Alasan Pentingnya Belajar SEO Bagi Pebisnis Online

Alasan Pentingnya Belajar SEO Bagi Pebisnis Online


Saat ini bisnis online memang menjadi sebuah bidang bisnis baru yang sangat digandrungi. Pangsa pasar yang luas, kemudahan penggunaan sarana online untuk berbagai bidang kebutuhan dan masih banyak lagi hal lainnya bisa Anda temukan dengan menjalankan bisnis online. Bahkan kini banyak orang berlomba – lomba untuk mulai merambah bisnis online di segala bidang mulai dari mereka yang ingin sesegera mungkin bergerak di bidang industri kreatif sampai dengan mereka yang ingin memasarkan barang dagangannya melalui bisnis online. Atau mungkin Anda salah satu orang yang juga sedang berpikir untuk menjadikan bisnis online sebagai bisnis sampingan atau bisnis utama Anda?


Jika iya, tentu sangat penting bagi Anda mulai membuat suatu toko online baik melalui website atau memanfaatkan sosial media sebagai sarana penunjang bisnis Anda. Keduanya bahkan dapat menjadi toko online yang berjalan beriringan untuk kesuksesan bisnis yang Anda jalankan. Namun spesifik tentang suatu website jika Anda ingin agar website tersebut optimal di mesin pencarian, teknik SEO yang tepat harus Anda pertimbangkan.


Sama halnya dengan penggunaan tagar di sosial media yang menjadi suatu teknik penting untuk diperhatikan agar produk bisa dicari lebih akurat dengan menggunakan tagar tersebut, SEO juga demikian fungsinya. Karena itu kami tekankan bahwa bagi Anda pebisnis online, belajar SEO adalah suatu hal yang sangat penting untuk Anda. Jika Anda masih berpikir dua kali tentang pentingnya belajar SEO berikut kami akan uraikan beberapa alasan pentingnya belajar SEO agar Anda semakin yakin untuk tidak menunda – nunda waktu dan belajar saat ini juga!



Pentingnya Belajar SEO Bagi Pebisnis Online


Bisa dibilang saat ini SEO memang sudah menjadi sebuah strategi marketing yang sangat ampuh dalam menjalankan bisnis online. SEO dapat menjadi suatu bagian yang sempurna dalam pengembangan bisnis online. Karena itu saat ini ada banyak pemilik toko online yang kemudian berusaha mengembangkan bisnisnya secara online dengan belajar SEO. Teknik dan strategi SEO yang tepat memang dapat menjadi suatu jawaban terbaik dalam pengembangan bisnis online.


Mengenai SEO, SEO sendiri merupakan hal yang memang ada baiknya Anda tahu jika Anda memiliki bisnis online yang mengandalkan traffic untuk bisa mendatangkan pembeli. Dengan Anda mengetahuinya tentu sangat mudah menguasai pasar secara online bahkan web Anda entah itu web untuk blogging atau web untuk jualan online Anda berpotensi menjadi yang pertama di halaman google. Bahkan dengan SEO Anda tidak hanya berpotensi mendapatkan active income akan tetapi passive income juga berpotensi untuk Anda kantongi. Mengapa demikian?


Dengan SEO Anda yang menjual barang melalui website bisa mendapatkan pelanggan yang berpotensi membeli barang dagangan Anda di website tersebut. Kemudian website yang sudah kebanjiran pelanggan dengan traffic yang semakin lama semakin meningkat berpotensi juga untuk dapat digunakan menerima passive income melalui PPC atau Pay Per Click dengan program adsense. Dengan demikian dua keuntungan sekaligus bisa Anda dapatkan yaitu menjual barang untuk mendapatkan active income melalui website dan mengikuti program PPC untuk mendapatkan passive income. Bagaimana? Ada banyak keuntungannya bukan dengan SEO?


Atau sekarang sudah mulai berpikir untuk belajar SEO? Eits, untuk belajar SEO itu tidak bisa sehari dua hari karena ada banyak teknik didalamnya yang harus dipelajari. Jika Anda adalah orang awam, tidak dianjurkan Anda belajar SEO secara otodidak apalagi jika Anda hanya mengandalkan pembelajaran dari chanel youtube satu ke chanel youtube yang lain. Mengapa?


Sebenarnya bukannya tidak boleh akan tetapi tidak dianjurkan karena ketika Anda hanya belajar SEO dari akun atau chanel youtube yang satu ke chanel youtube yang lain, kebanyakan para youtuber yang memberikan informasi SEO memiliki pemahaman, skill dan teknik SEO sendiri – sendiri. Itulah alasannya mengapa ketika Anda berpelancong dari chanel youtube yang satu ke chanel youtube yang lain untuk belajar SEO, akan Anda temukan perbedaan karakter pembelajaran, cara belajar dan teknik belajar. Jika hal ini selalu Anda dapatkan tentu hal ini akan membuat Anda berakhir pada kebingungan. Anda bisa bingung nantinya sehingga proses belajar SEO Anda tidak akan maksimal.


Lalu bagaimana solusinya? Sangat dianjurkan agar Anda mencari tempat kursus SEO agar Anda bisa dapatkan pembelajaran secara terarah, terstruktur dan jaminan untuk memberikan pengajaran dan pengarahan SEO sampai bisa. Atau mungkin Anda masih belum tahu dimana tempat kursus SEO yang berkualitas dan bagus?


Tenang saja! Sekarang ini mencari tempat kursus SEO sangat mudah. Anda bahkan bisa ketikkan di Google “tempat kursus private SEO” atau “kursus private SEO” disana akan muncul banyak rekomendasi tempat kursus yang dapat Anda pilih. Namun jangan asal – asalan dalam pemilihannya. Ada beberapa pertimbangan yang penting Anda tahu. Dan disini kita akan membahasnya!


Namun sebelum melancong ke pembahasan tips mencari tempat kursus private SEO, lebih baik Anda pahami dulu tujuan SEO sekaligus pentingnya belajar SEO agar Anda tidak ragu kembali untuk belajar dan semakin menambah semangat belajar Anda.


Mengenai tujuan SEO sendiri, tentu seperti dengan yang selama ini sering kita bahas bahwa tujuan SEO yang pertama adalah membuat pengunjung pergi dan datang ke web atau blog Anda. SEO membuat para pengunjung untuk mengarah ke blog Anda dan berkunjung ke blog Anda tersebut sehingga blog Anda dapat menjadi pasar tempat berkumpulnya para pengunjung. Web Anda akan berada di halaman pertama dan dengan cara ini ada banyak orang yang akan berkunjung ke web di halaman pertama tersebut. Sungguh menarik bukan?


Bila Anda ingin tahu lebih banyak dan ingin belajar SEo secara privat silahkan hubungi saya di nomor whatsapp:


Lantas benarkah SEO memang benar – benar penting untuk optimasi suatu web atau blog? Simak dulu ini!


SEO itu penting, semakin lama semakin banyak orang yang mencari produk atau jasa via pencarian Google


Berdasarkan data di tahun 2011, pengguna internet di Indonesia mencapai 55 juta orang. Kemudian meningkat di tahun 2013 mencapai 82 juta jiwa dan di tahun 2018 saat ini sudah berada diatas 150 juta jiwa. Dengan adanya data ini Anda masih berpikir bahwa SEO masih belum penting untuk kesuksesan suatu bisnis?


Anda harus tahu bahwa semakin lama pengguna internet semakin meningkat. Maka tentu akan semakin banyak juga orang yang menggunakan Google dalam mencari suatu produk atau jasa juga termasuk produk atau jasa yang tengah Anda tawarkan melalui website Anda. Jadi jika website Anda tidak di SEOkan, maka tentu Anda bisa mengalami kondisi mudah kehilangan calon pelanggan yang potensial di internet karena calon pelanggan Anda akan lebih memilih suatu website yang sudah berada di halaman pertama google. Dan website yang berada di halaman pertama google ini adalah website yang sudah terSEOkan.


Orang yang search via Google, rata – rata butuh dan siap beli


Jika berbicara mengenai marketing dengan seorang ahli pemasaran tentu setiap ahli pemasaran akan setuju bahwa prospek yang paling potensial adalah calon pembeli yang sedang urgent dan siap beli. Hal ini berarti bahwa dengan SEO Anda akan dapat meningkatkan penjualan secara online dengan begitu mudah. Biasanya perilaku masyarakat yang melakukan search di Google adalah mereka yang memang sedang urgent dan sedang butuh suatu barang atau jasa yang dicari atau diincarnya. Itu artinya bahwa kemungkinan terjadinya deal dalam kegiatan jual beli ini juga akan semakin besar jika Anda mendapatkan hot prospect seperti itu.


SEO adalah marketing low cost yang sangat efektif


Jika dibandingkan dengan channel pemasaran seperti halnya pameran atau exhibition, iklan media cetak, iklan di media elektronik dan juga channel pemasaran konvensional yang lain tentu SEO akan relatif lebih murah. Bahkan hal yang sama juga berlaku bagi Anda yang baru memulai bisnis kecil – kecilan seperti halnya bisnis UKM, small company, toko online atau yang lainnya. Dengan SEO walau Anda punya budget promosi yang terbatas, Anda bisa melakukan SEO sendiri (Do-It-Yourself SEO) – akan tetapi tentu hal ini bisa dilakukan jika Anda sudah memiliki suatu keahlian SEO.


Lantas bagaimana agar Anda bisa memiliki suatu keahlian SEO?


Mudah banget caranya! Caranya yaitu dengan ikut pelatihan atau kursus private SEO. Disana Anda akan dibimbing sampai bisa!


Akan tetapi jika Anda merasa kurang tertarik untuk ikut kursus private SEO, maka Anda bisa menggunakan jasa SEO yang saat ini banyak bermunculan. Jadi Anda akan sewa jasa mereka untuk menSEOkan blog atau website Anda. Biasanya mereka akan membanderol harga mulai dari ratusan sampai jutaan rupiah. Memang dengan Anda pesan jasa SEO, Anda tak perlu berpikir untuk SEO, tak perlu belajar dan bisa dapatkan blog SEO secara instan melalui jasa mereka tanpa susah payah.


Akan tetapi masalahnya adalah “ketika Anda butuh jasa SEO sewaktu – waktu dalam hal ini dengan intensitas urgent” sementara jasa mereka penuh dengan pesanan sehingga tidak bisa melayani Anda. Atau Anda kebetulan sedang tidak punya uang karena jika Anda memesan suatu jasa itu artinya Anda juga harus siapkan sejumlah dana sebagai upah timbal baliknya. Tentu hal ini akan sangat merepotkan bukan?


Karena itu kami anjurkan sekali lagi, pertimbangkan untuk mulai belajar SEO sendiri. Karena dengan belajar SEO sekali saja Anda sudah bisa merasakan manfaatnya seumur hidup. Berbeda dengan ketika menggunakan jasa maka jasa tersebut hanya bisa work sekali saja bukan seumur hidup seperti ketika Anda sudah memiliki ilmunya. Bahkan ilmu SEO di tempat kursus private SEO bisa Anda gunakan untuk bekal membuka kursus juga. Wow, menyelam sambil minum air pastinya!


Dengan SEO, calon pelanggan yang mencari Anda bukan sebaliknya


Anda lelah dan capek mencari klien dan mendapatkan banyak sekali penolakan karena itu? Atau mungkin karena penolakan tersebut sekarang Anda sudah mulai frustasi untuk mendapatkan klien? Eits, untuk seorang pebisnis frustasi adalah hal yang diharamkan.


Tenang! Dunia Anda masih belum buyar karena satu penolakan. Sekarang waktunya Anda dicari klien bukan mencari klien. Bagaimana caranya? Tentu caranya adalah dengan SEO.


Dengan SEO Anda tidak perlu menyodorkan lamaran kepada para pelanggan dan mencari pelanggan terus menerus melainkan dengan SEO Anda yang akan dicari oleh para pelanggan. Anda bisa buat suatu ranking website naik sampai dengan di halaman pertama Google untuk keyword – keyword yang memang banyak dicari dan juga relevan dengan produk atau jasa yang Anda miliki. Tentu dengan demikian, Anda bersama dengan bisnis yang Anda punya akan lebih mudah ditemukan oleh buyers yang potensial dari internet.


SEO dapat meningkatkan pengunjung website Anda


Seperti yang selama ini kita tahu bahwa tujuan dari SEO adalah meningkatkan pengunjung website Anda. Akan banyak orang yang berkunjung ke website Anda juga karena halaman website tersebut sudah dioptimasi dari sudut SEO yang akan membuatnya bisa berada di page terdepan dari mesin pencari Google. Tentu nantinya semakin depan halaman yang bisa Anda dapatkan, para pengguna internet juga bisa jauh lebih mudah untuk menemukan apa yang telah Anda tawarkan.


Dengan begitu ketika sudah semakin banyak konsumen yang berkunjung ke web Anda, maka potensi Anda untuk mendapatkan customer jauh lebih besar lagi. Pun begitu dengan target pengunjung yang telah Anda tetapkan pastinya akan lebih mudah tercapai. Bahkan Anda bisa mendapatkan lebih dari apa yang Anda telah targetkan sebelumnya.


Psikologi pencarian yang Anda harus tahu bahwa kini pengguna internet ketika mencari sesuatu yang dibutuhkan melalui suatu web, mereka akan ketikkan kata kunci untuk mendapatkan hal tersebut. Kata kunci akan menghasilkan berbagai blog setelah diketikkan dan banyak page yang juga menjadi rekomendasi akan tetapi para pengguna internet tidak akan memilih page selanjutnya sebelum page pertama mereka intip.


Karena itu ketika web Anda di halaman pertama tentu bisa jadi bahwa akan lebih banyak pelanggan yang berpotensi berkunjung ke web Anda yang berada di halaman pertama tersebut karena itu optimasi web agar tampil di halaman pertama lagi – lagi kami tekankan sangat penting. Selain itu pengguna internet juga akan lebih mudah mengingat brand bisnis Anda yang selalu muncul di awal mesin pencarian google. Ketika brand tersebut sudah tertanam, secara tidak langsung akan memberikan mindset ‘belilah produk saya’ di alam pikir pengguna. Hal yang sangat efektif dalam melakukan promosi bukan?


Anda harus tahu bahwa kini kompetitor Anda sudah melakukan teknik SEO


Coba search keyword yang terkait dengan suatu produk atau jasa di Google. Nantinya Anda akan menemukan banyak kompetitor sejenis yang akan bertengger disana. Kompetitor Anda ini telah melakukan SEO jika Anda belum melakukannya tentu Anda akan tertinggal satu langkah dengan mereka. Jadi jangan tinggal diam! Lakukan yang terbaik agar tidak kalah saing dan bisa menguasai pasar. Belajar SEO untuk menjadi mahir SEO demi kepentingan bisnis Anda adalah hal yang sangat penting!



Dimana Belajar SEO yang Terbaik?


Oke sekarang ini tentunya Anda sudah tahu apa saja manfaat dari belajar SEO untuk keperluan website dan peningkatan level bisnis Anda. Ya, kesimpulannya memang dalam bisnis online utamanya Anda yang melakukan optimasi bisnis melalui website dan ingin menduduki peringkat pertama di Google tentu SEO sangat penting. Karena itu belajar SEO bagi pebisnis online merupakan suatu kepentingan yang harus segera diwujudkan.


Lantas pertanyaan selanjutnya yang kemudian muncul adalah dimana Anda bisa belajar SEO yang terbaik?


Jika Anda sedang mencari tempat belajar SEO yang terbaik, saat ini sebenarnya ada banyak tempat belajar SEO yang dapat menjadi tempat terbaik untuk Anda. Ada banyak tempat kursus private SEO yang tersedia dan memfasilitasi kepada masing – masing orang untuk belajar SEO di tempat tersebut. Anda bisa memilihnya sebagai tempat belajar Anda. Namun dalam pemilihannya juga tidak boleh asal – asalan. Jangan sampai Anda asal pilih dan kemudian ternyata menemukan tempat belajar SEO yang masih belum terskema dengan pembelajaran yang terbaik karena jika hal tersebut terjadi tentunya Anda akan rugi dengan dana yang telah Anda keluarkan. Bahkan sudah ada tempat kursus private SEO yang memberikan pembelajaran dan pelatihan sampai 100% mahir di bidangnya. Bagaimana? Anda tertarik untuk bergabung belajar di tempat kursus private SEO?


Namun sebelum Anda benar – benar mendaftarkan diri, ada baiknya agar Anda tahu juga beberapa tips dalam memilih tempat kursus private SEO agar Anda tidak sampai salah pilih. Berikut beberapa tips belajar SEO bagi pebisnis online yang Anda harus tahu!


Pastikan website mereka di halaman pertama dengan keyword “Kursus Private SEO”


Coba Anda ketikkan di halaman pencarian Google dengan keyword “Kursus Private SEO”. Bagaimana hasilnya? Sudahkah tempat kursus yang Anda incar berada di halaman pertama google? JIka sudah, maka itu artinya mereka memang kompeten di bidangnya dan Anda bisa menjadikan pilihan. Akan tetapi jika mereka saja belum bisa berada di page pertama Google bagaimana mungkin kemudian mereka bisa membantu Anda untuk memiliki sebuah blog yang potensial dan berada di halaman pertama Google? Ini yang harus Anda pikirkan baik – baik sebagai bahan pertimbangan!


Cari tahu kisah sukses alumninya


Kebanyakan tempat kursus akan meletakkan testimoni alumni yang sudah berhasil untuk menempatkan situs mereka ke halaman pertama Google. Jadi coba Anda cek alumni tersebut. Cara mengeceknya salah satunya adalah dengan memanfaatkan Google Keyword Planner. Anda harus pastikan bahwa pengajar atau mentornya juga memiliki keahlian yang benar – benar mumpuni di bidang tersebut.


Jangan Anda hanya tergiur dengan iklan atau promosi yang bersifat menyesatkan. Cari informasi dan referensi sebanyak mungkin untuk menemukan tempat belajar SEO yang tidak hanya bagus akan tetapi juga yang memberikan materi pendidikan yang tidak hanya materi melainkan juga praktek – praktek sampai mahir.


Cari tempat kursus yang menyesuaikan dengan kebutuhan peserta didiknya


Ada baiknya untuk Anda menjadikan tempat kursus SEO tersebut sesuai dengan kebutuhan peserta didiknya. Secara garis besar SEO terdiri atas dua macam yaitu SEO on page dan juga SEO off page. SEO onpage mengutamakan teknik optimasi dari dalam website seperti halnya judul, tag, kata kunci utama dan kata kunci alternatif dan sebagainya. Sementara SEO off page memakai optimasi dari luar seperti halnya penanaman backlink, media sosial link, link building, dan berbagai media sosial yang lain. Baiknya juga Anda pastikan jika tempat kursus tersebut memberikan layanan kursus sampai bisa. Kalau memang perlu pilih tempat kursus yang menyesuaikan kebutuhan peserta didiknya sebagai pilihan utama.


Pahami materi apa saja yang diajarkan di tempat kursus


Terakhir yang juga perlu Anda pastikan sebelum benar – benar ikut kursus adalah cek materi yang akan Anda terima. Apakah materi sudah lengkap dengan semua step pengerjaan SEO yang diajarkan atau justru ada kelas – kelas lanjutan. Siapkan budget kemudian.


Demikian informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang pentingnya belajar SEO dan tips memilih tempat kursus SEO yang baik dan berkualitas. Semoga menjadi informasi yang menginspirasi Anda. Yuk belajar SEO sekarang juga dan raih banyak manfaatnya.