Tutorial Lengkap Menggunakan Google Adwords

Tutorial Lengkap Menggunakan Google Adwords


Salah satu metode yang digunakan para pebisnis untuk mengenalkan produknya adalah dengan beriklan. Mereka setuju bahwa iklan juga memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap penjualan produk. Seorang praktisi pemasaran ternama di Indonesia bernama Rhenald Kasali menjelaskan bahwa iklan merupakan sebuah pesan yang berisi penawaran suatu produk kepada masyarakat luas melalui media massa.


Media yang digunakan untuk beriklan sangat beragam seperti televisi, radio, Koran, majalah, dan lainnya. Belakangan ini, ada satu media yang paling banyak digunakan untuk beriklan yaitu internet, hal ini disebabkan pengguna internet yang meningkat dengan sangat drastis dari tahun ke tahun.


Ada banyak sekali platform online yang menyediakan tempat beriklan, salah satunya adalah fasilitas iklan google adwords.  Sesuai dengan namanya, platform ini merupakan salah satu produk google yang dibuat khusus untuk mengiklankan suatu produk atau jasa.


Kenapa harus menggunakan Google AdWords ?


Inilah pertanyaan yang menempel di benak para pebisnis, mungkin termasuk anda juga. AdWords memiliki banyak kelebihan seperti menentukan target iklan sesuai dengan waktu yang diinginkan, nama tempat, umur dan minat. Selain itu, anda juga bisa mengincar daerah atau wilayah jangkauan iklan lebih spesifik lagi, misalkan iklan anda hanya ingin ditayangkan untuk orang ataupun perusahaan yang memiliki minat atau bergerak di bidang kuliner yang berlokasi di kota Surabaya pada jam 13.00


Lihat, sangat efektif bukan ? jarang sekali media periklanan yang menyediakan data sangat detail seperti AdWords.


Sistem pembayarannya berupa deposit yang dipotong per klik, artinya saldo anda akan dipotong setiap ada yang melakukan klik iklan anda, jika tidak ada yang melakukan klik maka saldo anda tidak akan berkurang.


Bukan itu saja, biaya yang harus dikeluarkan untuk beriklan di AdWords jauh lebih murah dibandingkan biaya iklan di radio apalagi televisi. Jika anda sudah tidak sabar untuk beriklan meggunakan AdWords tapi masih belum tahu caranya, silakan ikuti tutorial lengkap menggunakan Google AdWords berikut ini :


Mendaftar Google Adwords


Buka google adwords kemudian isi semua kolom dengan lengkap. Jika anda kesulitan, silakan hubungi nomor telepon yang ada di pojok kanan bawah. Disana tertulis bahwa nomor telpon tersebut bebas pulsa.


Syarat utama untuk pendaftaran Adwords yaitu anda harus memiliki akun gmail. Ikuti semua langkah pendaftaran sampai selesai, setelah itu pihak AdWords akan mengirimkan link verifikasi ke email anda, klik link tersebut dan anda resmi memiliki akun Google AdWords.


Menentukan Metode Pemasangan Iklan Adwords


Setelah membuat akun Adwords, tahap selanjutnya membuat kampanye (campaign) untuk iklan produk atau bisnis anda.


Pada intinya, para pengguna google Adwords akan bersaing untuk menggunakan kata kunci yang paling sering diketik oleh pengunjung yang sesuai dengan produk atau bisnis mereka. Maka dari itu, sebelum memasang iklan, sebaiknya rencanakan dulu tujuan anda dalam memasang iklan.


Dalam Adwords, ada 3 metode pemasangan iklan tergantung dari tujuan pemasaran yang anda tentukan, yaitu :


Traffic/Jumlah Pengunjung


Jika tujuan anda memasang iklan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke situs atau toko online anda, maka metode pemasangan iklan Adwords yang tepat adalah CPC (Cost Per Clikck).


Dengan metode CPC, biaya pemasangan iklan ditentukan dari jumlah klik pada iklan Anda dikali maksimal biaya iklan yang anda pasang.


Brand Awareness


Jika tujuan pemasaran anda untuk memperkenalkan bisnis atau memperluas jangkauan bisnis maka metode CPM (Cost Per Mile).


Jadi, biaya pemasangan iklan akan dikenakan setiap 1000 kali tayang, artinya berapapun jumlah klik yang di dapatkan (100 klik, 200 klik atau 300 klik) selama 1000 kali tayang biayanya tetap sama.


Konversi dan Database


Sedangkan untuk anda yang ingin menghasilkan konversi penjualan produk dan mengumpulkan data base pembeli dengan memanfaatkan Adwords, sebaiknya gunakan metode CPA (Cost Per Acquisition).


Metode ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan CPC, dimana biaya pemasangan iklan akan dikenakan setiap ada yang melakukan klik pada iklan anda. Bedanya, Google Adwords akan berusaha mengoptimasi iklan anda sampai pengunjung memberikan data mereka (email, nomor telepon, nama, alamat, dll) hingga melakukan pembelian.


Membuat Kampanye Iklan di Adwords


Pertama buka masuk ke dalam akun google adwords anda.


Klik Tombol “Create Your First Campaign”


Pada menu ini ada 4 pilihan :


Search network only : iklan akan tampil di mesin pencari google, google image, google maps, google shop, dan google group.


Display Network : Iklan anda akan tayang di situs yang menjadi mitra google adsense, blogger, gmail dan youtube


Search Network with Display Select : Perpaduan dari search network dan display network


Shopping : iklan akan tayang di Google merchant


Online Video : Iklan anda akan tayang di youtube sebelum video dimulai, di pojok kanan atas ketka videodijalankan, dan juga di bagian paling atas dihalaman pencarian youtube.


Tulis nama kampanye pertama anda di kolom tersebut


Pilih Type : search network, display network, search network with display select, shopping atau online video.


Pilih tombol radio : standart


Tahap selanjutnya, masukan lokasi yang menjadi target pasar anda. Anda juga bisa menargetkan lebih spesifik lagi dengan memasukan nama daerah yang menjadi target pasar anda.


Pada bagian language, pilih bahasa yang memang sesuai dengan jenis atau tipe produk anda. Jika produk anda menargetkan warga Indonesia maka pilihlah Bahasa Indonesia, jika targetnya international maka pilihlah Bahasa Inggris (English).


Bid Strategy, masukan metode iklan yang akan anda pilih (CPC, CPM, CPA)


Default bid : Menentukan batas maksimum biaya yang dikeluarkan untuk bid strategy yang anda pilih


Budget : maksimal biaya yang dikeluarkan dalam sehari


Ad Extension : ini merupakan fitur tambahan dari google Adwords, anda bisa menambahkan alamat dan nomor telpon supaya bermanfaat untuk calon pelanggan anda.


Klik “Save and Continue”


Ad Groups : masukan jenis barang atau produk yang anda jual misal sepatu, baju, tas, mobil, rumah, dan lainnya.


Keywords : masukan kata kunci yang anda pilih. Misalkan anda menjual sepatu maka anda bisa memasukan kata kunci : “jual sepatu murah”, “sepatu grosir Jakarta”, “Toko sepatu online”


Ads (Pembuatan Iklan)


Iklan terdiri dari beberapa bagian yaitu Headline, description (line 1 &2), Display URL (tulisan yang nantinya akan anda masukan link di dalamnya), Destination URL (Url produk atau bisnis anda).


Setelah selesai klik save ad group


Konfigurasi Pembayaran (Billing)


Silakan anda lihat di pojok kanan atas, klik menu “billing”


Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data untuk verifikasi pembayaran. Isi data diri anda jangan sampai ada yang terlewatkan.


Memilih Sistem Pembayaran


Automatic Payment : metode pembayaran ini untuk pengguna kartu kredit. Iklan anda akan langsung berjalan begitu anda melakukan verifikasi kartu kredit. Iklan anda akan berhenti jika sudah mencapai limit yang sudah ditentukan. Bisa dibilang metode pembayaran ini disebut pasca bayar.


Manual Payment : Sedangkan untuk metode pembayaran ini, anda harus melakukan top up terlebih dahulu. Iklan anda akan membayara ketika top up sudah terisi dan akan berhenti secara otomatis ketika isi saldo top up anda sudah habis. Metode manual payment cocok untuk anda yang tidak memiliki kartu kredit.


Namun, memang harus diakui manual payment lebih merepotkan dibandingkan automatic payment, karena anda harus transfer dari bank local ke rekening googl adwords terlebih dahulu. Biasanya, transfer dana akan diterima sekitar 5-10 hari kerja, setelah itu bisa anda gunakan untuk beriklan.


Silakan anda ikuti semua tutorial cara menggunakan adwords diatas secara bertahap. Jangan lupa untuk mengukur efektifitas dari iklan yang anda pasang. Jika memuaskan, anda bisa menambah lagi biaya pemasangan iklan di Adwords. Selamat mencoba…!!