Punya Toko Online Tapi Belum Punya Website? Ini Solusinya!

Punya Toko Online Tapi Belum Punya Website? Ini Solusinya!


Untuk memulai suatu bisnis di era digital ini memang sangatlah mudah. Bisnis apapun tidak mustahil didirikan bahkan tanpa memiliki modal membuat suatu gerai atau toko, bisnis bisa berjalan lancar. Semua ini karena adanya dukungan teknologi yang dapat dimanfaatkan setiap orang sehingga semua hal bisa dilakukan dengan jauh lebih mudah, termasuk untuk kepentingan bisnis.


Kini posisi era digital untuk kepentingan bisnis sudah berada di nomor wahid. Dengan memanfaatkan produk – produk digital Anda bisa memiliki suatu toko online sehingga dengan memanfaatkan toko online tersebut Anda sudah bisa berpromosi dan mengenalkan usaha Anda kepada khalayak ramai bahkan tanpa perlu memiliki suatu toko secara fisik. Sosial media dapat menjadi penolong dan sekaligus toko Anda secara online dengan pangsa pasar yang jauh lebih luas pastinya. Namun benarkah toko online melalui sosial media sudah benar – benar cukup untuk kepentingan promosi bisnis Anda? Tidak perlukah akses lain yang lebih potensial untuk menjaring pelanggan dari berbagai sisi?


Untuk keperluan jangka pendek tentunya toko online melalui sosial media sudah bisa menjawab semua kebutuhan Anda. Akan tetapi untuk keperluan jangka panjang butuh jaringan yang lebih kompleks dan sesuatu yang lebih potensial dibandingkan hanya sekedar sosial media sebagai toko online. Mengapa? Karena kita tidak akan pernah bisa tahu seberapa eksis suatu sosial media dan sampai kapan sosial media tersebut akan eksis. Seperti contohnya BBM, awalnya BBM lebih unggul dari WhatsApp akan tetapi dengan fitur baru dari WhatsApp kemudian banyak orang yang meninggalkan BBM dan beralih kepada WhatsApp. Bukan tidak mungkin sebentar lagi instagram akan mengalami hal yang sama karena itu Anda harus punya jaringan lain sebagai kolam ikan Anda. Karena itu kami sarankan agar pebisnis online memiliki suatu website untuk toko online terbaiknya. Mengapa harus website?


Pentingnya Website Untuk Dimiliki Pebisnis Online


Seperti yang kita semua tahu bahwa website merupakan suatu teknologi informasi terbaik saat ini yang menjadi suatu sarana pertukaran informasi dengan begitu cepat, mudah dan tanpa batasan. Suatu usaha atau perusahaan yang sudah memiliki sebuah website tentunya akan memudahkan pelanggan atau calon pelanggan untuk mencari informasi usahanya secara lengkap dan akurat dimanapun dan pastinya kapanpun. Tak hanya informasi saja bahkan saat ini transaksi melalui website sudah banyak dilakukan.


Karena itu website selain dapat menjadi tempat bermuaranya pelanggan dan calon pelanggan untuk mengumpulkan informasi suatu produk yang dijual sebuah perusahaan serta untuk tempat pemesanan secara online, juga dapat menjadi sumber passive income bagi seorang pebisnis. Bayangkan saja jika Anda punya website yang potensial dengan banyak visitor itu artinya pemasukan Anda tidak hanya datang dari pemesanan dan pembelian produk secara langsung saja melainkan Anda juga bisa mendapatkan passive income dari website tersebut ketika Anda daftarkan ke salah satu program PPC semisal Google Adsense. Sementara itu passive income yang lain dapat Anda terima ketika suatu website Anda dipasangi iklan atau melakukan kerjasama dengan perusahaan yang lain. Tentu ini akan menjadi suatu keuntungan ganda untuk Anda.


Kini ada banyak perusahaan besar yang sudah menjadikan website sebagai ladang menanam karya dan menanam uang. Lantas bagaimana dengan Anda? Masih ragu untuk mulai belajar membuat website yang potensial untuk bisnis Anda dan menjadi passive income terbaik Anda? Jangan lagi!


Atau sudah ingin belajar membuat website akan tetapi masih butuh kepercayaan diri lagi untuk memulainya demi kepentingan bisnis Anda? Oke! Disini kita akan bagikan beberapa alasan lain yang akan membuka pikiran Anda mengapa kami katakan website itu penting untuk pebisnis online. So, cek informasi selengkapnya berikut ini!


Suatu website akan mampu meningkatkan kredibilitas bisnis Anda


Kini memang seperti yang kita tahu bahwa semakin banyak orang yang memanfaatkan media internet untuk bisa mendapatkan informasi tentang suatu produk atau jasa. Mereka akan search produk yang diinginkan di Google demi mendapatkan informasi sedetail mungkin dan menghindari adanya suatu kemungkinan mendapatkan barang yang tidak sesuai ekspektasi. Karena itu tentunya bisnis Anda akan mendapatkan suatu keuntungan dengan memiliki sebuah website. Perusahaan yang terkesan sangat kredible akan Anda miliki. Buat tampilan website yang profesional dan jika perlu berikan form pemesanan di website tersebut agar pelanggan potensial Anda bisa segera untuk memesan kepada Anda tanpa kebingungan lagi. Ini juga salah satu strategi agar setelah pelanggan mampir di website mereka tidak meninggalkan Anda begitu saja melainkan bisa langsung menghubungi Anda dan menjadi pelanggan potensial yang membeli produk Anda.


Website akan membantu menghemat uang Anda


Seorang pemilik bisnis mungkin akan berpikir bahwa biaya untuk membuat suatu website profesional butuh biaya besar. Akan tetapi seperti yang kita bilang di awal bahwa biaya ini sebenarnya lebih menguntungkan karena suatu website butuh biaya hanya sekali saja dalam pembuatannya dan pemeliharaannya sementara tidak butuh biaya tambahan ke depannya. Anda bisa promosi dengan jangkauan lebih luas hanya dengan sekali biaya sehingga tentu website hadirnya akan membantu Anda menghemat biaya promosi. Anda bisa hemat budget dengan memiliki suatu website.


Website membuat Anda lebih hemat waktu


Memberikan informasi kepada pelanggan dapat memakan waktu cukup lama baik itu melalui telepon, janji temu, brosur atau email. Karena itu dengan memiliki suatu website Anda dapat memberikan semua informasi mengenai suatu produk atau jasa. Kemudian setelah website Anda selesai dibuat dan dapat berjalan sebagaimana mestinya, nanti semua informasi akan tersedia untuk pelanggan Anda bahkan Anda bisa lebih hemat waktu bersamanya.


Website memungkinkan Anda mencapai target pasar yang jauh lebih luas


Baik Anda yang menjual suatu produk atau jasa, website ini akan menjadi suatu tempat alternatif untuk menjual produk atau jasa tersebut. Website dapat menjadi suatu tempat yang benar – benar sempurna untuk menjual suatu produk ke pasar yang cakupannya juga bisa dikatakan jauh lebih luas. Bahkan juga bisa dipasarkan di luar negeri. Tentu ini akan menjadi suatu hal yang sangat bermanfaat untuk kepentingan bisnis Anda di jangka waktu yang panjang.


Dapat menjadi media promosi dan transaksi selama 24 jam penuh


Sebuah website yang dikelola dengan baik dapat mendatangkan konsumen baru kapan saja dengan jumlah yang tentu lebih banyak tanpa perlu mengganggu kesibukan Anda yang lain. Konsumen bahkan dapat masuk ke website kapan saja entah itu di siang hari atau di malam hari. Dengan menggunakan cara ini, konsumen bahkan dapat dilayani setiap saat selama 24 jam sehari. Hal ini juga yang kemudian menjadikan konsumen dapat merasakan berbagai kemudahan dan potensi untuk menjadi pelanggan setia Anda.


Website merupakan virtual asset bussiness


Segala macam hal yang menghasilkan suatu pemasukan adalah aset. Begitu juga dengan suatu website yang dapat memberikan income lebih kepada pengelolanya. Ini artinya bahwa nilai suatu bisnis juga sangat berharga. Jadi perlu adanya suatu usaha dari pemilik atau pengelola suatu bisnis demi merawat dan mengelola suatu website agar bisa tetap mendatangkan suatu pemasukan secara lebih berkelanjutan pada akhirnya.


Tertarik untuk memiliki website demi kepentingan usaha dan passive income Anda di masa datang? Lalu berapa sih harga sebuah website?


Kalau ditanya soal harga, website sangatlah murah. Anda hanya cukup beli hosting dan domain untuk memiliki suatu website dimana pembelian ini hanya dilakukan perbaruan setahun sekali atau tergantung Anda mau memperpanjangnya berapa bulan sekali karena biasanya ada pilihan 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun dan seterusnya. Dengan hal ini website dapat menjadi media promosi yang sangat hemat karena sekali saja Anda keluarkan biaya untuk pembaruan dan pemesanan setelah itu Anda bisa menikmati aksesnya untuk kepentingan promosi Anda. Bahkan dengan website seperti yang kita ucapkan di awal Anda bisa berpotensi mendapatkan passive income.


Atau mungkin masih ragu mengeluarkan uang untuk membeli website dengan dalih sosial media itu lebih menguntungkan lho! Membuat akun sosial media untuk promosi bisnis itu murah, tanpa biaya dan bisa dinikmati selamanya.


Eits, Anda yang berpemikiran demikian harus tahu juga bahwa tidak selamanya sosial media itu berpotensi. Sosial media juga memiliki sisi kelemahan. Apa sajakah kelemahan sosial media dibandingkan website? Mari kita telaah lebih dulu baru setelah itu kita simpulkan mau tetap menggunakan sosial media atau mengimbangi penggunaan sosial media dengan kepemilikan website untuk promosi usaha. So, check these out!


Sosial media tidak membantu calon konsumen menemukan bisnis Anda di search engine Google


Kebanyakan pengguna internet akan mencari suatu layanan atau produk melalui mesin pencarian Google karena dengan begitu akan lebih hemat waktu dibandingkan harus mencari satu persatu lini di masa media sosial. Dengan suatu website calon pelanggan akan memasukkan kata kunci yang ada kaitannya dengan produk Anda dan kemudian Google akan memberikan saran. Kebanyakan yang muncul untuk itu adalah alamat – alamat website yang sudah menempati page rank terbaik di halaman pertama Google. Karena itu potensi besar mereka yang bisa mendapatkan pelanggan melalui search engine Google tentunya mereka yang sudah bisa memiliki suatu website dan masuk di page one Google.


Tingkat kepercayaan konsumen


Tak akan mudah untuk seorang konsumen memilih suatu perusahaan penyedia barang atau jasa yang menawarkannya melalui sosial media saja. Bahkan banyak calon pelanggan yang lebih percaya kepada penyedia barang atau jasa yang sudah memiliki suatu website yang profesional, komunikatif dan memberikan informasi serta kontak secara jelas sehingga calon pelanggan juga dapat lebih percaya atas perusahaan tersebut demi melakukan pembelian. Banyak pembeli yang masih merasa ragu dengan informasi di sosial media dengan alasan ‘kemudahan pembuatan akun sosial media’ sehingga mereka mencari informasi lanjutan di search engine Google.


Kesulitan menginformasikan suatu produk secara detail


Sosial media merupakan tempat orang untuk berbagi informasi secara cepat dan singkat. Karena itu dengan demikian tak banyak hal yang Anda bisa sampaikan disana. Karena itu Anda mungkin juga akan kesulitan membagikan informasi tentang suatu layanan atau produk yang bisa Anda tawarkan secara detail melalui sosial media.


Di sosial media, Anda memang bisa memberikan layanan tanya jawab untuk melayani rasa ingin tahu calon pelanggan Anda. Akan tetapi apakah benar Anda punya banyak waktu melakukan hal itu? Ataukah Anda bersedia untuk membayar seorang staf khusus demi menanganinya?


Jadi seperti apa solusinya?


Untuk menjawab semua tantangan dan permasalahan tersebut, Anda harus memikirkan cara terbaik untuk melakukan suatu promosi penjualan. Anda harus membuat suatu website yang mobile friendly sehingga informasi tentang perusahaan dan penawaran secara khusus dapat diakses oleh calon pelanggan dengan jauh lebih jelas dan lengkap. Memang tak ada salahnya jika Anda memanfaatkan sosial media untuk membangun jaringan dan kemudian memperluas media pemasaran Anda.


Akan tetapi ada baiknya jika Anda memiliki suatu website yang mobile friendly untuk itu sehingga Anda bisa berbagi informasi tidak hanya melalui sosial media saja akan tetapi juga dapat dengan mudah Anda memberikan tautan yang berisi informasi produk atau layanan yang sudah tertulis di website tersebut. Tentu ini juga turut akan menghemat waktu dan tenaga Anda serta pastinya jauh lebih efektif untuk membantu pemasaran dan marketing promote bisnis Anda. Jadi miliki website yang mobile friendly dan pastinya SEO friendly dan dapatkan banyak manfaat dengannya.


Lantas bagaimana cara membuat website yang mobile friendly dan SEO friendly?


Gunakan konten yang berkualitas, belajar konten marketing juga perlu


Konten yang memiliki kualitas tinggi adalah konten yang secara konstektual relevan dimana nantinya akan memudahkan mesin pencari juga dalam menemukan website Anda. Jadi baiknya jangan Anda pernah sekalipun mengupload konten yang memiliki kualitas rendah dengan kata kunci yang acak.


Jika Anda bertujuan untuk promosi produk dengan website yang Anda punya maka strategi konten marketing perlu Anda tahu dan pahami. Buat konten yang sekiranya menarik, menghibur dan pastinya bisa menggiring pembaca untuk bertahan di website Anda dan kemudian pada akhirnya bisa berending untuk membeli produk Anda.


Anda juga perlu pahami beberapa ciri dari suatu konten marketing bisa dikatakan merupakan konten yang berkualitas. Ciri – cirinya sebagai berikut :



  • Buat suatu konten yang tidak lari dari topik tujuan

  • Cari konten yang memiliki arti jelas

  • Buat konten yang menghibur, menarik dan bisa menggiring pembaca untuk stay dan berending membeli produk yang Anda jual.

  • Tak perlu gaya bahasa yang rumit, yang penting mudah dipahami dan bersifat interesting.

  • Sisipkan video untuk keperluan SEO onpage sekaligus memberikan gambaran lengkap tentang produk Anda kepada pembaca. Buat video yang semenarik mungkin untuk kepentingan visualisasi produk yang Anda jual.

  • Berikan solusi di website Anda. Semisal nomor yang bisa dihubungi jika pembaca tertarik untuk membeli produk Anda dan juga atau bisa Anda sisipkan form pemesanan secara langsung di website yang dapat menjadi tempat pemesanan bagi pelanggan yang sudah mampir di website Anda.

  • Berikan gambar yang sesuai.


Perhatikan SEO onpage di website


Dalam kaidah SEO onpage, ada beberapa hal yang Anda perlu perhatikan meliputi internal linking, eksternal linking, keyword density dan LSI keyword. Tentang hal tersebut disini kita akan berikan penjelasan satu persatu.


Internal linking


Internal linking sangat membantu user untuk mencari apa yang dicari oleh user. Akan tetapi hindari memakai terlalu banyak internal linking karena hal ini juga akan berpengaruh pada user experience dan juga berpotensi memberikan penalty dari google pada website Anda. Jadi gunakan secukupnya saja dan jangan berlebihan. Internal linking juga menjadi salah satu kaidah yang dapat memperkuat antara halamana page website Anda yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.


External linking


External linking sangat membantu user untuk mencari suatu referensi secara lebih akurat. Namun tentukan sumber terbaik untuk external linking ini jangan sampai Anda malah memilih external linking yang tidak tepat karena tentu akan mengurangi nilai konten Anda.


Jangan terlalu khawatir dengan keyword density


Keyword density ini merupakan suatu intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel. Jadi jangan Anda gunakan keyword density secara berulang karena hal ini tentu akan menjadikan user tidak merasa nyaman dan Anda juga harus berhati – hati jika presentase keyword terlalu banyak karena tentu akan menyebabkan halaman Anda memiliki keyword stuffing yang tidak disukai oleh Google.


Sisipkan latent semantic indexing (LSI) keywords


LSI ini merupakan keyword lanjutan yang masih terkait dan saling berhubungan dengan keyword utama. Untuk mencari keyword – keyword LSI sendiri Anda bisa menggunakan Google Suggestion atau autocomplete.


Manfaatkan tag header


Seperti yang selama ini kita tahu bahwa search engine suka dengan suatu konten artikel yang memiliki tag header pada suatu website. Apalagi jika tag header dalam suatu konten artikel tersebut termuat pada paragraf pertama dan juga kedua di artikel. Jadi jangan Anda abaikan hal ini.


Gunakan sitemaps


Keberadaan fitur sitemaps pada suatu website akan memberikan sebuah indeks yang jauh lebih baik pada suatu mesin pencari. Bahkan pada suatu website dengan basis wordpress atau blogger sekalipun juga telah disediakan suatu plugin yang memiliki fungsi sama dengan suatu sitemaps.


Perhatikan desain yang cocok untuk seluler


Cara paling mudah untuk membuat suatu website yang SEO friendly adalah dengan Anda desain suatu website untuk bisa juga diakses melalui suatu perangkat mobile seperti halnya smartphone. Dengan demikian pengunjung tidak hanya terbatas pada penggunaan laptop atau komputer saja nantinya. Semuanya bisa mengakses website Anda.


Atau mungkin Anda merasa belum bisa membuat suatu website yang SEO friendly dan butuh partner untuk belajar?


Tenang saja! Saat ini sudah ada banyak tempat kursus buat website yang dapat menjadi solusi bagi Anda yang merasa butuh tempat belajar terbaik untuk meningkatkan kemampuan Anda. Ada banyak kelas belajar membuat website dengan banyak fasilitas yang diberikan kepada Anda bahkan ada yang menawarkan jaminan atau garansi belajar sampai Anda bisa.


Atau mungkin Anda malas belajar dengan banyak orang di kelas karena Anda adalah tipe orang yang tidak bisa belajar dengan banyak orang? Tenang saja karena tak semua tempat belajar buat website menyediakan fasilitas belajar untuk banyak orang di kelas, ada juga yang menyediakan fasilitas kursus private buat website. Namun tentu terkadang ada tempat kursus private buat website yang membandrol harga berbeda dengan harga kursus di kelas. Namun pastinya fasilitas juga akan setingkat dengan harga yang dibanderol kepada Anda.


Anda yang merasa belajar di kelas dengan banyak orang kurang efektif dapat memilih tempat kursus private buat website untuk tempat belajar dan menimba ilmu Anda. Namun baiknya jangan sekedar memilih tempat kursus private buat website apalagi hanya pertimbangan harga. Melainkan pilih tempat kursus private buat website yang menawarkan garansi sampai Anda bisa sehingga berapapun biaya yang Anda keluarkan nantinya, Anda tidak akan merasa rugi dengan hal tersebut.


Mau Belajar privat membuat website baiuk dengan platform wordpress maupun blogger dengan cara mudah tanpa ribet. silahkan chat dinomor Whatsapp saya.