Cara Mudah Memulai Bisnis Sampingan Untuk Para Karyawan

Cara Mudah Memulai Bisnis Sampingan Untuk Para Karyawan


Jika Anda sudah bekerja namun Anda masih ingin memulai bisnis sampingan, Anda tidak sendirian. Separuh orang dewasa yang bekerja melaporkan bahwa mereka memiliki bisnis atau ingin memulai bisnis. Ada banyak alasan bagus mengapa karyawan paling stabil pun ingin belajar bagaimana memulai bisnis sampingan, dan bahkan jika mereka tidak memiliki rencana untuk berhenti dari pekerjaan harian mereka.



Tantangan dari Bisnis Sampingan


Dengan semua manfaat yang Anda dapatkan dari bisnis sampingan, mengapa tidak semua orang yang menginginkan bisnis sampingan benar-benar memulai, apalagi berhasil dengan yang satu? Ini karena memulai bisnis melibatkan banyak tantangan, dan tantangan ini menjadi rumit jika Anda sudah menghabiskan sebagian besar hari kerja Anda sebagai karyawan. Berikut beberapa masalah dan rintangan yang dapat Anda harapkan:




  • Anda akan bekerja dengan waktu dan energi yang terbatas. Karena Anda akan bekerja sebagai pekerja harian dan menyimpan sebagian besar kewajiban pribadi Anda yang lain, kemungkinan besar Anda tidak akan dapat menghabiskan banyak waktu untuk bisnis sampingan Anda seperti yang Anda inginkan. Ini bisa membuat kemajuan terasa lambat dan, jika Anda kehabisan tenaga dari bekerja terlalu banyak, itu dapat menurunkan semangat Anda juga.

  • Perhatian Anda akan sering terbagi. Memiliki bisnis sampingan dapat menarik perhatian Anda dalam berbagai arah. Misalnya, ketika mengerjakan bisnis Anda, Anda mungkin merasa bersalah bahwa Anda tidak mengerjakan "pekerjaan nyata" Anda atau menggunakan waktu yang seharusnya dihabiskan bersama keluarga Anda. Hal sebaliknya bisa terjadi juga Anda mungkin merasa frustrasi ketika Anda tidak dapat menggunakan waktu luang Anda untuk bisnis sampingan Anda.

  • Ada kurva belajar yang curam. Bagi mereka yang memiliki sedikit pengalaman atau pengetahuan dalam memulai bisnis, memulai pertunjukan sampingan dapat terasa mengintimidasi karena semua keterampilan yang Anda butuhkan untuk belajar bertahan hidup.


Tantangan ini ada bahkan untuk pengusaha yang lebih berpengalaman. Tidak peduli seberapa berpengalaman Anda di bidang Anda atau dalam memulai bisnis, karena tidak ada dua bisnis yang persis sama, masih banyak yang harus dipelajari tentang memulai bisnis sampingan yang spesifik ini . Akan selalu ada komplikasi dan masalah tak terduga yang hanya Anda kuasai melalui pengalaman.



Cara Memulai Bisnis Sampingan: Langkah demi Langkah


Mengingat manfaat dan tantangan di atas, jika Anda merasa bahwa memulai bisnis sampingan tepat untuk Anda, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ambil yang dapat meningkatkan peluang keberhasilan Anda:



Langkah 1: Rencanakan Jadwal dan Strategi Anda


Punya perhitungan waktu dan energi yang realistis untuk meluncurkan dan menjalankannya, dan bandingkan dengan berapa banyak waktu dan energi yang Anda miliki untuk merilisnya. Ini akan memberi Anda garis waktu realistis untuk bekerja dengannya.



Langkah 2: Teliti Pelanggan Anda


Biasanya, ketika orang berpikir tentang memulai bisnis, mereka mulai dengan sebuah ide. Ini berarti bahwa jika mereka belum memiliki ide, mereka tidak dapat memulai bisnis. Untuk membebaskan diri dari keterbatasan ini, pertimbangkan untuk memikirkan pelanggan terlebih dahulu. Siapa yang Anda ingin bisnis Anda layani? Apa yang mereka butuhkan?



Langkah 3: Buat dan Uji Ide Bisnis Anda


Sekarang Anda tahu banyak tentang pelanggan Anda, jenis produk atau layanan apa yang akan mereka minati? Lakukan brainstorming menggunakan informasi yang sudah Anda miliki. Jika Anda sudah melakukan brainstorming atau jika Anda sudah memiliki daftar ide bisnis yang cocok untuk target pelanggan Anda, sekarang saatnya untuk mulai menguji validitas ide-ide ini. Pada akhir tes ini, Anda perlu tahu yang menawarkan target pelanggan Anda akan bersedia membayar.



Langkah 4: Buat Produk atau Layanan Minimum Anda yang Layak


Di sinilah Anda mengambil semua yang telah Anda pelajari dan lakukan sejauh ini dan mulai membuat produk atau layanan yang akan Anda jual. Karena ini adalah bisnis sampingan, sebaiknya buat "produk minimum yang layak" terlebih dahulu, versi paling sederhana dari apa yang Anda rencanakan untuk dijual. Pada tahap ini, Anda tergoda untuk sepenuhnya menyempurnakan produk Anda, tetapi melakukan hal itu akan menjadi perjudian dan dapat mengalihkan perhatian Anda dari tujuan langsung Anda: Membuat bisnis sampingan Anda menguntungkan sedini mungkin.



Langkah 5: Mulai Jual


Untuk bisnis baru, biasanya adalah ide yang baik untuk beralih ke orang yang Anda berkonsultasi saat membuat produk atau layanan Anda dan benar-benar menjualnya kepada mereka. Karena Anda sangat mengenal tujuan, keinginan, dan tantangan mereka, Anda akan tahu persis bagaimana tawaran Anda sesuai dengan kebutuhan mereka. Sebagai alternatif, Anda dapat membuat pengumuman, menempatkan iklan murah, atau mempromosikan penawaran Anda di ruang-ruang tempat pelanggan target Anda cenderung berkumpul, baik offline atau online.



Langkah 6: Evaluasilah Kemajuan Anda


Setelah Anda melalui proses penjualan Anda, pelajari kemajuan Anda sejauh ini. Apakah Anda mencapai sasaran penjualan Anda? Apa situasi atau keputusan utama yang berkontribusi pada hasil itu? Di mana Anda paling kesulitan? Kembali dan ulas setiap langkah yang telah Anda ambil sejauh ini dan lihat bagian mana yang dapat Anda lakukan dengan lebih baik dan akan lebih baik lagi di lain waktu.