7 Alasan Kenapa Harus Menggunakan Adwords

7 Alasan Kenapa Harus Menggunakan Adwords


Jika anda mencari platform digital advertising yang paling direkomendasikan maka Google AdWords adalah jawabannya. Bagaimana tidak, platform iklan miliki perusahaan raksasa Search Engine ini memiliki data pengunjung internet mulai dari jenis kelamin, negara, kota, waktu hingga bidang atau minat yang disukai atau disebut Big Data.


Di era digital seperti sekarang ini, data merupakan tambang atau harta karun yang paling berharga, bahkan lebih berharga dibandingkan minyak bumi. Dengan memanfaatkan data pengguna internet maka anda bisa menjual produk apapun dengan mudah. Itulah yang dimanfaatkan oleh salah satu perusahaan digital terbesar di dunia Google Inc lewat platform iklannya bernama Google Adwords.


Google merupakan perusahaan mesin pencari terbesar di dunia yang terus berinovasi dengan mengembangkan berbagai layanan dan aplikasi digital termasuk Adwords di dalamnya.


Dengan menggunakan AdWords maka seluruh bisnis atau produk anda akan dipasang di seluruh jaringan google, mulai dari gmail, Youtube, dan tentunya di mesin pencari Google. Selain itu, iklan anda juga akan terpasang di berbagai blog, website ataupun portal berita yang terhubung dengan jaringan Google lewat Google Adsense.


Coba anda bayangkan, semua jaringan google ini merupakan yang paling banyak diakses oleh pengguna internet yang di seluruh dunia. Artinya, dengan memasang iklan di Adwords maka produk atau bisnis anda bisa Go international dengan cepat tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar sehingga jangkauan bisnis anda bisa semakin luas tanpa harus terbatas tempat dan waktu.


Khusus untuk iklan yang tayang di mesin pencari (search engine) Google nantinya akan disesuaikan dengan kata kunci yang diketik oleh pengguna internet. Jika mereka mengetik kata kunci yang sesuai dengan produk atau bisnis anda, maka iklan produk anda akan langsung muncul di bagian paling atas mesin pencari.


Anda tidak harus jago bahasa inggirs, karena google Adwords menyediakan fitur setelan bahasa khusus untuk anda yang hanya mengincar target pasar di wilayah Indonesia saja. Namun, jika ingin iklan yang anda tayangkan ingin dilihat seluruh dunia, tinggal ubah pengaturan bahasanya menjadi English yang memang menjadi bahasa international.


Ada banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan untuk perkembangan bisnis anda dengan menggunakan Adwords.


Jika anda masih ragu menggunakan google Adwords, sebaiknya anda simak 7 alasan kenapa harus menggunakan google adwords berikut ini :


Jaringan Iklan yang Besar


Bukan rahasia umum lagi jika Google Adwords memiliki jaringan iklan yang cukup besar seperti youtube, google mart, playstore, dan juga situs yang menjadi mitra adsense. Dengan jaringan sebesar ini tentunya iklan yang anda pasang akan sangat efektif untuk mendatangkan pengunjung atau trafik yang potensial ke situs atau toko online anda.


Hal ini dikarenakan iklan milik anda ditayangkan pada situs dan video jaringan google yang memiliki tema sejenis dengan produk atau bisnis anda. Sehingga, pengunjung yang datang ke situs anda sesuai dengan target pasar anda.


Biaya Iklan yang Sangat Kecil


Jika dibandingkan dengan beriklan di Baliho/ billboard, Radio apalagi televisi tentu saja beriklan di Google Adwords jauh lebih murah. Anda hanya perlu membuat akun dan menyiapkan dana mulai dari RP 100.000 saja untuk beriklan.


Sesuaikan dengan budget anda. Jika penjualan anda semakin meningkat setelah memasang iklan, jangan ragu untuk menambah lagi saldo iklan anda agar keuntungan anda semakin besar.


Tidak Terikat Kontrak Iklan


Tidak seperti ketika beriklan di televisi ataupun radio dimana anda harus membuat kontrak kerjasama terlebih dahulu dan mengatur jadwal tayang. Di google Adwords, anda tinggal membuat akun kemudian mengatur jenis iklan yang dipasang, melakukan pengisian top up saldo dan iklan anda suda siap tayang.


Namun, tetap ada peraturan yang wajib ditaati oleh semua pemasang iklan yang bisa dibaca di menu TOS (Terms Of Service). Jika ada salah satu peraturan yang dilanggar maka sewaktu-waktu akun anda bisa dibekukan atau bahkan dibanned oleh pihak Adwords.


Kontrol Penuh Biaya Iklan


Biaya pemasangan iklan dikontrol penuh oleh anda sendiri, jadi anda bisa menghentikan pemasangan iklan setiap saat ketika anda sedang tidak memiliki dana. Selain itu, anda juga dapat mengontrol maksimum biaya yang anda keluarkan untuk setiap kata kunci yang menjadi target anda.


Biasakan untuk selalu mengukur biaya yang dikeluarkan dengan hasil yang di dapatkan. Jika memang keuntungan yang anda dapatkan belum maksimal, cobalah untuk riset keyword yang lebih potensial.


Menentukan Sendiri Lokasi Target


Keuntungan lainnya jika anda menggunakan google Adwords yaitu bisa menentukan sendiri lokasi untuk menampilkan iklan anda secara detail. Lokasi yang bisa ditentukan meliputi Negara, Provinsi, Kota, Wilayah, hingga nama jalan.


Dengan begitu, jangkauan promosi bisnis anda akan semakin luas hingga ke pelosok daerah dan dapat meningkatkan jumlah kunjungan ke situs atau toko online milik anda. Dengan begitu, brand awareness dari bisnis anda akan terbangun secara bertahap.


Pengunjung Berkualitas (Quality Traffic)


Dengan pemetaan yang baik untuk setiap tayangan iklan maka pengunjung yang datang ke situs anda sangat berkualitas, bukan hanya sekedar mampir atau asal buka situs anda. Para pengunjung membuka situs anda karena memang mereka butuh bukan sekedar iseng belaka, sehingga dapat meningkatkan penjualan produk anda.


Menduduki Halaman Pertama Google dengan Cepat


Biasanya, untuk menempati halaman pertama mesin pencari google sangat lah sulit. Nah, dengan beriklan di Adwords, anda bisa langsung masuk ke halaman 1 goolge sesuai dengan kata kunci yang telah anda persiapkan sebelumnya.


Nantinya, ketika ada pengguna internet yang mengetik “kata kunci” yang berhubungan dengan bisnis anda maka website, blog ataupun situs perusahaan akan langsung bertengger di halaman 1 google tepat di bagian paling atas dan bagian paling bawah situs dengan label “Ads” di pojok atas kiri.


Namun, iklan anda akan tayang selama saldo topup anda masih ada dan hanya pada waktu tertentu saja. Jika anda ingin situs anda selalu berada di halaman 1 google sebaiknya mulai mempelajari tentang Search Engine Optimization (SEO).


Google Adwords juga menyediakan bantuan berupa telepon bebas pulsa dan fitur chating yang ada di pojok kanan bawah website bagi para pengguna yang kesulitan ketika mengakses akun ataupun pada saat memasang iklan. Mengingat saat ini google sudah membuka cabangnya di Indonesia, maka tersedia juga layanan bantuan menggunakan bahasa Indonesia.


Dengan membaca 7 alasan kenapa anda harus menggunakan adwords di atas, tentunya anda tidak perlu bingung atau ragu lagi untuk menggunakan platform iklan ini, karena memang sudah terbukti mampu memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap suatu bisnis, baik itu pengaruh terhadap penjualannya ataupun dari banyaknya pengunjung yang datang.


Pikirkan dengan matang tapi jangan terlalu lama, karena kompetitor anda di luar sana mungkin akan atau bahkan sudah mengambil keputusan untuk memperluas jangkauan bisnisnya dengan memanfaatkan google Adwords.