8 Kiat Jitu Pengoptimalan Online Bisnis Melalui Facebook

8 Kiat Jitu Pengoptimalan Online Bisnis Melalui Facebook


Untuk memasarkan bisnis Anda dengan sukses di Facebook, Anda perlu memahami peluang unik Facebook, dan bagaimana hal itu berbeda dari media lain. Sama seperti Anda tidak akan menjalankan iklan radio di televisi, Anda tidak boleh memasarkan di Facebook seperti yang Anda pasarkan di majalah atau di situs web Anda bukan?



1. Jangan gunakan Facebook untuk 'jual keras'


Orang-orang menganggap Facebook sebagai ruang sosial yang menyenangkan tempat mereka mengobrol dengan teman, melihat foto dan video, dan bersantai. Anda perlu bergabung dalam percakapan dan menjadi bagian dari komunitas, daripada menjadi 'orang luar' bisnis yang mencoba menjual secara agresif.


Taktik penjualan keras seperti menggunakan slogan iklan, memposting berulang kali tentang produk atau layanan tertentu, atau memberikan daftar produk dan harga secara terpisah dari percakapan terkait akan mengakibatkan pengguna lain 'tidak mengikuti Anda'. Mereka bahkan dapat memposting komentar negatif tentang bisnis Anda.



2. Memiliki tujuan dan strategi yang jelas


Sangat penting untuk memiliki tujuan yang jelas untuk menggunakan Facebook, dan strategi untuk mencapai tujuan itu. Misalnya, kedai kopi mungkin memutuskan bahwa tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan yang dihasilkan oleh Facebook sebesar 10% dalam 6 bulan ke depan. Strategi mereka bisa meliputi:




  • membuat posting setiap pagi menampilkan hari istimewa, menggunakan kode kupon sehingga penjualan dapat dilacak ke Facebook

  • memposting foto harian yang menampilkan pelanggan yang merupakan pelanggan terbaik pada hari itu

  • mendorong pengguna untuk memposting foto mereka sendiri sambil menikmati kopi.

  • Menetapkan tujuan dan strategi memberi Anda arahan untuk pemasaran Facebook Anda dan cara untuk mengukur kesuksesan Anda.


3. Ciptakan suara manusia untuk bisnis Anda


Pengguna Facebook suka berbicara dengan orang lain  bukan bisnis yang tidak pribadi. Siapa pun yang mengelola halaman Facebook Anda harus dapat menulis dengan suara yang terdengar nyata dan menyenangkan, menggunakan gaya yang sesuai dengan bisnis Anda. Mereka juga perlu izin untuk mengekspresikan hal-hal dengan kata-kata mereka sendiri, bukan dalam jargon atau 'jalur resmi' perusahaan.



4. Posting secara teratur


Tidak seperti media tradisional atau media online lainnya (seperti halaman web), media sosial dibangun di sekitar sering pembaruan. Beberapa panduan merekomendasikan untuk mem-posting setidaknya satu kali sehari, tetapi prinsip-prinsip intinya adalah memposting ketika Anda memiliki konten yang menarik, dan untuk menilai seberapa sering audiens Anda ingin mendengar dari Anda.


Alasan Penting Menggunakan Facebook Untuk Bisnis Online

5. Dorong komentar dan balas dengan cepat


Dorong pengguna Facebook lainnya untuk menanggapi posting Anda atau untuk memposting komentar mereka sendiri tentang bisnis Anda atau topik yang menarik bagi mereka dan Anda. Ketika mereka memposting, tanggaplah dengan cepat dalam 24 jam adalah yang terbaik. Gagal menanggapi akan melemahkan kesediaan teman Facebook Anda untuk terlibat dengan Anda, dan mereka akan perlahan-lahan menjauh.



6. Gunakan gambar dan video


Gambar dan video adalah elemen utama dari banding Facebook. Gunakan mereka sering untuk menjaga teman-teman Anda terlibat dan terhibur. Sebagai contoh:




  • pengecer pakaian bisa memposting foto-foto stok baru saat tiba

  • seorang arsitek atau pembangun dapat memposting gambar rumah sehari-hari yang sedang direnovasi

  • seorang pelatih pribadi dapat memposting video instruksional tentang bagaimana melakukan latihan tertentu.

  • Dapatkan interaktif dengan penawaran, kontes, permainan, survei, dll. Orang-orang menyukainya ketika Facebook menyenangkan, dan ketika itu memberikan sesuatu yang tidak bisa mereka dapatkan dengan cara lain.


Penelitian menunjukkan bahwa diskon dan hadiah adalah alasan paling populer bagi pelanggan untuk mengikuti halaman Facebook bisnis. Demikian juga, kontes dan permainan dapat digunakan untuk menghidupkan halaman Anda. Facebook juga dapat digunakan untuk mendistribusikan survei pelanggan. Jika Anda melakukan ini, pastikan Anda membuat survei singkat, dan berikan tautan survei yang dapat dengan mudah diklik, diabaikan, atau dibagikan dengan teman-teman mereka.



7. Peliharalah hubungan Anda


Butuh waktu untuk membangun hubungan yang baik dengan pengguna Facebook lainnya, jadi bersabarlah. Libatkan dengan tulus dalam percakapan, sediakan konten yang bermanfaat, dan kembangkan penghargaan bagi pelanggan setia untuk membantu membina hubungan positif.



8. Promosikan halaman Facebook Anda


Jika Anda memiliki halaman Facebook, promosikan di seluruh bisnis Anda sehingga media sosial Anda bekerja bersama-sama dengan metode pemasaran yang lebih tradisional. Berikan alamat Facebook Anda di kop surat Anda, kartu nama dan situs web, di toko, di iklan, dan email Anda.