Cara Kreatif Promosi Bisnis Tanpa Modal Besar

Cara Kreatif Promosi Bisnis Tanpa Modal Besar


Dalam bisnis, promosi merupakan metode yang wajib dilakukan supaya produk bisnis bisa laris terjual. Namun, kebanyakan owner bisnis berpikir dalam berpromosi harus mengeluarkan budget atau dana yang besar, mereka beranggapan semakin besar dana yang dikeluarkan maka promosinya akan semakin bagus sehingga produk akan laris terjual dengan cepat.


Pendapat ini tidak sepenuhnya benar, tapi tidak sepenuhnya salah juga.


Pendanaan memang merupakan faktor penting dalam menjalankan suatu promosi, tapi tidak harus besar karena dengan dana yang minimpun anda tetap bisa berpromosi untuk meningkatkan penjualan produk asalkan kreatif. Bagaimana caranya ? ikuti cara kreatif promosi bisnis tanpa modal besar berikut ini  :


Gratis Coba Produk


Tidak sedikit pebisnis yang mempromosikan produknya dengan memberi kesempatan pada calon pembeli untuk mencoba produknya secara gratis. Biasanya metode ini diterapkan oleh beberapa perusahan software seperti antivirus, windows dan lainnya.


Tapi cara ini juga bisa anda gunakan untuk mempromosikan bisnis anda. Misalkan, anda menjual produk lulur, berikan sample produk secara gratis untuk dicoba oleh calon pembeli, jika mereka sudah tertarik dan ingin membeli produk anda maka berikan promo yang menarik untuk pembeli pertama.


Dengan begitu, orang yang sudah mencoba produk anda bukan hanya langsung membeli tapi juga ikut mempromosikan produk anda secara viral, bisa jadi mereka posting produk anda di jejaring sosial milik mereka atau mereferensikan ke teman-teman mereka.


Promosi Online untuk Hasil yang Maksimal


Dunia maya memang menjadi media promosi paling ampuh saat ini. Bagaimana tidak, jumlah pengguna internet melonjak drastis dari tahun ke tahun sehingga anda bisa menentukan segmen pasar yang sesuai dengan bisnis anda di internet dengan mudah.


Namun, jangan asal berpromosi tetap gunakan etika anda. Hindari teknik spam seperti mempromosikan produk di status atau timeline jejaring sosial orang lain, blast email secara massal tanpa memperkenalkan diri terlebih dahulu, hingga melakukan tag foto produk ke semua orang.


Jika cara promosi anda seperti ini bisa dipastikan produk anda bukannya laris tapi malah dibenci para pengguna internet.


Berpromosilah secara sehat, jangan hanya berjualan tapi berikan juga informasi bermanfaat yang masih berhubungan dengan produk anda. Misalkan, anda punya produk kecantikan, maka anda bisa membuat artikel seputar tips merawat kecantikan wajah dan tubuh lalu posting di blog ataupun di sosmed.


Beberapa pakar internet marketer menyarankan sebaiknya 3:1 artinya 3 kali memberikan info bermanfaat dan 1 kali promosi.


Brosur Masih Menjadi Media Promosi yang Efektif


Dari dulu brosur masih menjadi media promosi yang paling banyak digunakan. Namun, sebaiknya buatlah brosur yang memikat mata, ketika brosur dibagikan orang yang menerimanya akan senang bahkan dengan senang hati menyimpannya.


Contoh, misalkan anda memiliki usaha alat musik, maka anda bisa membuat borsur berbentuk gitar atau biola. Kemudian berikan promo yang menarik untuk setiap pembelian alat musik di dalam brosur tersebut.


Gunakan kreativitas anda, buatlah brosur yang ketika dilihat maka orang akan berpikir “wah..sayang banget nih kalau dibuang”


Promosi Lewat Stiker, Kenapa Tidak ??


Pernahkah anda melihat stiker berisi iklan suatu produk atau perusahaan di kaca belakang mobil ? yups, saat ini sudah mulai menjamur perusahaan periklanan yang menggunakan stiker sebagai media iklan. Namun, biaya yang harus dikeluarkan memang lumayan mahal karena ada pajak iklan yang juga harus ditanggung oleh si pemesan.


Sebenarnya anda bisa menggunakan cara ini bisa anda gunakan untuk mempromosikan produk atau bisnis anda. Buatlah stiker yang menarik dengan ukuran yang tidak terlalu besar tapi masih bisa terlihat oleh pengendara lain.


Kemudian tempelkan stiker iklan di kendaraan pribadi anda, bisa juga menempelkan stiker tersebut di kendaraan saudara anda, rekan kerja, keluarga dan lainnya, tapi anda harus izin dulu ya jangan asal menempelkan saja bisa-bisa stiker anda langsung dicopot oleh pemilik kendaraan.


Sebenarnya masih banyak cara kreatif promosi bisnis tanpa modal besar yang bisa anda lakukan, gali lebih dalam lagi. Tuangkan ide kreatif anda menjadi sebuah promosi bisnis yang menarik. Selamat mencoba..!!