4 Cara Menghasilkan Uang dari Internet

4 Cara Menghasilkan Uang dari Internet


Sekarang ini, internet bukan hanya digunakan sebagai pelengkap tapi sudah menjadi kebutuhan hidup. Ternyata, internet bukan hanya bisa digunakan untuk chating dan browsing saja, tapi juga bisa digunakan untuk menambah pemasukan. Tidak sedikit yang mampu menghasilkan uang hingga puluhan juta setiap bulannya, bahkan ada yang sampai milyaran juga loh.


Sebenarnya ada banyak sekali jenis bisnis online yang bisa anda jalankan, tapi anda juga harus hati-hati karena tidak sedikit bisnis online yang abal-abal alias menipu. Supaya anda tidak salah memilih, sebaiknya simak informasi tentang 4 cara menghasilkan uang dari internet berikut ini :


Menjadi Dropshipper


Anda belum punya produk tapi sudah kebelet ingin menjalankan bisnis ? maka menjadi dropshipper merupakan pilihan yang tepat untuk anda. Saat ini sudah banyak toko online yang menyediakan program dropshipper yang bisa anda ikuti.


Alur kerjanya sanga mudah, anda tinggal meminta katalog produk dengan harga modal kepada pemilik toko online tersebut atau supplier. Kemudian anda jual semua produk yang ada di katalog melalui website, blog, atau bisa juga dengan membuat akun di marketplace seperti tokopedia, bukalapak dan olx.


Jual produk dengan harga yang sudah dimarkup sebelumnya. Ketika ada yang ingin membeli produk yang anda jual, segera tanyakan pihak supplier apakah barangnya ready stok atau tidak. Kemudian, minta customer untuk transfer pembayaran terlebih dahulu.


Kemudian, anda bayar ke supplier senilai harga modal. Jadi disini, anda mendapatkan keuntungan dari selisih harga modal yang sudah dimarkup sebelumnya. Untuk pengiriman barang semuanya diatur oleh supplier, jadi anda tinggal menunggu kabar dari pembeli bahwa barang yang dikirim sudah sampai dengan aman.


Affiliate Marketing


Menjalankan bisnis affiliate marketing sebenarnya tidak jauh berbeda dengan dropshipper karena posisi anda disini tetap sebagai pihak ketiga yang menjual barang dari seler. Bedanya, produk yang dijual merupakan produk digital.


Dalam menjalankan bisnis ini sangat disarankan untuk memiliki blog atau website yang nantinya akan digunakan sebagai tempat mempromosikan produk digital yang dijual melalui link affiliasi yang diberikan oleh seller.


Dengan begitu, ketika ada pengunjung yang mendatangi situs anda lalu tertarik dengan produk yang anda tawarkan, maka pengunjung tersebut akan terhubung dengan pihak seller melalui link affiliasi tersebut. Sehingga, ketika terjadi transaksi penjualan maka anda akan mendapatkan komisi secara otomatis yang langsung masuk ke akun anda. Nantinya komisi tersebut bisa anda cairkan langsung ke rekening pribadi.


Beberapa situs yang menyediakan program affiliate marketing yaitu Amazon.com, Clickbank.com, dan Ratakan.com.


Membuka Jasa Pembuatan konten


Setiap pemilik situs baik itu berupa portal ataupun blog pasti membutuhkan konten di dalamnya. Disinlah dibutuhkan jasa penyedia konten karena tidak semua pemilik web atau blog mau membuat konten.


Namun, satu hal yang harus anda ketahui, konten itu tidak hanya berupa tulisan tapi bisa juga berupa video, gambar, infografis, bahkan meme. Anda bisa membuat website untuk mempromosikan jasa pembuatan konten milik anda.


Selain itu, anda bisa bergabung dengan beberapa situs yang menjadi penghubung antara penyedia content dengan para pemilik website dan blog yang membutuhkan konten seperti Freelancer, Projects.co.id, atau Sribulancer.


Menjadi Blogger atau Vlogger


Anda gemar menulis atau hobi membuat video ? berarti anda cocok menjadi seorang blogger atau vlogger. Buatlah konten berupa tulisan, gambar dan video yang anda sukai.


Misalkan anda suka membuat desain menggunakan berbagai tools seperti photoshop, AI dan corel draw. Maka, anda bisa membuat blog berisi tutorial membuat desain menggunakan tools tersebut.


Contoh lainnya, anda suka travelling maka anda bisa membuat konten vlogger berupa video liputan anda selama melakukan travelling ke berbagai tempat.


Anda bisa mendapatkan uang dengan mengikuti program google adsense. Nantinya, anda akan diberikan kode iklan yang bisa dipasang di dalam blog dan video youtube milik anda. Dengan begitu, anda akan mendapatkan bayaran jika ada yang melakukan “klik” pada iklan tersebut.


Jangan pernah melakukan kecurangan dengan melakukan klik pada iklan anda sendiri, karena algoritma google akan menandakan jika klik tersebut sebagai fraud dan akibatnya akun google adsense anda bisa dibanned.


Selain dari google adsense, anda juga bisa mendapatkan bayaran dengan menjadi endorse suatu produk melalui video atau blog milik anda. Tentunya hal ini butuh kerja keras dan kreatifitas yang cukup tinggi.


Silakan anda pilih sendiri salah satu dari 4 cara menghasilkan uang dari internet yang sesuai dengan kemampuan anda. Satu hal yang harus anda pahami, bisnis internet bukanlah cara untuk menjadi kaya dalam semalam, tetap dibutuhkan kerja keras dan kerja cerdas untuk mendapatkan hasil yang melimpah.