Mau Jualan Pakai Teknik SEO Aja!

Mau Jualan Pakai Teknik SEO Aja!


Banyak orang beranggapan bahwa cukup dengan membuat website berarti sudah bisa membangun sebuah kerajaan bisnis online. Pada kenyataannya, tidak semudah itu, karena website yang sudah selesai dibuat bukan berarti bisa langsung menghasilkan keuntungan.


Tahapan selanjutnya yang harus dilakukan oleh pemilik website adalah mendatangkan pengunjung atau traffic, semakin banyak pengunjung yang datang maka semakin besar potensi terjualnya produk anda. Salah satu cara untuk mendatangkan dan meningkatkan jumlah pengunjung adalah dengan metode Search Engine Optimization (SEO).


Dengan metode SEO, maka situs atau toko online yang anda miliki bisa masuk ke halaman pertama mesin pencari Google atau di mesin pencari lainnya. Sehingga, website anda lebih mudah untuk ditemukan oleh pengguna internet.


Metode SEO ini memiliki peran yang cukup besar bagi dalam meningkatkan penjualan suatu toko online atau website. Hampir semua Ecommerce besar seperti Lazada, tokopedia dan bukalapak menggunakan metode ini untuk menjaring para pengguna internet yang hobi belanja online untuk datang ke situs mereka.


Mungkin saat ini anda masih ragu dan mempertanyakan seberapa besar peran seo terhadap penjualan produk, tidak perlu bingung, berikut ini penjelasannya :


Memperkenalkan Brand Bisnis AndaStrategi pemasaran agar brand bisnis anda bisa dikenal banyak orang disebut brand awareness. Salah satu cara menerapkan strategi brand awareness di dunia maya adalah dengan melakukan optimimasi situs agar bisa tampil di halaman pertama mesin pencari sehingga bisa ditemukan dengan mudah oleh pengguna internet. Pada akhirnya, website anda dikenal banyak orang dan merek bisnis anda menjadi terkenal.


Mendatangkan Lebih Banyak Pengunjung


Sebuah website yang dibuat secara profesional harus disertai dengan penerapan SEO yang baik di dalamnya. Tujuannya, supaya website anda bisa tampil sempurna di halaman pertama mesin pencari, menduduki posisi teratas. Sehingga mudah ditemukan oleh pengguna internet yang mencari informasi mengenai produk yang anda jual melalui mesin pencari. Dengan begitu, jumlah pengunjung website anda akan bertambah setiap harinya.


Promosi 24 Jam


Apabila anda menerapkan teknik SEO dengan benar maka traffic website akan meningkat secara signifikan dengan banyaknya penelusuran atas keywords yang anda targetkan. Selain itu, SEO juga bisa menjadi sarana berpromosi selama 24 jama, karena produk anda tetap berada di halaman pertama mesin pencari selama 24 jam penuh sehingga website anda akan terlihat kapanpun pengguna internet mengakses mesin pencari untuk mencari informasi yang berhubungan dengan website anda.


Pengunjung Lebih Senang Mengunjungi Website Yang Menempati Halaman Depan Mesin Pencari


Perkembangan internet sekarang ini sangat mempengaruhi cara berbelanja ngseseora. Pengunjung tidak perlu susah mencari toko untuk membeli produk yang mereka butuhkan, cukup dengan membuka laptop atau smartphone mereka sudah bisa mencari produk yang diinginkan. Kebanyakan pengunjung akan mencari menggunakan mesin pencari seperti google, bing, yandex, dan lainnya.


Faktanya, pengguna internet lebih senang mengunjungi website yang berada di urutan 10 besar halaman pertama mesin pencari karena langsung terlihat dan bisa langsung di klik bagian judulnya.


Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan


Website yang berada di halaman pertama mesin pencari biasanya memiliki trafik atau jumlah pengunjung yang melimpah. Semakin banyak pengunjung yang datang maka penjualan di website atau toko online anda juga semakin meningkat secara signifikan.


Penjualan Produk Lebih Stabil


Website atau toko online yang dioptimasi dengan baik memiliki nilai penjualan yang sangat stabil karena setiap pengunjung yang mencari produknya melalui mesin pencari bisa langsung ditemukan, kalaupun terjadi penurunan penjualan, nilai penurunannya tidak terlalu parah.


Produk Memiliki Jangkauan yang Luas


Dengan menggunakan internet, jangkauan produk yang anda jual akan lebih luas hingga ke seluruh pelosok dalam negeri, karena sekarang ini jaringan internet banyak yang sudah masuk ke pedalaman ataupun perkampungan. Bahkan, anda juga bisa menjual produk hingga ke mancanegara loh.


Segmen Pasar yang Tertarget


Dengan menggunakan metode SEO, pengunjung yang datang ke website anda adalah pengunjung yang benar-benar mencari produk anda, bukan yang hanya sekedar iseng ataupun salah membuka website. Dengan begitu, anda pun bisa menawarkan produk dengan mudah, terkadang pengunjung yang langsung memilih produk yang mereka inginkan tanpa harus ditawarkan.


Menjadi Pemenang dalam Menghadapai Persaingan Bisnis


Menguasai halaman pertama mesin pencari ternyata dapat menjadikan bisnis anda tahan banting dan mampu menjadi pemenang dalam menghadapi persaingan bisnis yang cukup ketat.


Studi kasus yang cukup menarik yaitu banyaknya ecommerce yang berhasil menguasai halaman pertama mesin pencari untuk kata kunci “jual” dan “beli”.


Ecommerce tersebut mampu bersaing dengan retail besar yang ada di mall, bahkan memperoleh keuntungan yang sangat besar. Dan yang akhirnya terjadi justruk kebalikannya, banyak perusahaan retail besar yang akhirnya tutup karena sekarang ini Ecommerce lebih diminati oleh para pembeli.


Membuat Database Pelanggan Menjadi Lebih MudahPengunjung yang datang melalui mesin pencari adalah pengunjung yang tertarget, sehingga anda bisa mengumpukan data mereka untuk anda manfaatkan dikemudian hari, entah itu untuk promosi, pemberitahuan event, dan lainnya.Database pelanggan yang sering dikumpulkan biasanya berupaa nama, no hp, email, produk yang dibeli, alamat rumah, dan lainnya.


Manfaat data tersebut yaitu bisa digunakan sebagai alat untuk mempromosikan produk anda, selain itu juga sebagai sarana untuk membangun komunikasi yang baik dengan pembeli. Namun, pengunjung tidak begitu saja memberikan data diri mereka, anda harus memberikan sesuatu yang menarik agar mereka mau memberikannya. Misalkan, dengan memberikan promo diskon, ebook dan software gratis, souvenir, cashback, dan lainnya.


Gunakan form newsletter untuk menjaring data pengunjung. Pasang form tersebut sebagai pop up. Artinya, form tersebut langsung muncul di halaman depan website ketika pengunjung membuka website atau toko online anda pertama kali.Ada banyak sekali manfaat SEO yang bisa dirasakan oleh semua pebisnis online.


Semua pelaku bisnis online dapat merasakan manfaat SEO jika website yang mereka miliki dioptimasi dengan cara yang benar dan tidak melanggar peraturan yang ditetapkan oleh setiap mesin pencari.


Dengan menggunakan metode SEO, tentunya keuntungan yang didapat dari website bisnis milik anda dapat mengalami peningkatan dari sebelumnya.


Dengan melihat semua penjelasan diatas, maka terjawab sudah pertanyaan anda tentang seberapa besar peran seo terhadap penjualan prouduk. Mesin pencari khususnya Google memberikan pengaruh yang sangat basar terhadap pelaku bisnis di dunia maya.


Tidak sedikit pengusaha online yang meraih kesuksesan dengan memanfaatkan mesin pencari sebagai sarana pemasaran bisnisnya. Selain itu, tidak bisa dipungkiri lagi jika mesin pencari juga membantu banyak orang untuk mendapatkan penghasilan yang layak guna menunjang perekonomiannya.


Search Engine Optimization (SEO) bisa digunakan untuk berbagai jenis website seperti portal berita, toko online, blog, ecommerce dan situs lelang. Metode ini bukan hanya bermanfaat untuk meningkatkan penjualan produk tapi juga bisa digunakan untuk menambah pembaca pada situs portal berita, meningkatkan interaksi sesama pengguna blog dan lainnya.