Friday, November 7, 2014

Ide Bisnis dan Tips Peluang Usaha Sampingan Kuliner

Bagi Anda yang ingin mencari sampingan atau penghasilan tambahan, usaha sampingan kuliner juga bisa menjadi jalan keluar untuk mendapat income tambahan. Makanan kuliner secara turun-temurun masih banyak yang menyukai dan menggemari, Karena makanan kuliner adalah makan semi tradisional atau makanan daerah. Maka dari itu kita manfaatkan itu sebagai mesin pencari income, dan tidak salah jika dicoba.

Usaha Sampingan Kuliner
Aneka Kuliner

Berbagai Tips Membuka Usaha Sampingan Kuliner


1. Tempat Usaha

Strategis, itulah yang paling utama dibidang ini, karena kita harus pintar mencari tempat yang sekiranya ramai orang dan pasti. Bisa juga Anda menyewa tempat di pinggir jalan atau di rumah Anda sendiri jika rumah Anda sudah berada dalam tingkat strategis. Tempat mencolok dan menarik perhatian lah yang menjadi daya tarik untuk orang/calon pembeli. Penataan kursi dan meja juga harus disesuaikan menurut tema tempat Anda dan rapi. Jika kita memakai tenda, kita cukup menggunakan kursi plastik dan meja yang panjang. Karena tenda rata-rata bongkar pasang, usahakan barang/alat-alat kita ringan, jadi ringan jika kita akan buka/tutup tempat.

Kebersihan tempat juga merupakan salah satu yang penting dan perlu diperhatikan dalam usha ini. Karena kita bergelut di dunia makanan, jadi tingkat kebersihan juga merupakan yang utama disini. Itu semua menyangkut kenyamanan para pelanggan/pembeli, tempat bersih adalah suatu kehormatan untuk Anda. Jauh dari hewan-hewan yang sekiranya mengganggu jalannya usaha seperti kucing, tikus, lalat, semut, karena itu juga dapat mengganggu kenyamanan para pelanggan/pembeli.

Tempat relax juga mempengaruhi ramainya usaha kita, misal di dekat pemandangan atau suatu panorama yang indah. Apalagi dekat laut, gunung, bukit, danau, sungai, tempat yang indah akan memanjakan mata pengunjung sambil mereka menikmati masakan kuliner Anda.

2. Jenis-jenis Kuliner

Banyak sekali jenis masakan kuliner di Indonesia ini. Indonesia dibekali ribuan masakan yang enak dan unik. Yang paling umum dan rata-rata adalah penyet dan ikan bakar. Tinggal kreasi dan pilihan Anda, mencari resep sendiri dengan kita mendatangi usaha kuliner di tiap tempat untuk bisa membedakan dan mencari ide masakan. Kita buat sekreatif mungkin. Saya mempunyai contoh jenis-jenis masakan kuliner, sebagai berikut :

- Pecel Lele
- Iga Bakar/Penyet
- Bebek Goreng/Bakar
- Ayam Goreng/Bakar
- Gurame Bakar
- Nila Bakar
- Soto
- Siomay/Batagor
- Burung Dara Goreng/Bakar
- Aneka Seafood
- Dan Lain-lain

Minuman juga harus kita sediakan yang sekiranya umum atau juga bisa kita buat sekratif mungkin agar menarik pelanggan, misal namanya kita buat unik, pasti pembeli penasaran dengan menu kita. Nama makanan juga usahakan unik dan berbeda dengan yang lain.

3. Strategi Usaha

Jenis makanan dan rasa adalah yang menjadi daya tarik untuk pembeli/orang, jika jenis dan rasa kita enak dan berbeda dengan lainnya maka orang akan tertarik dan menjadikan masakan Anda langganan, dan secara sendirinya usaha Anda akan mendapat nama dari mulut kemulut. Kita juga bisa promosi melalui web/internet atau brosur. Berikan promo pada waktu tertentu, misal diskon atau jika membeli salah satu makanan Anda akan mendapat bonus minuman/apa.

Jika Anda siang bekerja, Anda bisa membuka pada sore samapi malam, hasil dari usaha ini juga tergantung pada Anda sendiri. Anda juga bisa mengambil pekerja/karyawan, atau untuk sementara Anda dapat memperkerjakan keluarga Anda, misal adik atau kakak yang sekiranya mempunyai waktu luang/kosong pada saat usaha kita buka.

Demikian tips dari saya, yang saya tulis adalah sebagian contoh tips yang sekiranya dapat membantu Anda dalam berbisnis. Sekian artikel saya tentang usaha sampingan kuliner ini. Salam Sukses...!!!

No comments:

Post a Comment