Pentingnya Sosial Media Bagi Bisnis Di Era Digital Ini

Pentingnya Sosial Media Bagi Bisnis Di Era Digital Ini


Di tahun Digital ini kita tidak hanya sekedar memasuki era bisnis akan tetapi sekaligus kita memasuki era digital yang mana semua aspeknya sudah berada pada dua lingkup tersebut. Karena itu bisnis di era digital tentu menemui babak baru. Bisnis konvensional rasanya sudah tertinggal jika dijalankan di era digital ini. Karena itu bagi seorang pebisnis mereka harus berani maju dan berinovasi dengan memanfaatkan perkembangan yang ada.


Mereka harus bisa menjalankan bisnis sebagaimana perkembangan yang memang harus dilalui. Salah satunya adalah berbisnis dengan memanfaatkan produk digital yang sekarang berkembang. Ada baiknya promosi yang dilakukan untuk memajukan suatu bisnis juga memanfaatkan sosial media karena di era digital hampir 90% orang sudah memiliki sosial media tempat aktif mereka untuk bercakap – cakap dan bersosialisasi.


Karena itu hadirnya sosial media di era bisnis dan era digital menjadi peranan yang sangat penting dan harus dimanfaatkan pebisnis jika tak mau tertinggal oleh pebisnis yang lainnya.


Pentingnya Sosial Media Bagi Bisnis di Era Digital


Sebenarnya menjalankan bisnis di era digital jauh lebih mudah karena biaya promosi jauh lebih bisa ditekan. Kini promosi melalui sosial media sudah merupakan cara promosi jitu yang hemat budget dan sangat efektif dilakukan. Berikut kami akan uraikan untuk Anda beberapa alasan mengapa sosial media bagi bisnis di era digital disebut sangat penting :


Bersama sosial media, mencari target konsumen jauh lebih efektif


Pada sosial media kita sering melihat istilah geo targetting. Geo targetting ini merupakan suatu langkah yang sangat efektif jika Anda mengirimkan pesan kepada target konsumen secara jauh lebih spesifik atas dasar lokasi mereka.


Sosial media selayaknya facebook dan juga twitter memiliki suatu perangkat pendukung yang dapat membantu Anda menyajikan berbagai informasi relevan tentang segala macam aspek termasuk sasaran konsumen. Jika Anda para pengguna instagram dan ingin menjadikan instagram sebagai lapak Anda, maka Anda bisa upload foto kemudian lengkapi bersama hashtag dan fitur location karena cara ini akan sangat berpengaruh pada akun Anda.


Dengan terdapatnya fitur hashtag pada akhirnya Anda bisa pasarkan bisnis Anda dengan jauh lebih tertarget. Dengan cara ini tentunya konsumen dan calon konsumen yang sedang mencari sesuatu terkait dengan bisnis Anda bisa segera mencari secara langsung terkait produk Anda melalui fitur di instagram tersebut.


Sosial media menjadikan pebisnis berpotensi menemukan konsumen baru serta memperluas target pasar


Berbagai macam sosial media seperti halnya instagram, facebook, line, atau sosial media yang lain dapat membantu bisnis kecil menemukan konsumen dan mencari konsumen yang lebih potensial. Anda bisa mencari konsumen berdasarkan lokasi dan begitu juga dengan konsumen bisa mencari Anda berdasarkan lokasinya.


Fitur hashtag dan lokasi ketika upload suatu produk dapat menjadi salah satu jembatan antara Anda dan konsumen serta calon konsumen yang potensial.


Sosial media membantu produsen mengenal pelanggan lebih dekat


Kunci sukses dalam suatu bisnis adalah dengan mengenal pelanggan jauh lebih dekat. Dan bersama sosial media semuanya bisa jauh lebih dekat. Tools pendukung seperti halnya facebook insight atau yang sejenis dimana tools tersebut dapat digunakan mempelajari bahasa dominan yang diucapkan antara pengguna sosial media yang satu dengan yang lainnya juga dapat Anda manfaatkan.


Dengan menggunakannya, Anda bahkan bisa menyaksikan tren usia pengguna masing – masing sosial media yang menjadi acuan dalam pemilihan channel promosi sehingga nantinya pembuatan konten bisa lebih menarik target secara lebih efektif dan cermat.


Sebagai sarana untuk mendengarkan keluhan dan keinginan pelanggan


Salah satu hal yang penting untuk membantu meningkatkan kualitas suatu bisnis menjadi jauh lebih baik adalah feedback yang diberikan. Entah itu feedback positif atau negatif yang diberikan semuanya akan dapat memberikan perubahan positif bagi suatu bisnis.


Bersama sosial media juga Anda bisa tahu apa saja yang diinginkan oleh pelanggan dan apa saja yang dibutuhkan oleh pelanggan. Karena itu sosial media dapat menjadikan masing – masing orang jauh lebih dekat termasuk antara pebisnis dan pelanggan semuanya bisa jauh lebih dekat.


Menjadi ajang memberikan respon jauh lebih cepat


Setelah kemudian pelanggan memberikan responnya termasuk melalui sosial media, sebagai suatu pebisnis yang baik tentunya Anda harus memberikan tanggapan kepada mereka dengan secepat dan sebaik mungkin. Tentunya ini lebih baik daripada harus menanggapi keluhan hanya melalui telepon. Anda bisa berikan tanggapan atas keluhan lewat sosial media secara langsung.


Tentu ini memang menjadi suatu hal yang jauh lebih mudah bagi para konsumen dan pebisnis itu sendiri di era sosial media seperti sekarang ini.


Itulah berbagai aspek terkait pentingnya sosial media bagi bisnis di era digital ini. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat lagi menginspirasi Anda. Salam berwirausaha dan manfaatkan sosial media sebaik mungkin untuk bisnis yang Anda sedang jalankan.