Peluang Bisnis Via Tokopedia, Peluang Usaha yang Berpotensi Jadikan Anda Jutawan Muda

Peluang Bisnis Via Tokopedia, Peluang Usaha yang Berpotensi Jadikan Anda Jutawan Muda


Pernahkah Anda memiliki mimpi untuk menjadi seorang jutawan muda? Jika pernah wujudkan mimpi Anda sekarang  juga! Bagaimana caranya? Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan mimpi tersebut yang penting jangan keluar dari garis mimpi itu! Apapun mimpi Anda tetap berusahalah mengejar di jalurnya karena setiap usaha pasti berkesempatan untuk terwujud. Karena itu jangan Anda pernah berhenti untuk bermimpi. 


Oke, kata – kata motivasinya cukup disini dulu karena kini kita akan membahas tentang bagaimana cara mewujudkan mimpi. Jika Anda bermimpi untuk menjadi seorang penulis, maka tulislah apapun yang ada di benak Anda dan perbarui kemampuan Anda setiap harinya. Pun demikian jika Anda bermimpi menjadi seorang pebisnis. Ada banyak hal yang bisa menjadi jalur masuk di bisnis Anda. Pun jika Anda tidak memiliki modal, Anda bisa menerapkan sistem dropship untuk menjadi jalur masuk di pintu bisnis.


Kini bahkan ada banyak marketplace yang telah menyediakan jalur masuk bisnis kepada banyak orang salah satunya dengan sistem dropship, termasuk juga dengan Tokopedia. Ya, jika Anda jeli dan bisa menguasai pasar di Tokopedia tentunya peluang bisnis dropship via Tokopedia ini berpeluang untuk mengantarkan Anda sukses bahkan menjadi jutawan di usia muda. Lantas apakah hanya bisa melalui sistem dropship untuk aktif berjualan di Tokopedia? Tidak juga! Selain jualan dengan sistem dropship, berikut beberapa peluang bisnis via Tokopedia yang juga dapat menjadi pilihan bisnis Anda!



Peluang Bisnis Via Tokopedia


Menjadi seorang dropshipper di Tokopedia


Peluang bisnis di Tokopedia yang pertama dapat menjadi pilihan bisnis Anda adalah menjadi seorang dropshipper. Dengan menjadi seorang dropshipper tentu ada beberapa manfaat. Anda tak perlu menyediakan modal dan tak perlu juga menyediakan barang yang akan dijual karena pihak penyedia dropship akan menyediakan barang tersebut untuk Anda. Tugas Anda hanya melakukan suatu promosi saja kemudian berikan harga kepada konsumen diatas harga dari penyedia dropship sebagai tambahan laba untuk Anda.


Menjadi seorang reseller di Tokopedia


Anda juga bisa menjalankan bisnis dengan menjadi seorang reseller. Namun apa sih bedanya menjadi reseller dan dropshipper? Reseller adalah orang yang menjual ulang suatu barang atau produk sementara dropshipper adalah orang yang menjadi pialang produk dalam hal ini ia bertugas menjadi perantara antara pihak penyedia atau pihak agen dengan pihak konsumen. Ia hanya meminta supplier mengirimkan produk ke pelanggannya dengan nama dropshipper tersebut. Nah, jika dropshipper tak perlu bermodal maka untuk menjadi seorang reseller Anda perlu menyediakan sejumlah modal untuk pengadaan barang.


Menjual produk sendiri di Tokopedia


Atau Anda merasa enggan untuk menjual produk orang lain di Tokopedia entah itu dengan sistem dropship atau reseller karena Anda sendiri sudah memiliki suatu produk? Jika itu hal yang Anda punya maka Anda harus membuka toko sendiri dengan nama brand Anda sendiri di Tokopedia. Dengan begini Anda tak perlu bekerjasama dengan banyak pihak karena produknya adalah milik Anda sendiri. Potensi pangsa pasar yang luar biasa juga bisa Anda dapatkan di Tokopedia pastinya.


Nah, sekarang Anda sudah tahu bukan apa saja peluang bisnis via Tokopedia yang dapat Anda jalankan? Sekarang Anda tinggal pilih mau menjalankan sistem bisnis yang mana via Tokopedia. Sesuaikan saja dengan kemampuan, dan kemauan Anda sendiri. Tak perlu meniru orang lain karena setiap orang pasti punya jalan sendiri – sendiri untuk mencapai apa yang ia inginkan.


Jika Anda sudah mantap untuk berbisnis di Tokopedia, sekarang waktunya Anda untuk belajar bagaimana tipsnya agar bisnis Anda bersama Tokopedia berpeluang sukses besar. Beberapa tips sukses berbisnis via Tokopedia yang Anda harus tahu sebagai berikut :


Jika Anda seorang dropshipper, pastikan pilih merchant yang aktif


Anda harus tahu bahwa Tokopedia menyediakan berbagai macam fasilitas pendukung demi memantau kualitas merchant. Didalamnya juga termasuk tentang catatan penjualan, review penjualan dan diskusi antara merchant dengan pelanggan. Termasuk juga terdapat sistem rating disana.


Akan tetapi jangan sampai dalam memilih suatu merchant untuk Anda gaet, Anda jangan hanya mempertimbangkan rating bintang 5 saja karena bintang 5 ini tentu bukan jaminan satu – satunya bahwa suatu merchant yang bersangkutan benar – benar berkualitas. Indikator yang tepat untuk menentukan baik tidaknya seorang merchant adalah aktif tidaknya ia memberikan respon. Karena sebagai seorang perantara Anda tentu butuh komunikasi intens antara diri Anda dengan merchant dan diri Anda dengan konsumen sehingga nantinya tidak ada missing comunication dan tentunya tidak ada rasa tidak nyaman kepada konsumen dan calon konsumen Anda.


Saran yang lainnya untuk Anda adalah pilih supplier atau merchant yang sudah terdaftar sebagai gold merchant atau promote merchant karena mereka merupakan merchant yang telah mendaftar dengan tidak gratis alias berbayar. Hal ini tentu menunjukkan bahwa mereka benar – benar merupakan seorang merchant yang serius dalam menjalankan bisnis via Tokopedia.


Jika Anda berminat dropship, pilih merchant yang sedang berkembang


Loh kok merchant yang masih sedang berkembang bukan yang sudah maju? Mungkin memang terdengar aneh untuk sebagian orang. Akan tetapi hal ini kami berikan sebagai solusi bukan tanpa alasan. Umumnya penjual yang memiliki skala besar memiliki tingkat respon yang kurang baik kepada para dropshipper karena mereka sudah merasa banyak yang butuh dan mereka tidak akan kehilangan apapun dengan mindset tersebut. Akan tetapi tentu hal ini adalah potensi yang tidak baik untuk keberlangsungan seorang dropshipper yang bekerja dibawahnya. Bisa – bisa pelanggan dropshipper akan kabur jika hal ini sampai terjadi. Merchant yang sedang berkembang akan lebih aware dan pro dengan dropshipper karena mereka masih sangat membutuhkan peranan seorang dropshipper.


Buat toko dengan produk yang dijual secara masal


Ketika kita akan mencari suatu produk yang potensial untuk dijual di Tokopedia, kita juga perlu memperhatikan benar mengenai ketersediaan produk. Semisal kita melihat sebuah merchant yang menjual produk kerajinan tangan handmade yang sangat unik dan dirasa potensial untuk dijual kembali. Akan tetapi lebih baik jangan Anda mengambil produk seperti ini karena jika terjadi masalah para supplier maka otomatis pasokan produk Anda akan terhenti. Lalu bagaimana jika pesanan sudah mulai menumpuk? Tentu dampaknya pada akhirnya adalah mengenai kredibilitas kita sebagai seorang dropshipper yang akan dipertaruhkan di hadapan pelanggan sementara pelanggan tak mau tahu dengan apapun yang menjadi masalah dan kendala kita.


Akan jauh lebih baik jika kita memilih produk yang dibuat secara masal sehingga ketika satu merchant mengalami masalah kita masih bisa mencari jaringan produk di tempat yang lain. Solusi lain juga bahwa jika suatu produk unik memang sangat potensial untuk dijual kita bisa batasi penjualan dan pastikan kesanggupan merchant sebelum kerjasama dengan mereka.


Buat deskripsi toko yang singkat, padat dan jelas


Membuat deskripsi toko tak perlu banyak basa  - basi karena sesuatu yang terlalu banyak basa – basi akan membosankan utamanya di mata pelanggan yang butuh informasi akurat dan konkret tentang suatu produk. Buat deskripsi toko yang memiliki kalimat hemat, singkat dan tentu mengandung informasi yang padat. Misalkan ketika Anda berjualan baju jersey bola, maka Anda bisa membuat deskripsi toko “Distributor Jersey dan kaos Fans Club Bola. Welcome reseller and dropshipper”. Atau bisa juga dengan Anda tambahkan tagline menarik versi Anda sendiri.


Gunakan logo Anda sebagai profil picture toko di Tokopedia


Tentu Anda sudah tahu bahwa karakter seorang pelanggan adalah menginginkan sesuatu yang terkesan profesional. Untuk memberikan sesuatu yang terkesan profesional tersebut ada baiknya untuk Anda usahakan menggunakan logo kreatif dari toko online untuk mewakili bisnis Anda. Logo ini sebisa mungkin harus Anda buat original dalam mewakili bisnis Anda. Jangan sampai asal atau alay. Namun pastikan agar logo tersebut unik dan memiliki ciri khas atau daya tarik tersendiri.


Berikan pilihan jasa pengiriman yang lebih bervariasi


Walau tak banyak buyer yang memperhatikan jasa pengiriman yang diberikan akan tetapi ada juga lho beberapa buyer yang suka membandingkan antara seller A, B dan juga C termasuk urusan ekspedisinya. Jika toko Anda merupakan toko yang bisa melayani pembelian dengan variasi ekspedisi yang beragam maka hal ini juga bisa menjadi nilai plus untuk toko Anda. Bahkan beberapa seller juga ada yang memperbolehkan opsi ekspedisi ini dimana pastinya pembeli akan memilih berbelanja di toko Anda kemudian.


Pertimbangkan harga grosir


Hal ini juga sekarang masih menjadi aspek yang banyak dilupakan oleh penjual. Banyak diantara mereka yang tidak memanfaatkan fitur ini padahal harga grosir sebenarnya merupakan hal yang sangat penting untuk memaksimalkan jumlah barang yang terjual. Hal ini juga tentu terlepas dari soal untung keseluruhan yang mulai berkurang, aspek perputaran yang menjadi lebih cepat dan juga soal reputasi toko yang jauh lebih bagus.


Jalin hubungan jauh lebih baik


Dalam menjalankan bisnis di Tokopedia apapun bisnis Anda entah itu dropship, reseller atau menjual produk Anda sendiri via Tokopedia ada baiknya Anda selalu upayakan menjalin hubungan baik dengan siapa saja. Baik tentunya dengan merchant untuk Anda yang menjalankan program reseller dan dropshipper atau juga dengan pelanggan atau calon pelanggan.


Jika Anda merupakan seorang reseller atau dropshipper yang merasa bahwa kerjasama yang terjalin sudah sangat baik ada baiknya juga Anda berkunjung ke toko fisik dari merchant tersebut. Dengan begini tentu Anda bisa semakin mempererat hubungan dengan merchant dan bisa mendapatkan keuntungan yang lain yaitu menjalin pertemanan dan menambah teman potensial.


Jangan lupa untuk membalas diskusi dan pesan pribadi yang masuk


Diskusi dan juga pesan merupakan suatu bentuk interaksi yang terjadi antara pihak penjual dan pihak pembeli di Tokopedia. Nantinya ketika toko Anda sudah berpotensi dengan banyak peminat tentu Anda harus selalu memastikan bahwa semua sudah Anda lakukan untuk memuaskan hasrat komunikasi pelanggan dan calon pelanggan dengan Anda. Salah satu caranya adalah dengan senantiasa membalas pesan dan diskusi yang ada.


Anda harus bisa memberikan diskusi dan chat terbaik dengan pelanggan untuk memuaskan mereka karena ini termasuk salah satu upaya untuk memberikan layanan yang maksimal kepada pelanggan Anda. Jika mereka butuh informasi detail tentang produk, berikan informasi tersebut secara gamblang, jujur dan sesuai karena sekali lagi tak ada pelanggan yang mau beli jeruk dalam karung atau beli kucing dalam karung. Karena jika Anda sekali saja mengada – ada tentu selamanya Anda tidak akan dipercaya atau dianggap sebagai seller yang kurang baik dalam memberikan informasi. Sehingga pelanggan akan minim melakukan repeat order.


Selalu berikan fast response kepada pelanggan dan calon pelanggan Anda


Jika Anda kini berada di posisi menjadi seorang pelanggan, Anda mau pilih yang mana antara penjual yang mahal tapi fast respon atau yang murah namun slow respon? Kalau ada sih ya memilih yang murah tapi fast respon. Akan tetapi tak bisa dipungkiri jika memang pilihan itu tidak ada pasti Anda akan memilih penjual yang fast respon bahkan Anda bisa membelinya walau mahal yang penting adalah fast respon.


Sesuatu yang fast response memang akan membuat para pembeli dan calon pembeli memiliki keyakinan bahwa Anda adalah penjual dengan kualitas pelayanan yang terbaik. Jadi untuk memberikan mindset Anda adalah penjual yang potensial, penjual yang baik dengan kualitas pelayanan yang terbaik Anda harus berupaya agar selalu fast response. Jika memang Anda sudah kebanjiran pelanggan dan merasa tidak sanggup membalasnya satu persatu, Anda bahkan bisa cari customer khusus yang Anda bayar untuk melayani mereka. Sekarang banyak juga lho yang mencari pekerjaan part time tersebut. Yang paling penting adalah tidak mengecewakan pelanggan. Karena pelanggan berani bayar mahal asalkan pelayanan tepat dan Anda bisa tingkatkan sedikit harga untuk membayar jasa pekerja Anda namun berikan harga yang sekiranya nyaman untuk Anda dan pelanggan pastinya.


Sudah menerapkan tips ampuh untuk berbisnis dropship di Tokopedia seperti yang telah diinformasikan diatas?


Jika sudah, selamat itu artinya langkah awal Anda untuk menuju gerbang sukses semakin terbuka lebar. Lalu bagaimana dengan tingkat pesaing di Tokopedia?


Oke, jika sudah membuka toko yang potensial tidak masalah memikirkan soal pesaing karena itu juga merupakan salah satu hal yang penting dibahas. Ya, memang kita harus akui bahwa saat ini ada banyak orang yang sudah memiliki toko di Tokopedia. Banyak orang yang melakukan sistem penjualan dropship seperti Anda. Bahkan banyak toko dengan produk yang sama di Tokopedia. Lantas bagaimana cara agar toko Anda bisa menjadi yang utama dan berpotensi untuk mendapati page rank utama di Tokopedia?


Ini yang menjadi kunci poin utama untuk dibahas. Anda yang ingin sukses dan menguasai pasar di Tokopedia lebih dari pesaing Anda yang lain harus membaca informasi yang kami berikan kali ini sampai benar – benar tuntas.


Kita harus tahu bahwa tidak hanya mesin pencari Google yang memiliki SEO. Nyatanya Tokopedia juga memiliki SEO sebagai cara agar produk Anda bisa tampil teratas didalam mesin pencarian. Namun SEO di Tokopedia sifatnya terbatas. Untuk menerapkan strategi SEO di Tokopedia agar toko Anda di Tokopedia bisa menjadi yang potensial, ada beberapa hal yang Anda perlu lakukan diantaranya :


Promosi itu penting


Promosi merupakan hal yang sangat penting. Akan tetapi promosi saja tidak cukup karena ada baiknya Anda juga harus menggunakan Gold Merchant alias toko yang berbayar 300 ribu per 3 bulan dengan grid teratas dan grid terbawah yang diisi oleh promosi dari Gold Merchant itu sendiri.


Pastikan ada ketentuan ‘termurah’


Pencarian paling favorit adalah termurah. Ini tidak bisa dianggap remeh karena pelanggan sangat jeli. Bahkan selisih 1000 rupiah saja benar – benar diperhatikan oleh beberapa pelanggan. Namun ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan agar produk Anda bisa jadi yang menarik dengan tagline termurah yaitu misalkan harga termurah dari suatu pencarian adalah 260 ribu rupiah, Anda bisa berikan harga Rp 259.900,00 memang selisihnya lebih murah hanya Rp 100,00 akan tetapi cara ini sangat berpengaruh dan selama ini sangat efektif untuk meningkatkan popularitas.


Skema penjualan Anda


Salah satu daya tarik bagi seorang pembeli ketika memilih suatu produk adalah banyaknya penjualan. Pembeli kebanyakan akan mencari suatu produk yang lebih banyak dibeli untuk mengecek reputasi atau kualitas barang yang akan dibeli. Istilahnya pembeli kebanyakan mengamati ‘korban’ yang lebih dulu membeli produk di suatu toko. Jika benar tak ada ‘korban’ dan lebih banyak yang puas kebanyakan dari mereka akan bersedia untuk membeli. Sekali lagi hal ini karena mindset tak ada orang yang mau membeli kucing dalam karung dan tak mau terjerembab ke dalam lubang yang sama.


Produk yang terbaru


Beberapa produk tentu memiliki kondisi kadaluarsa seperti halnya produk suplemen, produk makanan, gadget atau yang lainnya. Karena itu update produk, ubah harga atau duplikasi agar menarik calon pembeli. Dan jangan lupa berikan status ‘produk tebaru’.


Foto produk Anda


Untuk beberapa produk antimainstream yang dijual seperti baju, celana atau berbagai produk yang dipilih berdasarkan sisi visual baiknya Anda sewa jasa foto studio. Hal ini untuk memberikan gambar terbaik agar menarik minat calon pembeli.


Sesuaikan dan optimasi kata kunci


Default hasil tampilan untuk pencarian produk adalah acak. Akan tetapi tidak sebenarnya selalu begitu jika Anda bisa paham sistemnya. Hal ini ada kaitan erat dengan judul atau nama produk. Jadi pastikan Anda lakukan langkah optimasi kata kunci agar lebih simple seperti baju bayi dengan nama “jual baju bayi XXX” atau yang lain sebagaimana enaknya Anda dan sesuai dengan produk yang Anda jual sehingga nantinya mudah ditemukan pelanggan.


Perhatikan hal penting dalam judul yang sering terlupa


Ada beberapa hal lain yang memiliki potensi mendukung SEO melalui judul. Jadi jika barang Anda memang original jangan ragu menulis 100% ori. Jika kualitasnya bagus atau high quality Anda juga bisa berikan garansi resmi sebagai trik promosi Anda. Akan tetapi jangan membohongi pelanggan dengan kalimat tersebut! Berikan promosi yang sesuai kualitas sebenarnya agar Anda tidak berpotensi mengecewakan pelanggan.


Sampai disini sudah paham bukan apa saja yang Anda perlu lakukan agar bisa up di Tokopedia? Atau masih merasa butuh panduan dalam penerapannya?


Jika Anda ingin sukses berbisnis di Tokopedia dan merasa butuh panduan dalam penerapannya, sekarang sudah ada jasa kursus private Tokopedia yang akan memberikan kepada Anda panduan berbisnis secara lengkap dan detail di Tokopedia. Bersamanya tentu Anda akan lebih mudah berkembang karena sudah ada pemandunya. Namun jika Anda tertarik untuk kursus private Tokopedia baiknya Anda pilih tempat kursus yang memang benar – benar memberikan garansi belajar sampai bisa untuk Anda sehingga dana yang Anda keluarkan bisa memberikan keuntungan maksimal untuk Anda.


Ini adalah link Tokopedia milik saya yang telah menjual lebih dari 7000 produk di Tokopedia: Indonesiamagic



Dan ini adalah produk terlaris di toko saya, Dust telah terjual lebih dari 5000 botol di toko saya, belum lagi di toko para mitra kami. silahkan cek sendiri di tokopedia:



Mau Belajar Lebih banyak tentang Tokopedia dari Top Seller seperti saya, Silahkan hubungi saya di nomor Whatsapp