Cara Mudah Menghemat Budget Iklan Adwords

Cara Mudah Menghemat Budget Iklan Adwords


Cara paling cepat untuk memasarkan produk atau bisnis secara online tanpa repot yaitu dengan beriklan melalui platform iklan online yang memiliki database pengguna internet lengkap, mulai dari usia, jenis kelamin, lokasi, hingga bidang yang disukai.


Jadi, anda tinggal bayar, setting iklan, dan pantau hasilnya….. mudah banget ya!!!


Salah satu platform iklan online yang terkenal paling mudah, efektif dan dapat memberikan peningkatan yang cukup besar terhadap penjualan produk adalah Google AdWords. Platform ini digunakan oleh jutaan pebisnis online di seluruh dunia.


Kenapa harus Google Adwords ??


Jawabannya, karena google Adwords memiliki jaringan iklan yang sangat besar yang diakses oleh milyaran pengguna internet yang tersebar di seluruh dunia, sehingga sangat efektif untuk mendatangkan trafik tertarget ke website atau toko online anda.


Namun, ada beberapa jenis website yang dilarang oleh google Adwords yaitu website judi, porno, dan situs yang berisi kekerasan (gambar, kata-kata, dan video). Hal ini dikarenakan google menilai semua website tersebut dapat memberikan pengaruh yang buruk kepada pengguna internet.


Selalu taat pada peraturan yang dibuat oleh google Adwords supaya akun anda tetap aman tidak dibekukan atau dibanned.


Memasang iklan di Adwords membutuhkan strategi supaya biaya iklan tidak terlalu membengkak. Maka dari itu, sangat disarankan untuk mempelajari seluk beluk Adwords terlebih dahulu sebelum memasang iklan supaya iklan yang anda pasang nantinya menguntungkan bukan asal tayang.


Sayangnya, banyak yang asal ketika memasang iklan di Adwords, sehingga bukannya mendapat untung tapi malah rugi karena biaya iklan yang dikeluarkan lebih besar daripada pemasukan yang diterima. Padahal, selain untuk menambah jumlah pengunjung atau trafik, tujuan beriklan juga untuk meningkatkan penjualan produk.


Nah….supaya anda tidak salah langkah ketika memasang iklan di Adwords, sebaiknya simak informasi mengenai Cara mudah menghemat budget iklan AdWords berikut ini :



Membuat Struktur Akun yang Baik


Akun Adwords yang disebut memiliki struktur baik yaitu               memiliki penjelasan detail, memiliki kata kunci beragam serta sesuai dengan kondisi sturktur website. Kebanyakan pemilik akun menggunakan banyak kata kunci untuk satu kampanye dengan satu adgroup. Tentu saja cara ini membuat pengeluarkan iklan menjadi sangat besar.


Maka dari itu, sangat disarankan untuk membuat banyak adgroup yang memiliki kata kunci saling berkaitan atau tingkat relevansinya cukup tinggi. Contohnya untuk iklan baju, kemudian dipisahkan lagi menjadi lebih spesifik menjadi baju anak-anak dan baju dewasa, lalu dipisahkan lagi lebih detail menjadi baju anak-anak usia 1-5 tahun. Nah…. Iklan yang paling detail ini nantinya yang akan dibuat adgroup.


Dengan membuat adgroup untuk iklan yang spesifik maka biaya yang anda keluarkan menjadi lebih minim dan target pasar anda menjadi lebih tertarget. Sehingga konversi klik pada iklan yang anda tayangkan menjadi lebih tinggi.


Memilih Media Google Search untuk Penayangan


Jika anggaran yang anda miliki tidak terlalu besar, sebaiknya beriklan  di Google Search saja. Artinya iklan anda hanya ditayangkan di mesin pencari Google sesuai dengan kata kunci yang anda bidik. Beriklan di Google Search terbilang cukup efektif karena pengunjung langsung mengetik kata kunci yang mereka butuhkan, sehingga pengunjung yang melakukan klik di iklan anda sesuai dengan target pasar yang menjadi incaran anda.



Menyesuaikan Device atau Perangkat


Adwords memiliki fitur untuk mengatur device atau perangkat untuk menayangkan iklan anda seperti laptop, PC, tablet ataupun smartphone. Namun, pengguna yang mengunjungi Google menggunakan laptop dan tablet dianggap sama karena Google menilai penggun yang menggunakan kedua gadget tersebut memiliki perilaku user yang tidak jauh berbeda.


Dengan fitur ini, anda bisa menaikan biaya bidding pada jam tertentu khususnya jam sibuk (pagi dan sore hari) supaya iklan anda hanya tayang di smartphone, karena pada jam sibuk kebanyakan pengguna mobil, penumpang kereta dan kendaraan umum lainnya melakukan browsing dan melakukan pencarian produk yang mereka butuhkan melalui smartphone.


Mengecilkan Jangkauan Lokasi


Supaya iklan yang anda buat tetap efektif tanpa harus menguras biaya yang besar, sebaiknya perkecil jangkauan lokasi yang menjadi target. Misalkan, anda membidik target pengunjung Indonesia, kemudian anda perkecil lagi menjadi nama daerah di Indonesia, lalu diperkecil lagi menjadi nama wilayah, daerah dan kota yang ada di Indonesia.


Pengaturan Waktu


Setiap iklan pasti akan terlihat kapan saja iklan tersebut sering diklik olen pengunjung. Nah, anda bisa memanfaatkan waktu dimana paling banyak orang melakukan klik dengan menaikkan biaya bidding iklan. Misalkan, produk anda paling sering diklik oleh orang ketika hari libur, maka anda bisa menaikan biaya bidding ketika hari libur saja.


Supaya anda bisa mendapatkan waktu yang tepat, biasakan untuk tracking konversi klik pada iklan Google Adwords pada akun anda dan catat di notepat waktu (hari dan jam) dimana pengunjung paling banyak datang dan sering melakukan klik iklan.


Membedakan Kampanye Search dan Display


Pada Google Adwords terdapat fitur “search with display select” untuk menjalankan kampanye search dan display bersamaan. Dengan begitu iklan anda akan terpasang di mesin pencari Google dan di seluruh website dan blog yang menjadi mitra Google secara bersamaan.


Cara ini tentunya kurang efektif karena jangkauan target pasar yang anda bidik untuk iklan anda masih kurang spesifik. Sehingga konversi yang dihasilkan dari iklan tersebut sangat sedikit sedangkan biaya bidding yang keluar cukup besar.


Maka dari itu, sebaiknya pasang kampanye search dan display secara terpisah. Tujuannya, selain dapat membidik target pasar anda dengan tepat juga dapat menghemat anggaran belanja iklan yang anda keluarkan.


Membuat Kata Kunci yang Jauh Lebih Spesifik


Kata kunci yang terlalu pendek membuat jangkauan iklan masih melebar sehingga menguras biaya bidding iklan anda. Maka dari itu, buatlah kata kunci atau keyword yang lebih spesifik lagi.


Misalkan, keyword anda adalah jual mobil lalu buat lebih spesifik lagi menjadi jual mobil murah. Apakah ini sudah cukup spesifik ? Tidak, anda bisa buat lebih detail lagi menjadi jual mobil murah dibawah Rp 100 juta.


Penetapan kata kunci yang spesifik dapat meningkatkan konversi klik sesuai dengan target pasar yang anda bidik, sehingga potensi terjadinya penjualan juga cukup besar. Maka dari itu, biasakan untuk selalu riset long tail keyword untuk dipasang pada iklan anda.


Besarnya anggaran untuk memasang iklan Adwords tergantung dari kemampuan anda. Selain itu, besarnya biaya bidding tidak dapat ditentukan. Karena mahal menurut anda tentunya berbeda dengan mahal menurut pelaku ecommerce besar seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada dan lainnya.


Namun, dengan menggunakan semua cara mudah menghemat budget iklan Adwords yang sudah dijelaskan diatas, maka anda dapat meminimalisir biaya yang dikeluarkan dengan tidak menghilangkan efektifitas iklan yang anda pasang.