Cara Pasang Iklan di Google Adwords Bagi Pemula

Cara pasang iklan di google adwords Indonesia sehingga ads mudah ditemukan pada google search engine baik melalui desktop maupun lewat mobile seperti hp android, tab, maupun iphone akan kami share disini secara umum dan terstuktur sehingga mudah dipahami dan segera bisa dipraktekkan.


Karena pada prinsipnya, untuk membuat dan memasang iklan di google sangatlah mudah. Kita mulai dengan Keuntungan Beriklan di Google Adwords.


1). Jangkau lebih banyak pelanggan


Baik jika Anda ingin mendapatkan pengunjung baru untuk situs Anda, meningkatkan penjualan online, mendorong orang untuk menelepon bisnis Anda, ataupun menarik pelanggan untuk kembali lagi, Google AdWords dapat membantu Anda.


2). Jangkau pelanggan di waktu yang tepat


Pengguna internet akan menemukan bisnis Anda di Google tepat saat mereka mencari produk atau layanan yang Anda tawarkan.


3). Beriklan secara lokal atau global


Targetkan iklan Anda untuk pelanggan di negara, wilayah, atau kota tertentu — atau dalam jarak tertentu dari bisnis atau toko Anda.


Berbagai cara untuk menjangkau pelanggan  dengan Google Adwords


Dengan iklan penelusuran berbasis teks, iklan Display, iklan video YouTube, ataupun iklan yang ditampilkan di aplikasi seluler, ada berbagai pilihan untuk menjangkau pelanggan melalui AdWords.


IKLAN SEARCH - Iklankan bisnis Anda di hasil penelusuran Google.


Iklan penelusuran muncul di samping hasil penelusuran Google saat orang mencari produk dan layanan yang Anda tawarkan. Anda hanya membayar saat ada yang mengklik iklan untuk mengunjungi situs atau menghubungi bisnis Anda.



3 Tahapan Membuat Iklan Penelusuran (Search)


1). Buat iklan penelusuran


Hanya butuh beberapa menit untuk membuat iklan penelusuran pertama Anda. Mulailah dengan menulis iklan yang menggambarkan apa yang Anda tawarkan.


2). Jangkau pelanggan dengan kata kunci yang tepat


Berikutnya, pilih kata kunci yang kira-kira akan dipakai pelanggan untuk menemukan bisnis Anda di Google.


3). Tetapkan anggaran iklan Anda.


Setelah menetapkan anggaran harian, iklan Anda siap ditayangkan.


Bagaimana iklan Anda akan ditampilkan.


Baik di komputer, tablet, maupun smartphone, jika pelanggan mencari dengan kata kunci yang telah Anda tetapkan, iklan Anda akan muncul di hasil penelusuran mereka.


Anda hanya membayar jika ada yang mengklik iklan — baik dengan mengunjungi situs Anda atau menghubungi bisnis Anda. Dengan jutaan pencarian tiap harinya di Google, bisa dipastikan pelanggan akan menemukan bisnis Anda dan mempertimbangkan untuk membeli dari Anda.


 


Ukur, pelajari, dan kembangkan


Setelah iklan berjalan, Anda akan mendapat laporan untuk melihat performanya. Melalui laporan ini, Anda dapat menyesuaikan kampanye iklan Anda kapan saja. Anda juga dapat membuat beberapa iklan yang berbeda untuk melihat mana yang berperforma terbaik.



IKLAN DISPLAY - Jangkau pelanggan di setiap platform, di semua perangkat


Iklan Display ditampilkan di lebih dari 2 juta situs dan 650.000 lebih aplikasi, jadi iklan Anda dapat menjangkau pelanggan di mana saja.



Berbagai cara menampilkan iklan Anda


Teks
Sama seperti iklan di Google Penelusuran, iklan Display mencakup judul, dua baris teks, dan URL.


Gmail
Dengan iklan kustom di Gmail, pelanggan dapat menyimpan, meneruskan, dan membuka iklan Anda langsung dari email mereka.


Banner
Dengan berbagai pilihan grafik dan materi multimedia, Anda dapat menentukan sendiri layout, animasi, dan elemen interaktif lainnya untuk iklan Anda.


Aplikasi
Buat kampanye iklan yang menargetkan kategori aplikasi tertentu, atau ukur performa iklan aplikasi yang telah berjalan


Cara penggunaan iklan Display


1). Pilih format dan buat iklan.


Baik jika Anda memilih iklan teks yang simpel atau ingin menggunakan gambar, dengan pilihan materi yang telah kami sediakan di akun Anda, membuat iklan hanya butuh beberapa menit saja.


2). Pilih di mana iklan akan ditampilkan.


Dengan iklan Display, Anda dapat menentukan penargetan iklan Anda berdasarkan informasi yang Anda miliki tentang pelanggan Anda, seperti demografi atau minat mereka.


3). Tetapkan anggaran.


Setelah menentukan anggaran untuk iklan Anda, kami akan langsung menampilkan iklan Anda kepada kelompok audiens yang paling berpotensi.


Jangkau pelanggan yang tepat



Dengan jutaan website, halaman berita, blog, dan produk-produk Google seperti Gmail dan YouTube, Google Display Network menjangkau 90% pengguna internet di seluruh dunia. Dengan fitur-fitur untuk menentukan penargetan, kata kunci, demografi, dan pemasaran ulang, Anda dapat mendorong audiens yang paling tepat untuk menemukan brand Anda serta mempertimbangkan untuk memilih penawaran Anda.


Sesuaikan dan sempurnakan kampanye Anda kapan saja



Ukur performa iklan Anda dan cari tahu kelompok audiens mana yang paling berminat. Baik jika sasaran kampanye Anda untuk meningkatkan angka penjualan ataupun mendorong lebih banyak pelanggan untuk menghubungi bisnis Anda, AdWords dapat membantu mengukur performa kampanye iklan Anda sehingga Anda dapat lebih menyempurnakannya.


Promosi melalui iklan video


Iklan video hanya ditampilkan kepada target audiens yang Anda inginkan dan Anda hanya membayar saat mereka menontonnya. Dengan kata lain, penggunaan anggaran iklan Anda dipastikan lebih tepat sasaran.



Memanfaatkan iklan video


1). Tayangkan iklan Anda


Setelah membuat iklan video, Anda hanya perlu membuat akun YouTube kemudian menguploadnya. Setelah itu, Anda dapat menggunakan AdWords untuk memulai kampanye iklan Anda di YouTube. Iklan Anda akan ditampilkan di hasil penelusuran di YouTube, atau ditayangkan sebelum atau sesudah video yang berkaitan dengan bisnis Anda.


2). Pilih di mana iklan akan ditampilkan


Baik jika Anda ingin menargetkan penggemar olahraga, pecinta musik, atau kelompok audiens lainnya, Anda dapat memilih sendiri target iklan Anda berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan kriteria lainnya.


3). Tentukan anggaran iklan Anda


Tetapkan anggaran Anda dan gunakan alat Analytics YouTube untuk melihat pendekatan yang paling efektif.



YouTube menjangkau pemirsa berusia 18-49 tahun di AS lebih banyak dibandingkan jaringan TV apa pun - siaran nasional maupun TV kabel. Dan dengan lebih dari 1 miliar pengguna, Anda dapat memilih target audiens yang Anda inginkan berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi, minat, dan kriteria lainnya. Selain itu, Anda membayar hanya jika ada yang mengklik iklan Anda. Jika mereka mengabaikan iklan sebelum 30 detik (atau sebelum iklan berakhir), Anda tidak perlu membayar satu sen pun.


Lihat strategi mana yang efektif



Gunakan alat Analytics YouTube untuk mencari tahu siapa yang menonton iklan Anda dan bagaimana mereka berinteraksi dengan iklan. Anda juga memiliki kontrol penuh atas anggaran harian Anda, sehingga Anda dapat menentukan sendiri budget iklan yang sesuai dengan bisnis Anda.


Kampanye Aplikasi Universal



Jangkau pengguna yang akan menyukai aplikasi Anda


Kampanye Aplikasi Universal membantu Anda mempromosikan aplikasi iOS atau Android kepada miliaran pengguna di Google, semuanya dari 1 kampanye. Izinkan machine learning Google membantu Anda menemukan pengguna terbaik dan mendapatkan hasil maksimal dari anggaran Anda.


Siapkan iklan Anda dalam hitungan menit.


1). Sesuaikan iklan Anda.


Telusuri aplikasi Android atau iOS Anda untuk melihat pratinjau iklan kustom menggunakan informasi yang diambil dari App Store atau Play Store. Kemudian, sesuaikan teks. Anda juga dapat mengupload gambar dan video aplikasi Anda.


2). Pilih anggaran.


Tentukan jumlah yang bersedia Anda belanjakan untuk setiap penginstalan (biaya-per-instal, atau CPI) dan tetapkan anggaran harian.


3). Serahkan bagian yang sulit kepada kami.


Luncurkan iklan Anda dan kembalilah berbisnis. Google akan secara otomatis menampilkan iklan di Google Penelusuran, Play, YouTube, Gmail dan lainnya. Iklan, bid, dan penargetan Anda akan terus disempurnakan agar bisa menghasilkan instal yang berkualitas tinggi—semuanya dalam target CPI Anda.


Dapatkan nilai lebih dari setiap iklan



Kampanye Aplikasi Universal menggunakan machine learning untuk membuat keputusan yang paling efektif dalam menayangkan setiap iklan, menganalisis lebih dari 300 juta kemungkinan kombinasi sinyal secara real time. Dengan Smart Bidding, Anda dapat menyesuaikan bid untuk sasaran bisnis unik Anda—target biaya per akuisisi (tCPA) atau target laba atas belanja iklan (tROAS).


Capai sasaran pemasaran aplikasi


Tentukan tindakan yang meningkatkan nilai bisnis Anda (misalnya lampaui level 2, coba untuk pertama kalinya, atau daftar untuk uji coba). Kampanye Aplikasi Universal menayangkan iklan Anda ke pengguna yang cenderung akan menyelesaikan tindakan tersebut.



Beriklan sesuai anggaran


Pendaftaran AdWords gratis, dan Anda hanya membayar jika iklan berhasil. Pemasangan iklan melalui AdWords tidak dikenai biaya. Pembayaran hanya ditarik jika ada yang mengklik iklan Anda, menonton video Anda di YouTube, atau menghubungi bisnis Anda.


Tentang penetapan anggarannya, Anda sendiri yang memutuskan. Ada bisnis yang memilih untuk menetapkan budget yang besar, tapi ada juga yang sudah cukup berhasil dengan anggaran yang lebih kecil.


Tentukan sendiri kampanye Anda


Mulai atau hentikan kapan saja Anda inginkan.


Tertarik untuk menggunakan AdWords? Karena tidak ada kontrak, Anda bisa tentukan sendiri kapan Anda ingin memulai, menjeda, ataupun menghentikan kampanye iklan Anda--tanpa biaya pembatalan.


Penetapan harga fleksibel.


Anda dapat dengan mudah menentukan berapa harga yang ingin Anda bayarkan jika ada yang mengklik iklan Anda. Anda juga dapat mengubah nilainya kapan saja.


Hasil real time


Baik itu jumlah kunjungan website, angka penjualan online, maupun berapa banyak orang yang menelepon bisnis Anda, AdWords dapat menampilkan performa iklan Anda.


Tiga metode pembayaran.


Pilih pembayaran dengan kartu kredit, kartu debit, ataupun melalui transfer bank mana saja yang paling mudah bagi Anda.


Temukan fitur yang tepat untuk sasaran kampanye Anda


Akun Admin



Kelola beberapa akun AdWords dari satu dasbor dengan pelaporan lintas akun, pengelolaan akses, dan penagihan gabungan. Karena semua akun AdWords Anda di satu tempat.


Pantau dan kelola semua akun AdWords Anda dari satu dasbor. Hemat waktu dengan manajemen dan pelaporan kampanye lintas akun, pengelolaan akses, dan penagihan gabungan.


Akses cepat ke akun Anda dan Hemat waktu dengan satu ID login


Dengan Akun Admin (sebelumnya disebut Pusat Klien Saya atau MCC), Anda dapat menautkan semua akun AdWords yang Anda kelola dan mengaksesnya dengan satu ID login saja. Tidak perlu memasukkan kata sandi untuk menautkan akun — cukup minta izin.


Lihat semua akun Anda secara bersamaan.


Kelola masing-masing akun dan kampanye atau lihat semuanya secara bersamaan. Gunakan label akun untuk mengatur akun, membuat aturan otomatis, serta menetapkan setelan notifikasi dan email. Anda juga dapat mengambil tindakan secara cepat dengan memperbarui anggaran harian dan mengaktifkan atau menjeda kampanye untuk semua akun secara sekaligus.


Atur akses dan kontrol.


Akun Admin dirancang untuk menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis berukuran besar. Anda dapat membuat akun sub-admin untuk berbagi akses dengan admin lainnya, memberikan akses baru, atau mengelola tingkatan akses jika ada staf Anda yang berubah posisi.


Lihat apa yang berhasil. Perbaiki apa yang tidak.


Pantau performa dan dapatkan laporan.


Bandingkan dengan mudah performa seluruh akun dan dapatkan laporan untuk semua aspek dari kampanye Anda, mulai dari keefektifan kata kunci hingga laporan dimensi iklan. Anda bahkan dapat menetapkan setelan akun Anda untuk secara otomatis menghasilkan dan mengirimkan laporan melalui email secara berkala.


Siapkan pelacakan konversi lintas-akun.


Pantau nilai konversi semua akun yang Anda kelola menggunakan satu saja cuplikan kode konversi. Dengan ini, Anda dapat membuat laporan yang lebih simpel, memantau performa semua kata kunci, meminimalisir salah hitung, dan mempercepat jalannya website Anda.


Penagihan yang lebih mudah dan pembayaran akun yang lebih simpel


Penagihan gabungan adalah cara yang mudah bagi agensi iklan, reseller, dan pengiklan besar untuk menggabungkan invoice dari beberapa akun menjadi satu invoice bulanan. Jika biaya penayangan iklan dibebankan kepada klien Anda, kami juga akan menyediakan laporan biaya bulanan yang menunjukkan aktivitas setiap akun AdWords.


Pantau anggaran.


Dapatkan informasi terbaru mengenai semua anggaran dari semua akun yang Anda kelola dan pantau dengan mudah penagihan untuk tiap akun melalui dasbor akun admin. Tab "Anggaran" akan menampilkan semua informasi pembayaran yang akan membantu Anda memonitor jumlah pengeluaran dari semua akun yang Anda kelola.


Keyword Planner


Bandingkan volume penelusuran dan estimasi biaya tiap kata kunci untuk membuat kampanye yang lebih efisien.


Tentukan strategi iklan dengan kata kunci yang tepat.


Dapatkan ide kata kunci untuk menyusun strategi kampanye Anda menggunakan Keyword Planner AdWords. Dengan Keyword Planner, kami dapat mengetahui tren pencarian terbaru dan menyesuaikan kampanye kami untuk memastikan iklan kami selalu relevan bagi target audiens


CARA KERJA KEYWORD PLANNER


Temukan kata kunci baru


Mulailah dengan mencari kata atau frase yang berkaitan dengan produk atau layanan Anda. Keyword Planner akan menemukan kata kunci yang paling relevan dengan bisnis Anda. Kemudian Anda dapat memilih kata kunci mana yang ingin Anda masukkan ke strategi kampanye Anda.


Bandingkan tren kata kunci.


Dapatkan estimasi nilai bidding dari tiap kata kunci, lihat seberapa sering kata kunci digunakan dan volume pengunaannya dari waktu ke waktu. Dengan informasi ini, Anda dapat menyempurnakan daftar kata kunci Anda dan menentukan budget untuk kata kunci yang paling efektif.


Buat dan bagikan strategi Anda.


Jika ada strategi kata kunci yang Anda sukai, Anda dapat menyimpannya ke akun Anda atau membagikannya dengan orang lain. Selanjutnya, Anda dapat membuat grup iklan dan menetapkan nilai bid untuk setiap kata kunci sebelum mengaktifkan kampanye.


======https://adwords.google.com/intl/id_id/home/tools/keyword-planner/


AdWords Editor


Kelola akun AdWords berukuran besar secara efisien dengan fitur pengeditan massal.


Sumber : https: //adwords.google.com/intl/id_id/home/