Tuesday, November 4, 2014

Tips Peluang Bisnis Usaha Sampingan Cemilan

Usaha Sampingan Cemilan
Usaha Sampingan Cemilan
Usaha sampingan cemilan termasuk usaha rumahan yang mungkin tepat untuk Anda yang ingin mencari tambahan penghsilan atau tambahan. Banyak sekali cara kita untuk berbisnis melalui usaha membuat cemilan yang bisa dikerjakan di rumah ini. Di dalam artikel yang saya tulis ada sedikit contoh tips usaha yang mungkin bisa membantu Anda untuk mulai berbisnis dibidang ini. Cemilan atau jajanan masih banyak dicari dikalangan masyarakat yang hoby dengan makanan kecil. Cemilan sendiri mudah dalam pembuatan dan pemasarannya.

Tips dan Saran Untuk Usaha Sampingan Cemilan


Berikut ini saya memberikan beberapa tips dan langkah tentang cara untuk memulai bisnis usaha cemilan/makanan ringan yang perlu diperhatikan :

1. Faktor bahan
Gunakanlah bahan makanan yang mencerminkan budaya lokal dan produk makanan lokal yang digunakan jarang dipakai untuk membuat makanan ringan, seperti, lidah buaya, ubi atau mungkin singkong.
2. Pemasaran
Dalam pemasaran pelu diperhatikan pula pasaran harga makanan/cemilan yang akan dipasarkan di publik, makanan jenis apa dan untuk kalangan/kategori apa. Kita harus menentukan harga yang tepat. Jika makanan/cemilan Anda diproduksi dalam jumlah besar, pasarkan lewat kios (jika punya) atau grosir cemilan.
3. Inovatif dan Kreatifitas
Buat makanan/cemilan inovatif yang memiliki kelebihan yang mungkin tidak ada produk sejenis lainnya dan rasa dari produk, maka konsumen akan menyukai makanan/cemilan Anda. Rasa dan bentuk yang unik adalah sebagai daya tarik kita untuk menarik pelanggan/orang.
4. Perizinan Dari Pihak Berwajib
Sertifikasi BPOM sangat dibutuhkan ketika kita memasarkan ke supermarket atau grosir cemilan yang cukup besar, tetapi jika masih dalam tahap pemula, tidak perlu kita mengurus sertifikasi BPOM karena masih dalam tahap pengembangan usaha.
5. Promosi
Untuk melakukan promosi, Anda dapat mempromosikan melalui lingkungan sekitar Anda. Promosikan gratis kepada tetangga, keluarga, rekan Anda, rekan orangtua Anda, anak-anak sekolah, hanya untuk sekedar mencicipi. Jika banyak yang suka, secara otomatis akan tersebar dari mulut kemulut. Setelah semua sudah mengetahui produk Anda, tinggal kita pasang harga yang ditawarkan dan harus sesuai. Bisa juga Anda share atau tawarkan melalui media dunia maya (internet).

Demikian beberapa tips tentang cara untuk memulai bisnis usaha sampingan cemilan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

No comments:

Post a Comment