif karena anda bisa langsung mengincar target pasar yang dinginkan tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal untuk promosi.


Sayangnya, masih banyak pelaku bisnis dan marketer yang belum mengetahui cara menggunakan email marketing dengan benar untuk meningkatkan penjualan produk. Banyak dari mereka yang asal ketika membuat promosi dan langsung mengirimkannya ke email pelanggan.


Jika seperti itu caranya, jangankan dibuka, dilihat juga tidak dan wajar saja jika tidak berpengaruh terhadap penjualan produk anda.


Supaya anda tidak salah arah dalam memasarkan produk lewat email, sebaiknya simak informasi mengenai cara meningkatkan penjualan produk lewat email marketing berikut ini :


Buat judul Email yang Singkat Tapi Memikat


Sebagai sarana dalam berpromosi, pastikan judul email yang dibuat mampu menarik minat pelanggan. Hindari penggunaan judul yang terlalu panjang, buatlah judul yang singkat tapi ketika dilihat mampu mengundang rasa penasaran pembaca, sehingga mereka langsung “klik” judul email tersebut.


Gunakan Template Email


Sekarang ini sudah banyak tools email marketing yang menyediakan template email dengan tampilan yang sangat menarik. Pilihlah template yang memiliki tampilan sesuai dengan tipe bisnis anda, atur ukuran font dan warnanya agar lebih terlihat jelas. Tambahkan video dan juga gambar yang bagus supaya menjadi daya Tarik.


Beri Jarak Waktu Pengiriman


Supaya kenyamanan pelanggan anda tidak terganggu, sebaiknya hindari pengiriman email dalam waktu yang terlalu dekat. Jika anda terus mengirimkan email promosi tanpa jeda waktu, tentunya bisa membuat pelanggan kesal dan akhirnya email dari anda dilaporkan sebagai spam oleh pelanggan.


Kirim Email dengan Mencantumkan Nama Penerima


Dalam melakukan pemasaran produk melalui email, sebaiknya email promosi dan penawaran yang dikirim mencantumkan atau menyebutkan nama si penerima. Tujuannya, agar pelanggan anda merasa bahwa email tersebut memang ditujukan untuk dirinya. Bahkan, ada sebuah studi psikologi yang menjelaskan, dengan menyebutkan nama pada email yang dikirim maka si penerima akan merasa dihargai.


Jangan Lupa Pasang Alamat, Email dan Nomor Telpon Bisnis Anda


Dalam mengirim email marketing, ada satu hal yang paling penting yang tidak boleh dilupakan yaitu memasang emal, nomor telepon dan alamat bisnis anda. Hal ini bertujuan untuk menandakan bahwa email tersebut bukanlah spam. Selain itu, jika nantinya ada pelanggan atau penerima email yang tertarik dengan promosi yang anda kirimkan maka bisa langsung menghubungi nomor yang sudah tertera di email tersebut.


Berikan Promo yang Susah Ditolak


Supaya produk anda bisa laris terjual, cobalah untuk memberikan promo yang mampu “memaksa” si penerima email sehingga ia akan merasa menyesal jika promo tersebut tidak diambil. Salah satu contoh yang paling susah ditolak adalah Free Ongkir untuk Seluruh Wilayah di Indonesia.


Jangan Hanya Berpromosi, Kirimkan Juga Konten yang Bermanfaat


Promosi via email sebaiknya dibatasi maksimal 3 kali dalam seminggu, sedangkan di hari lainnya anda bisa mengirimkan konten yang informatif terkait dengan produk anda. Konten bisa berupa video, artikel, gambar, dan inforgrafis. Anda juga bisa menyematkan sedikit penawaran produk di dalam konten tersebut.


Sudah banyak perusahaan besar yang berhasil meningkatkan penjualan produk lewat email marketing, sehingga omsetnya meningkat drastis. Terapkan semua cara diatas pada bisnis anda dan rasakan hasilnya. Selamat mencoba…!!!