Mengenal Perbedaan Backlink Berkualitas dan Bakclink Spam

Mengenal Perbedaan Backlink Berkualitas dan Bakclink Spam


Salah satu unsur penting supaya situs bisa masuk ke halaman pertama mesin pencari dan memiliki banyak pengunjung adalah unsur backlink.


Apa sih backlink itu ?


Penjelasan sederhananya, backlink merupakan tautan atau link dari satu situs ke situs lainnya. Contoh sederhananya, misalkan anda memiliki website kemudian anda meletakan link website anda di social media. Nah, jika ada yang melakukan klik pada link website tersebut melalui social media milik anda berarti website anda sudah mendapatkan backlink dari social media.


Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam membangun backlink untuk situs. Anda bisa membuat backlink sendiri (manual link building) atau bisa mendapatkan backlink melalui referensi dari situs lain (natural backlink). Bahkan, ada juga loh metode pembuatan link yang sebenarnya dibuat manual tapi kesannya seperti natural, contoh yang paling booming saat ini yaitu PBN (Private Blog Network).


Namun, dalam menanam backlink tidak boleh asal karena dapat berakibat situs anda hilang dari pencarian Google atau dibanned. Salah satu penyebabnya adalah jenis backlink yang ditanam tidak melanggar ketentuan Google.


Banyak pemain SEO dan Blogger yang beranggapan bahwa metode backlink terbagi 2 yaitu blackhat dan white hat. Tapi sebenarnya pernyataan tersebut tidaklah sepenuhnya benar, buktinya ada juga website yang backlinknya terlihat bagus tapi masih dibanned oleh Google.


Pada dasarnya yang mempengaruhi perkembangan suatu website di mesin pencari adalah jenis backlinknya, apakah backlink tersebut termasuk spam atau berkualitas berkualitas.


Lalu bagaimana cara membedakannya ??


Sebenarnya sudah banyak penjelasan di Google mengenai backlink berkualitas, sayangnya banyak penjelasan yang sudah tidak update dengan perkembangan algoritma Google saat ini. Nah, supaya anda tidak bingung, kali ini saya akan berikan penjelasan dan parameter untuk mengenal perbedaan backlink berkualitas dan backlink spam berikut ini :


Backlink Berkualitas


Mengenal Perbedaan Backlink Berkualitas dan Bakclink Spam

Situs yang Relevan dengan Website Anda


Jenis backlink yang berasal dari website yang memiliki relevansi atau topik yang sama dengan website anda maka akan dinilai sebagai backlink yang natural. Selain itu, backlink seperti ini tidak akan mengganggu kenyamanan pengunjung, bahkan bisa meningkatkan konversi klik pada link yang anda tanam sehingga website anda kebanjiran pengunjung.


Backlink dari Social Media


Social media merupakan situs yang paling banyak dikunjungi setiap harinya dan memiliki trust dan authority yang sangat tinggi di mata Google, maka dari itu setiap backlink yang berasal dari situs social media dinilai sebagai backlink yang berkualitas oleh Google.


Hindari penggunaan “fake akun” atau akun bodong, karena sewaktu-waktu bisa diblokir atau bahkan di laporkan sebagai spam oleh pengguna lainnya. Selain itu, penggunaan akun bodong juga dapat menurunkan reputasi website anda karena dianggap menggunakan backlink spam.


Anda bisa meletakan link website anda di bagian profile atau bisa juga di status sosmed milik anda. Buatlah konten yang unik dan menarik lalu sisipkan link website anda di dalamnya. Berikut ini beberapa metode pembuatan konten social media yang dikutip dari ebook karya Dewa Prayoga :


Konten dalam bentuk cerita


Konten yang dapat memancing emosi


Konten yang dapat menyenangkan orang lain (entertaimen, humor, dll)


Konten yang topiknya sedang naik daun atau populer


Konten berisi tips, trik dan tutorial yang bisa dipraktikan banyak orang


Konten yang berisi hasil wawanacara dengan ahli atau pakar pada bidang tertentu


Website 2.0


Jenis backlink lainnya yang dinilai memiliki kualitas yang baik adalah web 2.0 yaitu platform website dimana pengguna dapat mengatur isinya dengan mudah tanpa harus menggunakan hosting seperti blogspot, wordpress, tumblr, weebly, jimdo, dan lainnya.


Buatah konten di website 2.0 yang relevan dengan topik website utama anda. Buatlah minimal 10 artikel dan setiap artikel minimal harus memiliki 500 kata yang dilengkapi dengan 2 gambar di dalamnya. Bisa juga ditambah 1 video sebagai pelengkap sehingga pengunjung pun juga senang mengunjungi web 2.0 yang anda buat.


Masukan kata kunci ke setiap artikel dan tautkan link ke website utama anda dengan susunan link sebagai berikut :


Keyword Link : kata kunci yang ditautkan link ke website utama


Brand link : tema pembahasan yang ditautkan link ke website utama


Naked link : menyebutkan nama situs anda di dalam artikel web 2.0 lalu ditautkan link menuju situs utama anda


Situs dengan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) yang Tinggi


Dahulu, Page Rank (PR) merupakan parameter utama dalam membuat backlink tapi berhubung banyak kecurangan maka Google menghapus parameter Page Rank. Namun, belakangan ini muncul parameter baru untuk menentukan kualitas backlink yaitu domain authority dan page authority.


Walaupun kedua parameter tersebut bukan dari Google tapi sangat efektif dalam menentukan kualitas suatu website yang akan dijadikan backlink, bahkan jauh lebih efektif dibandingkan parameter page rank. Jenis situs yang bagus untuk menjadi backlink disarankan memiliki DA diatas 30 dan PA diatas 35.


Situs dengan Domain .Edu dan .Gov


Untuk domain dengan situs .edu dan .gov merupakan situs resmi pemerintahan dan pendidikan, dengan begitu sudah pasti memiliki “trust” yang kuat di mata pengunjung. Tidak heran jika Google menilai backlink yang berasal dari situs dengan domain .edu dan .gov memiliki kualitas yang sangat baik.


Backlink Spam


Situs Dewasa, Judi, Kekerasan, Autoblog dan Sejenisnya


Perhatian, semua backlink yang berasal dari situs terlarang seperti situs judi, obat-obatan, porno, autoblog dan lainnya merupakan backlink yang sangat buruk karena semua situs tersebut masuk ke blacklist hampir semua mesin pencari.


Situs yang Memiliki Banyak Link Keluar


Pernahkah anda melihat situs yang didalamnya hanya berisi link tautan saja ? Yups…itulah salah satu contoh situs yang sangat dilarang untuk dijadikan backlink. Melalui algoritmanya, Google mampu menedeteksi backlink yang berasal dari situs tersebut.


Situs yang Dibanned Google


Situs yang sudah dihilangkan jejaknya atau terkena banned dari Google juga dilarang untuk dijadikan sumber backlink. Karena jika website tersebut dibanned berarti pernah melakukan kesalahan atau melakukan posting yang melanggar ketentuan Google.


Bagaimana Jika Sudah Terlanjur Menanam Backlink Spam ?


Jika ada beberapa website atau situs spam yang sudah terlanjur menjadi backlink situs anda, sebaiknya segera hapus dengan melakukan “disavow link”, cara melakukannya sebagai berikut :


Pertama kali anda harus melihat dulu jensi backlink yang masuk ke situs anda, sebaiknya menggunakan tools backlink seperti Ahrefs, Majestic dan SEOProfiler. Cek website yang memiliki DA dan Trust yang sangat rendah. Jika ada indikasi backlink yang berasal dari situs spam segera pisahkan link situs tersebut ke dalam file excel.


Selanjutnya, anda harus sudah terdaftar di Google Webmaster Tools. Setelah itu, Siapkan file link situs yang ingin anda hilangkan. Setelah anda resmi terdaftar di webmaster tools, silakan masuk ke dalam akun anda lalu pilih domain situs anda dan klik tombol Disavow Link.


Setelah melakukan klik, anda akan dibawa masuk ke dalam halaman disavow link. Kemudian masukan link spam yang sebelumnya sudah anda buat dan anda sudah berhasil melaporkan backlink spam ke Goolge, tinggal menunggu tindakan dari Google untuk menghapus backlink tersebut.


Dengan mengenal perbedaan backlink spam dan backlink berkualitas, maka anda bisa menentukan backlink yang tepat untuk ditanam pada situs anda. Jangan terlalu sering membuat backlink, anda membuat jadwal penanaman backlink per minggu agar situs anda lebih terlihat natural.