Cara Memilih Usaha Franchise yang Tepat

Cara Memilih Usaha Franchise yang Tepat


Mau menjadi pengusaha tapi punya modal sedikit dan tidak mau punya hutang? Salah satu jawaban yang tepat adalah membuka usaha franchise. Usaha ini merupakan bentuk kerjasama antara franchisor (pemilik usaha) dan franchisee (pelaku usaha). Bagi yang masih awam dan tidak mengerti jenis usaha ini, usaha franchise adalah usaha dimana pemilik usaha memberikan hak kepada pelaku usaha untuk memanfaatkan atau menggunakan dan melaksanakan usaha dengan nama, merk, prosedur kerja yang telah ditetapkan oleh pemilik usaha dalam jangka waktu tertentu. Memilih usaha franchise tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam memilih usaha franchise yang tepat agar modal yang sudah anda tanam beserta biaya bulanan yang anda bayarkan kepada franchisor tidak membuat anda rugi.




  1. Pilih usaha franchise yang citranya baik dimata masyarakat


Hal yang pertama harus kamu lihat ketika memilih usaha franchise adalah pilih yang citranya baik dimata masyarakat. Jangan hanya karena modal investasi yang kecil, anda langsung tergiur dan setuju untuk memulai usaha ini. Carilah usaha franchise yang namanya sudah banyak dikenal oleh masyarakat. Dengan demikian, masyarakat akan senang dan tertarik untuk membeli produk dari usaha franchise yang anda jalankan.




  1. Pastikan usaha franchise yang anda pilih izin usahanya legal


Langkah ini juga tidak kalah penting ketika anda memilih usaha franchise yang ingin anda jalankan, yaitu pilih usaha franchise yang sudah memiliki izin usaha, dan izin usaha tersebut legal. Langkah ini penting karena izin yang legal berarti usaha franchise tersebut sudah disurvei oleh lembaga yang berwenang memberikan izin usaha, sehingga bisa dipertanggungjawabkan. Dengan begitu, anda tidak perlu takut usaha franchise/waralaba yang anda jalankan akan ditutup paksa dan gulung tikar karena tersandung masalah hukum.




  1. Gali informasi dan kenali pemilik usaha (franchisor)


Ketika anda memilih usaha franchise maka carilah informasi tentang reputasi usaha franchise tersebut, berapa cabang usaha yang sudah dibuka, sudah berapa tahun usaha franchise tersebut berdiri, dan siapa pemiliknya. Bagaimana pemilik mengawali usaha, profil franchisor, apakah pernah tersandung masalah hukum atau tidak, dan sebagainya. Dengan begitu, anda bisa memperkirakan tentang seberapa sukses usaha franchise yang akan anda jalankan.




  1. Bukalah usaha di lokasi yang tepat


Hal yang juga harus anda lakukan ketika anda sudah memilih usaha franchise adalah bukalah usaha tersebut di lokasi yang tepat dan strategis. Dengan begitu, akan ada banyak pembeli yang datang ke tempat usaha anda. Beberapa lokasi yang bisa saya referensikan adalah daerah dekat kampus, pasar, tempat-tempat umum, pusat perbelanjaan, dan dekat perkantoran.


Nah, itulah sedikit pengetahuan tentang cara memilih usaha franchise yang tepat agar anda tidak merasa rugi telah menanamkan modal dan membayar royalti kepada franchisor atas penggunaan nama dan merk dagang. Terimakasih, semoga bermanfaat.