Tips Sukses Membuka Usaha Modal 2 Juta

Tips Sukses Membuka Usaha Modal 2 Juta


Membuka usaha bukanlah sesuatu yang mudah. Seseorang harus mempertimbangkan berbagai faktor ketika akan membuka usaha. Salah satunya adalah modal yang dimiliki. Kesesuaian rencana dengan modal sangatlah penting, agar pendirian usaha bisa berjalan lancar,  sesuai rencana, dan tidak terkendala oleh kurangnya modal. Tidak sedikit usaha yang akhirnya gulung tikar karena modal yang lebih besar daripada pemasukan yang diterima setiap hari atau bulannya.


Nah, yang perlu anda tahu juga, tidak semua usaha membutuhkan modal diatas 5 juta. Ada pula usaha yang hanya membutuhkan dana sekitar 2 juta rupiah saja, asal tekniknya tepat. Berikut ini teknik membuka usaha modal 2 juta yang perlu anda perhatikan.




  1. Analisa kebutuhan masyarakat


Anda harus tahu apa yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat di sekitar lokasi usaha anda. (Untuk membuka usaha modal 2 juta, usaha rumahan adalah yang paling cocok), apakah dalam bentuk barang, atau jasa. Dan jenis barang atau jasa apa yang banyak mereka butuhkan. Ketika apa yang anda tawarkan tidak cocok dengan kebutuhan, tentu saja tempat usaha anda akan sepi pembeli. Jadi pastikan anda menganalisa kebutuhan masyarakat terlebih dahulu




  1. Tentukan jenis usaha


Setelah anda mengetahui kebutuhan masyarakat, anda bisa menentukan akan membuka usaha modal 2 juta dalam bentuk, jenis, dan bidang apa. Dengan begitu anda bisa menganalisa lebih lanjut tentang bagaimana cara membukanya, bagaimana persaingannya, dan sebagainya.




  1. Lakukan persiapan dengan matang


Hal ketiga dalam teknik membuka usaha modal 2 juta adalah lakukan persiapan dengan matang. Ketika anda sudah benar-benar yakin untuk memulai usaha tertentu, maka anda bisa mulai mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan, skill dalam membuat produk barang/ jasa, dan sebagainya. Misalnya Anda bisa mulai mempersiapkan etalase/gerobak, atau kemampuan membuat makanan yang enak dan memiliki ciri khas. Dan sebagainya.




  1. Promosikan dan konsisten dalam usaha


Hal yang tidak kalah penting dari teknik membuka usaha modal 2 juta adalah promosi dan konsistensi anda dalam menjalankan usaha. Untuk modal 2 juta, anda bisa mempromosikan usaha anda dengan brosur sederhana atau melalui sosial media. Dan anda juga harus mematuhi sendiri kapan saja dan hari apa saja usaha anda buka. Meskipun sedang sepi pelanggan, anda harus tetap buka. Ini juga merupakan bentuk keseriusan anda dalam membuka usaha modal 2 juta




  1. Berani hadapi kegagalan dan mau belajar


Hal terakhir yang juga tidak kalah penting adalah keberanian anda dalam menghadapi kegagalan dan kemauan untuk belajar. Karena Tidak ada usaha yang selalu berjalan lancar, ada kalanya semua akan berubah terbalik, tapi yang di perlukan adalah kemauan anda untuk terus berjuang dan bangkit dari kebangkrutan usaha yang bisa saja terjadi di waktu yang akan datang. Dan yang lebih penting lagi, anda mau belajar dari kegagalan tersebut, sehingga di masa yang akan datang anda tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.


Nah, itulah beberapa teknik membuka usaha modal 2 juta yang harus anda ketahui sebagai calon wirausahawan. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca artikel ini.