Cara Mudah Buat Email Newsletter Profesional Buat Pelanggan

Cara Mudah Buat Email Newsletter Profesional Buat Pelanggan


Tahukah Anda, kira – kira seberapa pentingnya sih email newsletter untuk para pelanggan Anda? Perlu Anda tahu terlebih dulu bahwa email newsletter ini umumnya berisikan tentang informasi singkat tentang bisnis Anda yang nanti dikirimkan kepada para pelanggan secara rutin. Newsletter akan jadi alat komunikasi elektronik terbaik yang bakal menyebarluaskan informasi tentang bisnis Anda kepada pelanggan, dan ini sudah sangat umum diterapkan oleh perusahaan. 


Lebih jelasnya lagi, email newsletter berisi informasi tentang perusahaan, produk, promosi, survei pelanggan, penawaran spesial, artikel terbaru, dan hal lainnya yang bermanfaat bagi pelanggan pastinya. Dengan email newsletter maka pelanggan tak akan pernah ketinggalan informasi terbaru mengenai bisnis Anda. So, Anda sekarang sudah tahu kan seberapa pentingnya email nesletter bagi bisnis Anda untuk para pelanggan?


Tetapi, pastinya Anda juga butuh strategi jitu supaya nanti pelanggan Anda tertarik untuk berlangganan atau subscribe serta menerima email yang Anda kirimkan secara berkala tersebut. Anda harus bisa buat email newsletter yang profesional supaya informasinya bisa tersampaikan dengan baik kepada pelanggan.


Cara Mudah Buat Email Newsletter Profesional Buat Pelanggan


Harus terkonsep


Dikarenakan email newsletter ini akan dikirimkan di setiap minggu atau bulan secara berkala, sehingga Anda akan memiliki banyak waktu untuk membuat serta menyusun isi newsletternya dengan baik. Jadi, pastikan semua newsletter sudah terkonsep dengan sangat baik, mulai dari topik yang relevan, informasi singkat tetapi cukup jelas, hingga jadwal pengiriman nesletter itu sendiri.


Jangan pernah mengirim yang terlalu sering


Terlalu sering mengirim tentu akan membuat kontak masuk email pelanggan Anda penuh. Ini tentu akan berpotensi membuat newsletter Anda terabaikan atau tidak dibaca, khususnya bagi mereka yang terlalu sibuk jika harus memeriksa satu per satu email yang masuk. Jadi, kami sarankan agar Anda mengirim newsletter secara berkala, tetapi juga tidak terlalu sering. Akan lebih baik lagi jika Anda berfokus pada kontennya, supaya pelanggan selalu menanti dan juga tertarik untuk membaca newsletter Anda.


Selalu memperhatikan dengan baik kualitas kontennya


Apabila pelanggan Anda merasa puas dengan newsletter yang Anda kirimkan, kemungkinan besar mereka akan tertarik untuk baca newsletter yang berikutnya. Dengan konten berkualitas, newsletter Anda akan dianggap bernilai untuk selalu dinanti – nantikan. Sehingga secara otomatis isi email Anda bisa tersampaikan. Maka dari itu, silakan perhatikan semua konten dalam newsletter, baik tulisan atau pun desain visualnya.


Membuat judul semenarik mungkin


Agar email newsletter Anda langsung diklik para pelanggan caranya adalah dengan membuat judul semenarik mungkin. Seperti yang kita tahu bersama bahwa kotak masuk email pelanggan Anda pastinya berisikan banyak email penting. Makanya Anda harus pintar – pintar dalam merangkai judul di subjek email yang akhirnya bisa membuat penasaran dan berkesan personal. Sehingga email newsletter tersebut seolah – olah memang ditujukan pada pelanggan perorangan, padahal dikirimkan secara massal. Tapi, hindari juga membuat judul yang berlebihan.


Memudahkan unsubscribe


Pelanggan Anda memiliki hak untuk lakukan unsubscribe apabila mereka memang merasa tak lagi tertarik untuk menerima email dari Anda. Makanya, Anda harus memastikan ada button unsubscribe yang nantinya bisa diklik dengan mudah di sisi bawah newsletter. Apabila pelanggan Anda ada yang lakukan unsubscribe, maka Anda bisa menjadikan hal tersebut sebagai bahan evaluasi sehingga ke depannya bisa buat newsletter yang lebih bagus lagi.


Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mudah buat email newsletter profesional buat pelanggan. Semoga bermanfaat.