Memulai Usaha Sendiri Dari Nol

Memulai usaha sendiri dari nol bukan hal yang mustahil. Terlebih jika memang Anda sudah menemukan produk yang layak jual dan layak diberikan kepada masyarakat ramai, seperti produk obat anti rayap atau menjual usaha jasa anti rayap. Tinggal bagaimana strategi agar Anda bisa menjalankan usaha tersebut dengan sebaik mungkin.

Ketika Anda harus memulai usaha sendiri dari nol, beberapa hal yang Anda harus lakukan diantaranya :
Menetapkan jenis usaha apa yang akan Anda jalankan

Ada banyak jenis usaha dengan bidang usaha yang berbeda – beda dan semua itu dapat Anda jalankan. Mulai usaha di bidang dagang, jasa dan investasi semuanya dapat Anda jalankan. Namun walau ada banyak pilihan jenis dan bidang usaha baiknya Anda jangan terlena dan ada baiknya untuk Anda menentukan pilihan dengan sebaik mungkin. Poin ini menjadi suatu hal yang sangat penting karena ada kaitannya dengan minat Anda dan juga tren suatu bisnis untuk jangka waktu yang panjang. Bahkan masih ada banyak orang yang tidak mempertimbangkan peluang dan tingkat pesaing yang pada akhirnya lebih memilih bisnis yang sedang booming karena dianggap langsung menghasilkan uang. Padahal tidak semua bisnis yang booming tersebut akan cocok jika dilakukan oleh dirinya.

Karena itu solusinya jika Anda ingin menjalankan usaha yang tingkat pesaingnya kecil namun potensi pasarnya besar, syaratnya pilih jenis usaha yang tidak banyak orang jalankan namun sangat dibutuhkan. Salah satu contohnya adalah menjadi agen dan distributor obat pembasmi rayap. Atau Anda bisa jalankan usaha jasa anti rayap. Jenis usaha ini termasuk jenis usaha yang masih minim pesaing. Bahkan bisa jadi jika hari ini Anda menjalankan di daerah Anda, Anda akan menjadi orang pertama yang menguasai pasar. Jadi coba telaah dan pertimbangkan!
Lakukan survey sebelum memulai

Survey memang menjadi bagian penting yang harus Anda jalankan. Hal ini sangat penting mengingat kini menjamur berbagai usaha baik di skala yang kecil atau di skala yang besar. Dengan menjalankan sebuah survey akan memberikan kepada Anda gambaran akan seberapa efektif usaha yang akan Anda jalani serta seberapa besar peluang dari keberhasilan usaha Anda pada akhirnya. Baiknya juga Anda mencoba untuk meneliti di lapangan seberapa banyak usaha yang sama dengan usaha yang nantinya akan Anda bangun. Gali suatu informasi sedalam – dalamnya mengenai bagaimana ciri khas dan kualitas atas sebuah produk, harga yang mereka berikan beserta kualitas layanan yang mereka tawarkan. Hal ini menjadi suatu hal penting sebagai bagian dari pelajaran berharga dimana nantinya Anda bisa bersaing dan kemudian menentukan suatu strategi yang bagus untuk mulai masuk ke dalam persaingan pasar.

Lantas pertanyaan yang kemudian muncul adalah, apa sajakah yang Anda harus survey? Ada beberapa hal yang Anda harus survey diantaranya yaitu :
Tingkat persaingan

Hal pertama yang Anda harus survey di lapangan sebelum mulai menjalankan usaha adalah tingkat persaingan. Seberapa banyak orang yang telah menjalani usaha tersebut harus Anda tahu. Kemudian di samping itu, Anda juga harus mencari informasi tentang bagaimana kualitas serta ciri khas suatu produk, bagaimana harga dan prosedur layanannya. Dengan demikian Anda akan memiliki suatu strategi agar bisa dan mampu bersaing bersama pengusaha sejenisnya.
Survey lokasi usaha yang akan dibidik

Survey tempat atau lokasi juga sangat perlu Anda lakukan. Hal ini memiliki tujuan salah satunya agar Anda bisa tahu kira – kira dimana lokasi yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Semisal Anda ingin membuka tempat foto kopi dan juga penjilidan buku. Pasti tentu akan kurang efektif jika kemudian Anda membuka usaha tersebut di komplek perumahan akan tetapi lokasi yang tepat adalah di area yang dekat dengan perkantoran dan sekolah.

Begitu juga ketika Anda akan membuka usaha jasa pembasmian rayap atau usaha jasa anti rayap. Akan jauh lebih cocok jika Anda pilih lokasi di dekat rumah – rumah atau hotel yang mana kebanyakan disana memiliki masalah dengan rayap. Tentu hal ini akan membuat potensi bisnis Anda bisa berkembang sangat pesat.
Pahami perilaku konsumen dan calon konsumen

Anda juga harus berupaya untuk memperhatikan perilaku konsumen. Sebisa mungkin Anda harus memilih jenis usaha yang memang memiliki banyak peminat dan dengan daya beli yang tinggi. Anda tentu tahu bahwa sebagus apapun usaha yang Anda rintis jika daya beli konsumen rendah tentu hal ini akan berpengaruh juga pada bisnis yang Anda bangun. Hal ini sama halnya dengan minat konsumen. Jika hanya segelintir orang saja yang membeli produk yang Anda tawarkan maka tentu Anda harus siap – siap untuk mengalami yang namanya gulung tikar. So, be carefull untuk menentukan!
Tentukan tujuan, visi dan misi

Tentu Anda sudah tahu bahwa dibalik sebuah tindakan ada suatu tujuan yang ingin dicapai. Demikian halnya dengan usaha yang Anda rintis pastinya. Anda coba telaah apa tujuan Anda yang ingin segera dicapai dengan usaha yang sedang Anda bangun. Jika sudah tentukan visi dan misi karena keduanya juga sangat penting untuk mencapai apa yang Anda ingin raih. Anda harus belajar dari semua orang termasuk mereka yang mengalami kegagalan. Kebanyakan para pemula gagal karena mereka tidak memiliki tujuan yang jelas. Kemudian pada akhirnya mereka berakhir dengan menyerah begitu saja. Hal ini tentu akan menimbulkan banyak sekali kerugian dimana Anda nantinya diharuskan agar tetap konsisten dengan tujuan di awal ketika melakukan usaha tersebut. Karena jika tidak, bersiaplah dengan kegagalan!