Tips Menemukan Ide Bisnis Kreatif yang Tepat Harus Anda Tahu

Tips Menemukan Ide Bisnis Kreatif yang Tepat Harus Anda Tahu


Tentu kita semua sudah tahu bahwa sebuah bisnis tentu ada pesaingnya. Karena itu Anda harus benar – benar jeli untuk bisa bersaing dengan bisnis yang lain dan Anda juga harus benar – benar jeli untuk mencari dan menemukan ide bisnis kreatif yang tepat dan sesuai dengan keinginan serta passion Anda. Dalam menggali ide bisnis Anda tak boleh asal – asalan. Kenali seberapa besar potensi pasar dari pesaing Anda dan kenali juga apa saja yang menjadi keunggulan dan kelemahan dari pesaing Anda.


Jika Anda akan bergelut di bidang yang sama, tentu kelemahan dari mereka harus terminimalisir dalam produk atau jasa Anda dan ubah menjadi kelebihan bisnis Anda agar bisnis Anda memiliki nilai lebih dari bisnis pesaing Anda tersebut. Sebagai tips agar bisnis yang Anda jalankan bisa dikembangkan secara sempurna, berikut beberapa tips menemukan ide bisnis kreatif yang tepat dan harus Anda tahu. So, check these out!



Tips Menemukan Ide Bisnis Kreatif yang Tepat


Lakukan riset pada suatu produk dan bisnis yang akan dijalankan 


Sebelum Anda menjalankan suatu bisnis, langkah pertama yang sangat penting Anda ambil adalah melakukan riset atas suatu produk dan bisnis Anda. Jadi upayakan Anda cari tahu dulu bisnis yang akan Anda jalankan tersebut. Anda bisa melakukan riset secara manual dengan datang atau mencari informasi suatu bisnis di area lingkungan yang Anda inginkan atau melakukan riset secara online untuk dapat menemukan ide bisnis yang tepat, kreatif dan inovatif.


Belajar dari kesuksesan bisnis lainnya


Suatu bisnis yang sudah mapan tentu memiliki sejumlah keunggulan. Dengan Anda tahu berbagai keunggulan tersebut, Anda juga bisa mulai membangun suatu bisnis baru yang serupa akan tetapi memiliki nilai lebih dari bisnis aslinya. Itulah yang dinamakan teknik ATM dalam suatu bisnis. ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Jadi Anda harus melakukan hal ini untuk mencari ide dalam bisnis Anda.


Belajarlah dari masalah orang lainnya


Menemukan ide bisnis juga dapat dilakukan dengan Anda menganalisa dan belajar masalah yang dikeluhkan oleh orang yang lain terkait dengan suatu produk atau bisnis yang telah berjalan. Khusus untuk tahap ini, kekuatan data yang isinya berupa suatu masukan dari masing – masing customer turut menjadi salah satu syaratnya. Anda bisa menganalisa darisana untuk memunculkan suatu ide bisnis baru yang bisa lebih laku di pasaran.


Amati suatu trend yang kini tengah berkembang


Metode selanjutnya yang dapat Anda lakukan untuk bisa menemukan ide bisnis kreatif adalah dengan memperhatikan selalu trend yang kini tengah berkembang. Lakukan pengamatan terlebih dahulu atas suatu trend di lingkungan Anda tinggal, lingkungan sosial Anda, lingkungan politik Anda juga kemudian menjadikannya sebagai ide dan inspirasi dalam memulai suatu bisnis yang lebih inovatif.


Memunculkan suatu ide kreatif melalui penetapan metode out of The Box Thinking


Dalam proses menemukan suatu ide bisnis yang kreatif, sangat dianjurkan agar Anda berpikir di luar kotak. Atau dalam hal ini dianjurkan agar Anda memiliki suatu metode yang bernama out of The Box Thinking. Prinsipnya untuk Anda terapkan dalam hal ini adalah jangan sampai Anda meniru orang lain melainkan ada baiknya agar Anda mampu melakukan sesuatu yang sulit dilakukan oleh orang lain atau belum dilakukan orang lain. Dengan hal ini produk yang tidak sama dengan yang ada di pasaran akan Anda dapatkan dan bisa Anda jual.


Itulah beberapa tips menemukan ide bisnis kreatif yang tepat. Lakukan berbagai tips diatas sebagai solusinya. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.