Cara Cari Modal Usaha Tanpa Hutang

Cara Cari Modal Usaha Tanpa Hutang


Modal usaha adalah hal terpenting yang harus dimiliki ketika akan memulai atau mengembangkan suatu usaha. Oleh karena itu seseorang biasanya menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan modal. Hal termudah yang bisa dilakukan oleh seseorang ketika membutuhkan modal adalah meminjam dana dari bank.


Tapi tentu saja bank membebankan bunga pinjaman kepada anda selaku peminjam. Besarnya pinjaman yang anda ajukan kepada bank, menentukan seberapa besar bunga dan cicilan yang harus anda bayar. Begitu juga ketika anda meminjam modal dari teman atau saudara, tentu anda memiliki kewajiban untuk mengembalikan dana yang anda pinjam.


Saya pribadi lebih menyukai memulai bisnis dengan menggunakan uang sendiri alias tidak meminjam ketika memulai usaha, karena ada kemungkinan usaha yang akan kit amulai tersebut gagal. Pada tulisan kali ini saya ingin berbagi beberapa acar mencari modal usaha tanpa hutang




  1. Gunakan uang tabungan


Hal pertama yang paling mungkin untuk dilakukan ketika anda mencari modal usaha adalah menggunakan tabungan pribadi. Anda bisa membangun usaha yang sekiranya pas dengan modal yang anda punya. Dengan begitu anda tidak perlu berhutang kemana-mana. Untuk pengembangan usaha bisa anda pikirkan setelah anda mendapatkan laba yang cukup banyak dari usaha yang anda bangun




  1. Jual aset berharga


Cara kedua untuk cari modal usaha tanpa hutang adalah dengan menjual aset berharga yang anda punya. Anda bisa menjual motor atau aset berharga anda yang lain sebagai modal usaha. Semakin besar hasil penjualan anda, maka semakin banyak pula modal yang bisa anda gunakan untuk membangun usaha. Dengan cara ini, anda juga tidak perlu memikirkan bagaimana dan darimana uang untuk mengembalikan modal usaha. Jadi keuntungan yang anda terima dari usaha yang anda jalankan bisa menjadi milik anda sepenuhnya.




  1. Cari teman untuk kerjasama


Cara ketiga untuk cari modal usaha adalah mencari teman yang bisa diajak untuk kerjasama. Anda bisa mencoba usaha franchise (kerjasama antara pemilik modal dan pelaku usaha) maupun bekerjasama antar pengusaha. Anda bisa menggunakan modal dari tabungan, dan gabungkan dengan modal milik teman anda yang mau diajak kerjasama baik sebagai supplier bahan yang anda butuhkan untuk proses produksi maupun kerjasama dengan jenis bisnis yang sama. Nah,  keuntungannya sendiri harus dibagi sejumlah orang yang anda ajak kerjasama dengan asas keadilan. Dengan begitu kerjasama anda tetap berjalan dengan baik, dan usaha anda pun bisa berkembang dengan baik




  1. Cari modal melalui sponsor


Cara lain yang juga bisa dilakukan untuk cari modal usaha adalah mencari modal melalui sponsor. Anda bisa mengajukan proposal usaha kepada perusahaan yang sejenis atau berhubungan dengan usaha anda. Merangkul pihak sponsor untuk mendapatkan modal juga merupakan hal yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan modal tanpa berhutang. Semakin banyak pihak sponsor yang mau bekerjasama dengan anda, maka semakin banyak pula modal yang bisa anda dapatkan. Dengan begitu anda bisa mendapatkan modal tanpa berhutang.


Itulah beberapa cara cari modal usaha tanpa harus berhutang yang bisa anda lakukan dengan mudah. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga sukses dan semoga bermanfaat.