Cara Menggunakan Pinterest Untuk Bisnis Anda

Cara Menggunakan Pinterest Untuk Bisnis Anda


Pinterest adalah jejaring sosial yang berfokus pada kekuatan gambar. Karena sangat berbeda dari mitra media sosialnya, yaitu Twitter dan Facebook, seperangkat aturan baru dan praktik terbaik berlaku ketika menggunakannya untuk bisnis kecil Anda. Meneliti bagaimana pemilik bisnis kecil lainnya menggunakan Pinterest sangat penting. Seiring dengan penelitian, penting untuk memiliki rencana pemasaran yang dikembangkan dengan baik terlebih dahulu.


Kemudian Anda dapat mulai memasukkan aktivitas media sosial baru ke dalam strategi pemasaran Anda. Jika Anda tidak memiliki rencana pemasaran atau perlu memperbaiki yang sudah ada, tinjau  tutorial rencana pemasaran  untuk bantuan tambahan. Ketika Anda siap untuk memulai dengan Pinterest, pertimbangkan tujuh gagasan ini untuk mendapatkan inspirasi dan untuk membantu Anda menggunakan Pinterest untuk mempromosikan bisnis Anda dan memperkuat merek Anda secara online.



1.     Promosikan Produk Anda


Jika Anda menjual produk fisik, salah satu cara paling jelas untuk menggunakan Pinterest adalah berbagi gambar dari produk tersebut. Foto Anda dapat menampilkan berbagai variasi warna dan gaya dan bahkan foto pelanggan Anda menggunakan produk Anda. Untuk menunjuk pin sebagai produk, tambahkan harga dengan tanda jumlah harga ke deskripsi produk Anda. Ini juga akan memungkinkan mereka untuk masuk ke bagian hadiah Pinterest .



2.     Fitur Posting Blog Anda


Blogger menggunakan Pinterest untuk menyorot entri blog mereka , dan membuat direktori visual konten yang mereka terbitkan. Untuk ini, Anda perlu menggunakan foto atau grafik lain di blog Anda sehingga Pinterest memiliki gambar yang tepat untuk ditarik ketika posting Anda disematkan.



3.     Bagikan Video


Promosi video bekerja persis sama dengan promosi blog, kecuali Anda dapat menyematkan video Anda langsung ke Pinterest. Kita semua tahu bahwa video online bisa sangat kuat untuk pemilik usaha kecil, jadi ini adalah cara sempurna untuk menggunakan Pinterest bagi banyak orang.



4.     Lakukan Riset Pasar


Setelah Anda memahami pin, saatnya untuk melihat apa yang terjadi setelah Anda menyematkan sesuatu. Apakah orang-orang menyukai atau mengembalikannya? Apakah Anda mendapatkan pengikut baru? Lihatlah profil siapa saja yang berinteraksi dengan pin Anda untuk melihat siapa mereka, apa yang mereka lakukan, dan apa kepentingan lain yang mungkin mereka miliki. Ini adalah cara yang bagus untuk menyesuaikan konten yang Anda pasang ke depannya.



5.     Buat Ruang untuk Kolaborasi


Pinterest juga bisa menjadi aktivitas grup. Anda dapat menunjuk papan yang merupakan ruang kolaborasi dan menambahkan kontributor untuk penyematan dan diskusi kelompok. Ini adalah cara sempurna untuk membawa tim Anda bersama-sama untuk bertukar pikiran, berbagi ide, dan belajar dari satu sama lain.



6.     Perluas Situs Web Anda


Aktivitas Anda di Pinterest tidak harus mandiri. Anda dapat menggunakan Pinterest untuk membangun aktivitas pemasaran online lainnya yang Anda lakukan dalam bisnis Anda. Salah satu idenya adalah untuk membuat versi visual dari konten statis yang sudah Anda miliki di situs web perusahaan Anda. Anda dapat membuat papan "Tentang Kami", testimonial, dan bahkan mendokumentasikan sejarah bisnis Anda dalam foto.



7.     Soroti Klien, Kolega, dan Orang Lain


Meskipun sasaran Anda mungkin untuk mempromosikan bisnis Anda sendiri dan mengarahkan lalu lintas ke situs web atau blog Anda, Anda juga harus mempertimbangkan untuk membuat papan yang menyoroti gambar, konten, dan informasi hebat dari orang lain.


Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan membuat papan yang menampilkan klien atau pelanggan Anda sendiri. Anda juga dapat membuat papan umum yang menarik bagi audiens target Anda dan pin berbagai gambar dari sejumlah sumber daya yang berbeda. Contoh yang bagus adalah papan yang berisi pin yang dikaitkan dengan berbagai  saran pemasaran.


Anda tidak hanya ingin memiliki pin yang dirancang dengan baik untuk dibagikan, Anda juga ingin mendukung orang lain dengan menyematkan konten mereka. Ingat untuk membuatnya tetap relevan dengan bisnis Anda dan papan yang telah Anda buat. Ini akan membantu Anda mendapatkan pemirsa dan pengikut baru. Salah satu strategi adalah membuat dan bergabung dengan papan grup untuk membangun komunitas kecil pinners di Pinterest. Seiring waktu ketika Anda mendapatkan pemirsa, Anda mungkin akan diundang untuk bergabung dengan papan grup.