Mengatur Iklan Adwords untuk Meningkatkan Penjualan

Mengatur Iklan Adwords untuk Meningkatkan Penjualan


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan produk, mulai dari melakukan promosi lewat tv, billboard, radio, hingga menggunakan stiker. Namun, melihat perkembangan internet yang sangat luar biasa sekarang ini, bisa dibilang jika dunia maya menjadi tempat terbaik untuk melakukan promosi.


Dengan melakukan promosi di internet penjualan produk anda bisa meningkat secara signifikan, hal ini dipengaruhi oleh pertumbuhan pengguna internet yang terus bertambah banyak setiap harinya.


Salah satu cara melakukan promosi lewat internet yang paling efektif adalah dengan beriklan menggunakan Google Adwords. Sedikit penjelasan, Google Adwords merupakan platform iklan milik Google yang terhubung dengan seluruh mitra dan jaringan Google.


Jenis iklan pada Google Adwords menggunakan metode pembayaran PPC (Pay Per Click), dimana biaya iklan dibayar ketika ada yang melakukan klik pada link iklan milik anda. Sistem pembayaranya anda harus melakukan deposit terlebih dahulu, jika ada yang melakukan klik pada iklan anda maka deposit tersebut akan berkurang sesuai dengan nilai klik-nya.


Mungkin anda bertanya-tanya, kenapa harus Google Adwords ? Kenapa tidak beriklan di TV atau radio saja ?


Karena seperti yang dijelaskan sebelumnya, Google Adwords akan menampilkan iklan anda di seluruh jaringan Google, artinya iklan anda akan tayang di semua situs milik Google seperti youtube,gmail, search engine google, dan juga diseluruh website dan blog yang bekerja sama dengan Google Adsense. Sehingga iklan anda akan memiliki jangakauan yang sangat luas dan penjualan produk anda semakin meningkat.


Anda bisa mengiklankan produk apapun di Google Adwords seperti baju, tas, sepatu, makanan, jasa, bahkan alat berat juga bisa diiklankan. Hal ini dikarenakan pengguna internet lebih dari 30 juta orang yang berasal dari berbagai kalangan, usia dan profesi. Ini merupakan pasar yang sangat besar, anda bisa mempromosikan produk yang anda jual ke seluruh Indonesia tanpa harus terkendala biaya promosi yang mahal dan transportasi.


Apakah Google Adwords Efektif untuk Meningkatkan Penjualan ?


Google Adwords mampu mendatangkan banyak pengunjung dan meningkatkan konversi penjualan lebih cepat dan lebih bagus dibandingkan anda melakukan optimasi website untuk mencapai halaman pertama mesin pencari. Namun, bukan berarti optimasi website itu jelek loh, hanya saja butuh proses yang cukup panjang untuk mendapatkan hasil yang maksmial.


Satu hal yang menjadi kelebihan Google Adwords adalah anda bisa menentukan target pasar secara spesifik mulai dari kata kunci, usia, wilayah target, hingga bidang yang ditargetkan. Dengan begitu, pengunjung yang datang ke website anda adalah mereka yang benar-benar mencari produk anda bukan sekedar mampir saja.


Tidak heran jika banyak internet marketer yang mengatakan traffic yang datang dari Google Adwords merupakan trafik yang berkualitas, bahkan bisa digunakan untuk membuat database pelanggan.


Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan beriklan di Google Adwords :


Google Adwords dapat membuat jangkauan bisnis anda menjadi lebih luas sehingga bisnis anda semakin berkembang.


Anda bisa mengatur iklan anda sendiri dengan mudah, mulai dari penentuan judul, gambar, hingga penulisan deskripsi untuk iklan. Bahkan, anda juga bisa mengatur waktu dan biaya iklan yang anda keluarkan.


Beriklan di Google Adwords tentunya jauh lebih hemat dan murah dibandingkan dengan beriklan di TV, Radio, dan media iklan konvensional lainnya. Walaupun lebih murah, hasil beriklan dari Google Adword jauh lebih efektif dalam meningkatkan jumlah pengunjung yang sesuai dengan target pasar anda.


Sistem pembayaran yang menguntungkan. Dengan menggunakan sistem pembayaran CPC (Cost Per Click) maka anda tidak perlu takut biaya yang anda keluarkan sia-sia, karena biaya iklan anda hanya keluar jika ada yang melakukan klik pada iklan anda, sangat fair bukan??


Jika beriklan dengan metode konvensional biaya yang harus dikeluarkan cukup mahal, jadi bisa dibilang metode ini hanya untuk kalangan atas saja. Sedangkan Google Adwords bisa digunakan oleh semua kalangan karena semua orang bisa mengatur iklan sesuai dengan dana yang mereka miliki.


Bagaimana Cara Mengatur Iklan Google Adwords untuk Meningkatkan Penjualan ??


Membuat Gmail


Tahap pertama yang harus anda lakukan yaitu membuat akun gmail terlebih dahulu, karena Google Adwords terkoneksi dengan gmail. Caranya, buka gmail.com kemudian klik “sign up” lalu ikuti semua langkah pendaftarannya.


Masuk Ke Dalam Akun Adwords


Memilih Kata Kunci


Tentukan kata kunci yang sesuai dengan produk atau bisnis anda. Disarankan untuk memilih kata kunci dengan pencarian diatas 1000 setiap bulannya dengan kompetitor level menengah ke bawah.


Menentukan biaya CPC (Cost Per Click)


Selanjutnya, Google Adwords akan memberikan penawaran CPC untuk iklan anda. Setiap produk memiliki penawaran harga yang berbeda-beda karena tingkat persaingan dan jumlah pencarinya juga berbeda.


Untuk hasil penjualan yang maksimal, anda bisa menerapkan biaya CPC Rp 100.000 per hari. Tracking iklan anda setiap hari, jika efeknya bagus untuk penjualan anda maka tambahkan lagi biaya iklan. Tapi jika hasilnya menurun, maka anda coba ubah dengan metode yang lain.


Teks Iklan


Jika iklan yang anda pasang berbentuk teks, maka poin penting yang harus anda perhatikan adalah bagian judulnya. Buatlah judul yang sangat menarik sehingga ketika pengunjung melihat akan langsung terpikat dan mengklik iklan anda. Mulailah dari sekarang belajar membuat Headline untuk iklan supaya anda terbiasa membuat judul yang bagus.


Banner Iklan


Jika tampilan iklan anda bersifat banner, maka buatlah gambar yang menarik dengan tema yang unik. Anda bisa melihat contoh baner iklan ecommerce besar seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dan lainnya.


Lengkapi Alamat dan Telepon Anda


Jika semua iklan sudah diatur dengan baik, tahap selanjutnya yaitu memasang alamat lengkap toko atau bisnis anda dan juga nomor telepon anda. Tujuanya, agar pengunjung tidak kesulitan ketika ingin menghubungi anda, selain itu mereka juga bisa menemukan lokasi toko anda dengan mudah jika ingin membeli secara langsung.


Google Adwords tentunya memiliki peran yang sangat besar untuk meningkatkan trafik atau pengunjung situs anda, berikut ini pengaruh Google Adwords terhadap perkembangan situs anda :


Menambah Jumlah Pengunjung Toko Offline


Selain membantu meningkatkan jumlah pengunjung toko online anda, Google Adwords juga membantu meningkatkan pengunjung toko offline atau toko fisik anda loh.


Hal ini dikarenakan anda meletakkan alamat toko anda di iklan Google Adwords sehingga pengunjung yang ingin membeli langsung ke tempat anda tidak kesulitan menemukan lokasinya. Dengan begitu, anda bisa menjalin komunikasi yang baik dengan pelanggan sehingga penjualan toko anda akan semakin meningkat.


Jumlah Penelpon Semakin Meningkat


Selain alamat toko, anda juga memasang nomor telpon di Google Adwords maka jangan heran jika jumlah penelpon yang menanyakan produk anda akan semakin meningkat drastis. Penelpon mungkin tidak langsung membeli, ada juga yang hanya menanyakan produk saja.


Keuntungannya, anda bisa menjadikan nomor telpon yang menanyakan produk menjadi data base pelanggan yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk lainnya.


Penjualan Produk Lewat Toko Online Semakin Meningkat


Produk yang anda jual lewat toko online akan semakin laris dengan beriklan di Google Adwords, karena iklan anda lebih tepat sasaran. Dengan begitu, tingkat ROI (Return of Investment) produk anda akan semakin tinggi.


Mengatur iklan Google Adwords untuk meningkatkan penjualan sebenarnya tidak sulit, asalkan anda tahu caranya. Dengan mengikuti semua metode yang sudah dijelaskan diatas, database pelanggan anda semakin bertambah dan penjualan semakin meningkat. Selamat mencoba!!!