Mengetahui Berbagai Hal yang Pengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Bisnismu

Mengetahui Berbagai Hal yang Pengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Bisnismu


Kunci sukses dalam sebuah bisnis bukanlah produk yang berkelas akan tetapi indikator dari kesuksesan suatu bisnis meliputi kepuasan konsumen. Jika konsumen puas dengan produk yang dihasilkan dan pelayanan yang diberikan tentu saja sudah bisa dikatakan bahwa sebuah bisnis itu sukses. Lantas darimana seorang pebisnis bisa tahu konsumen puas atau tidak?


Research pasar dan pengetahuan tentang perilaku konsumen tentu perlu diketahui oleh seorang pebisnis guna mengukur puas tidaknya konsumen atas produk yang dihasilkan. Selain itu pihak pebisnis juga perlu tahu berbagai hal yang dapat berpengaruh pada kepuasan bisnis. Berikut berbagai hal yang pengaruhi kepuasan konsumen terhadap bisnis yang Anda harus tahu dan pahami. So, check these out!



Hal yang Pengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Bisnis 


Kualitas produk atau jasa yang dihasilkan


Apapun bisnis yang Anda punya entah itu yang berhubungan dengan produk atau jasa tentu kualitas perlu ditekankan. Produk yang terbaik adalah produk yang berkualitas dan kebanyakan konsumen dalam membeli suatu produk atau layanan jasa juga sangat memikirkan tentang kualitas tersebut karena tak ada konsumen yang mau mendapatkan barang yang kurang baik. Karena itu kualitas produk atau jasa perlu Anda tingkatkan dan jika memang produk atau jasa dari bisnis Anda adalah yang terbaik, pertahankan semua itu.


Kualitas pelayanan yang diberikan


Karena Anda seorang pebisnis maka Anda harus benar – benar memperhatikan pola pelanggan Anda. Pelanggan Anda tentunya sangat ingin agar Anda memberikan pelayanan dengan sebaik mungkin sesuai yang diharapkannya. Utamanya bagi perusahaan yang bergerak di bidang jasa tentu sangat penting untuk memperhatikan benar kualitas pelayanan karena hal ini juga sangat berpengaruh atas persepsi pelanggan terhadap bisnis yang Anda punya. Pelanggan yang puas tentu sangat memungkinkan akan kembali untuk menggunakan produk atau jasa yang sama. Karena itu hal ini penting Anda tekankan agar potensi repeat order dari pelanggan bisa terlaksana.


Perhatikan soal harga


Indikator dari kepuasan pelanggan yang selanjutnya juga ditentukan soal harga. Pelanggan akan membandingkan harga diantara beberapa brand. Jika memang produk atau jasa Anda memiliki harga yang relatif lebih murah akan tetapi memiliki kualitas, maka tentu pelanggan Anda akan merasa puas. Bahkan bisnis Anda akan bernilai lebih di mata pelanggan jika harganya sebanding atau berbanding lurus dengan kualitas yang diberikan. Karena itu sebagai seorang pebisnis jangan sampai Anda asal – asalan dalam menentukan harga.


Pengalaman pribadi


Pelanggan akan membandingkan pengalaman ia ketika menggunakan suatu produk dengan produk yang lainnya. Pelanggan akan membandingkan produk yang dibeli di Anda dan produk yang ia beli di tempat orang lain. Pelanggan juga akan membandingkan pengalaman pribadinya ketika mencoba suatu produk untuk pertama kalinya. Sehingga Anda harus memastikan diri bahwa produk Anda memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan produk pesaing dengan kualitas yang terjaga. Jadi Anda harus selalu memberikan pengalaman yang baik bagi pelanggan ketika berbelanja dan menggunakan produk milik Anda.


Perhatikan iklan


Dalam sebuah bisnis iklan memang memiliki peran yang sangat penting. Cara Anda dalam membuat promosi dan melakukan pemasaran tentu akan sangat berpengaruh atas ekspektasi pelanggan. Seperti halnya iklan produk Anda, para pelanggan yang melihat hal ini bisa jadi akan percaya dengan penawaran yang Anda miliki. Karena itu baiknya Anda jangan sampai membuat iklan yang tidak tepat atau berlebihan karena tentu imbas iklan akan secara langsung kepada penjualan produk Anda. Lakukan dengan yang terbaik.


Itulah berbagai hal yang pengaruhi kepuasan konsumen terhadap bisnismu. Jadi perhatikan baik – baik dan upayakan agar bisnis Anda diupayakan memiliki berbagai faktor yang berpengaruh tersebut.