Langkah-langkah Memulai Usaha Franchise kuliner milik sendiri

Langkah-langkah Memulai Usaha Franchise kuliner milik sendiri


Usaha franchise adalah salah satu usaha yang kini banyak digemari oleh para penggiat usaha di kalangan muda. Baik membuka usaha sebagai mitra usaha franchisor memulai  usaha franchise milik sendiri. Nah, ketika anda tertarik untuk memulai usaha franchise baik sebagai mitra maupun memulai franchise milik sendiri, maka anda harus mengetahui cara yang benar untuk menjalankan roda bisnis anda.


Tanpa pengetahuan yang benar, maka resiko yang anda tanggung juga bisa jadi lebih besar, terutama jika anda memilih untuk memulai usaha franchise dengan brand yang anda buat sendiri. Oleh karena itu, di artikel kali ini, saya akan memaparkan beberapa langkah untuk memulai usaha franchise milik sendiri




  1. Tentukan konsep dan model bisnis


Ketika anda memutuskan untuk memulai usaha franchise milik sendiri, maka anda harus menentukan konsep dan model bisnis. Hal ini penting karena usaha franchise identik dengan keseragaman antara berbagai mitra usaha anda. Kesamaan ini terdiri dari berbagai hal seperti bentuk kedai/ booth, desain booth, peralatan yang digunakan, kualitas produk, bahan, kemasan produk dan sebagainya.


Ketika anda membuka usaha franchise makanan, maka antara usaha yang anda pegang, cabang, dan mitra harus memiliki kesamaan bentuk dan desain kedai, bahan yang digunakan untuk membuat makanan, citarasa, cara memasak, peralatan, dan penyajian, dan sebagainya. Dengan begitu usaha anda akan dilirik oleh para mitra




  1. Melakukan kajian kelayakan usaha


Sebelum dinas atau pemerintah terkait memberi izin pada usaha anda, tentu mereka akan mengukur apakah usaha franchise yang anda dirikan memenuhi kriteria standar dan kualitas usaha franchise. Usaha franchise yang bagus adalah usaha yang bisa balik modal dengan kurun waktu yang sebebtar. Usaha franchise tidak bisa hanya menjadi trend dan laris di awal-awal pendirian saja, tetapi harus bertahan lama.


Hal ini karena dengan membuat usaha yang difranchisekan, anda tidak hanya bekerja sendiri. Ada mitra yang juga harus anda pikirkan. Ketika para mitra mengalami kerugian karena minat masyarakat terus berkurang, tentu itu akan berimbas pada usaha franchise milik anda.




  1. Membuat SOP untuk usaha franchise yang dibangun


Karena usaha franchise menuntut anda untuk membuat keseragaman antara mitra yang satu dengan mitra yang lainnya, maka saat anda memulai usaha franchise milik sendiri andapun harus membuat Standar Operasional Prosedur untuk usaha franchise anda sendiri. Pastikan ketika membuat SOP, standar tersebut tidak akan memberatkan para mitra. SOP yang anda buat terdiri dari standar kualitas bahan, standar cara penyajian, standar cara memasak makanan, dan kehigenisan makanan anda. Selain itu standar yang anda gunakan juga harus sesuai standar yang ditetapkan oleh BPOM dan MUI.




  1. Terus belajar pada ahlinya


Sebenarnya ini adalah langkah yang juga sangat penting ketika anda memulai usaha franchise milik sendiri. Anda harus mau belajar pada orang yang sudah sukses mendirikan usaha franchise. Selain untuk menggali pengalaman mereka dalam lika liku usaha franchise yang mungkin juga akan anda hadapi kedepannya, anda juga bisa belajar mengenai cara memilih mitra yang tepat dan bisa dipercaya serta cara-cara untuk mengembangkan usaha franchise yang anda punya.


Langkah ini bisa anda dapatkan melalui seminar bisnis, atau ikut dalam seminar kemitraan bisnis franchise yang diadakan oleh franchisor lain, maupun bertanya pada franchisor yang sudah sukses.


Nah, itulah beberapa langkah yang harus anda lakukan ketika anda memilih untuk memulai bisnis franchise milik anda sendiri. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.